Penyebab Gangguan Pendengaran Pada Remaja : Obesitas
Gangguan Pendengaran

Penyebab Gangguan Pendengaran Pada Remaja : Obesitas

No ratings yet.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran. Namun tidak selalu menyebabkannya secara langsung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan penyakit lain yang dapat merusak pendengaran Anda.

Obesitas Sebagai Penyebab Gangguan Pendengaran

Diabetes adalah salah satu contohnya. Secara keseluruhan, 90 persen pasien dengan diabetes tipe 2 kelebihan berat badan atau obesitas. Dan individu dengan diabetes tipe 2 dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran. Contoh lain adalah penyakit jantung, yang selanjutnya membatasi sirkulasi dan dengan demikian kemampuan jantung Anda untuk memasok cukup darah dan oksigen ke telinga bagian dalam Anda.

Obesitas juga merupakan faktor terbesar penyebab anak muda banyak mengalami gangguan pendengaran. Karena remaja saat ini sering kurang berolahraga dan makan dalam porsi yang lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya. Satu studi menemukan bahwa lebih dari 15 persen remaja gemuk juga mengalami gangguan pendengaran. Dibandingkan dengan kurang dari 8 persen dari mereka yang tidak gemuk.

Menurut sebuah penelitian dari Medical Center Columbia University, menjadi obesitas saat remaja membuat Anda hampir dua kali lebih mungkin terserang gangguan pendengaran frekuensi rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15,16% dari remaja obesitas. Obesitas didefinisikan memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 95 persen, mengalami gangguan pendengaran sensorineural. Sebagai perbandingan, hanya 7,89% remaja non-obesitas menderita gangguan pendengaran.

Ini adalah makalah pertama yang menunjukkan bahwa obesitas berhubungan dengan gangguan pendengaran pada remaja,” kata pemimpin penulis penelitian Anil K. Lalwani, MD, profesor dan wakil ketua penelitian di Departemen Otolaringologi / Kepala & Leher Bedah Universitas Kolombia. .

Tentang Penelitian Penyebab Gangguan Pendengaran

Lalwani dan rekan-rekannya menganalisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional yang dilakukan oleh Pusat Statistik Kesehatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional pada tahun 2005 dan 2006.

Penelitian ini melibatkan 1.500 remaja berusia 12-19 tahun, yang menjawab pertanyaan mengenai riwayat medis pribadi dan keluarga, obat apa pun yang mereka pakai, jika mereka atau siapa pun yang mereka kenal merokok, memiliki faktor sosial ekonomi tertentu dan riwayat terpapar kebisingan secara terus menerus.

Pemeriksaan Pendengaran Secara Teratur

Penelitian ini telah menunjukkan bagaimana cedera dini pada telinga bagian dalam dapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Terutama saat seorang remaja yang obesitas tumbuh menjadi orang dewasa yang gemuk. Lalwani menyarankan pemeriksaan pendengaran untuk remaja yang obesitas secara teratur.

“Karena penelitian sebelumnya menemukan bahwa 80% remaja dengan gangguan pendengaran tidak menyadari kesulitan pendengaran. Remaja dengan obesitas harus menerima skrining pendengaran secara teratur. Sehingga mereka dapat dirawat dengan tepat untuk menghindari masalah kognitif dan perilaku.” katanya.

Tubuh Sehat, Pendengaran Sehat

Makan dengan baik dan mempertahankan gaya hidup aktif adalah kunci kesehatan yang baik. Dan mengingat kaitan antara obesitas dan gangguan pendengaran, Anda bahkan memiliki lebih banyak alasan untuk berusaha menjadi sehat. Faktanya, satu studi tentang hubungan antara obesitas dan gangguan pendengaran menemukan bahwa wanita yang aktif secara fisik memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena gangguan pendengaran dibandingkan peserta yang tidak  aktif secara fisik.

Jika Anda ingin menjadi bugar, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu sehingga mereka dapat merekomendasikan diet yang tepat dan rutin berolahraga untuk mendukung kesehatan Anda. 

Namun jika gangguan pendengaran sudah mulai terjadi, dan Anda khawatir hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan Anda di masa depan, maka sebaiknya Anda segera menghubungi audiolog atau ahli perawatan kesehatan pendengaran sekarang juga.

Sumber : https://www.hear-it.org/obesity-in-adolescents-linked-to-hearing-loss

Please rate this

and share :
connect with us facebook-ABDI facebook-ABDI facebook-ABDI