Pentingnya Mengatasi Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Pentingnya Mengatasi Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Mengatasi gangguan pendengaran merupakan hal mendesak yang harus segera dilakukan saat Anda dinyatakan mengalami masalah pada pendengaran. Masalah ini tidak terlihat dan terjadi secara bertahap. Tidak seperti kebanyakan menurunnya fungsi anggota tubuh yang lain. Sehingga hal ini membuatnya sulit untuk dideteksi dan dianggap sebagai masalah sejak dini. Jika Anda pernah berbicara dengan seseorang yang tampaknya salah menafsirkan atau mengabaikan apa yang baru saja Anda katakan. Atau terus meminta Anda untuk mengulangi percakapan, mereka mungkin mulai memiliki beberapa tingkat gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran tidak hanya mempengaruhi kemampuan berkomunikasi. Tetapi juga dapat memperlambat pikiran Anda untuk fokus pada suara-suara dunia di sekitar. Seseorang dengan gangguan pendengaran mungkin tidak menganggap kondisi mereka sebagai gangguan ringan. Karena mereka tidak ingat bagaimana rasanya mendengar begitu banyak variasi suara dan semua kesenangan yang mereka tambahkan dalam kehidupan.

Jika tidak diobati, gangguan pendengaran dapat menyebabkan kerusakan mental dan fisik. Hal ini dapat merusak hubungan dan fungsi kognitif. Mungkin tampak mengganggu untuk menasehati teman atau anggota keluarga agar segera mengatasi gangguan pendengaran mereka. Tetapi perawatan dini bisa sangat efektif ketika menyangkut rehabilitasi pendengaran jangka panjang. Seringkali orang tidak menyadari perkembangan alat bantu dengar terkini.

Pentingnya Mengatasi Gangguan Pendengaran Sedini Mungkin

Bahkan gangguan pendengaran ringan yang tidak diobati dapat melumpuhkan. Karena dapat membatasi komunikasi yang bermakna dan kehidupan bersosial, yang dapat memiliki konsekuensi serius seperti:

  • Kelelahan, ketegangan, dan stres.
  • Memori yang rusak.
  • Kurangnya kemampuan untuk mempelajari tugas-tugas baru.
  • Mengurangi kinerja pekerjaan dan menghasilkan tenaga.

Keamanan

Penelitian telah mengaitkan gangguan pendengaran yang tidak diobati dengan penurunan kesadaran terhadap suara lingkungan seperti suara lalu lintas, bel pintu, telepon, alarm, dan tangisan yang tidak didengar. Sementara itu karena suara lingkungan tersebut diabaikan akibat adanya gangguan pendengaran maka seringkali kegagalan untuk mendengar detektor asap atau alarm tanda bahaya lainnya menjadi penyebab timbulnya kecelakaan yang dapat membahayakan nyawa.

Memburuknya fungsi otak

Mereka yang hidup dengan gangguan pendengaran yang tidak diobati mungkin tidak menyadari bahwa kegagalan untuk mengambil tindakan korektif dapat mengakibatkan otak mereka benar-benar lupa cara mendengar dan memahami pembicaraan. Kondisi ini disebut  perampasan pendengaran  dan semakin lama periode sebelum pengobatan, semakin besar kemungkinan otak akan lupa bagaimana memproses bicara, bahkan setelah perawatan dilaksanakan.

Berbagai penelitian menunjukkan mengapa memakai alat bantu dengar saat dibutuhkan sangat penting, terutama ketika menyangkut penyakit Alzheimer dan demensia . Karena hubungan yang kuat antara gangguan pendengaran dan fungsi kognitif, Alzheimer’s Association mendorong profesional perawatan pendengaran untuk berbicara dengan pasien mereka tentang penyakit ini, tanda-tanda peringatan awalnya, dan implikasi terkait dari gangguan pendengaran yang tidak tertangani.

Statistik Positif Tentang Penggunaan Alat Bantu Dengar

Anda dapat mendorong orang yang Anda kasihi untuk menemui seorang profesional pendengaran dan membantu memilihkan alat bantu dengar dengan memberikan beberapa fakta penting tentang bagaimana alat bantu tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup. Berikut beberapa fakta atau hasil statistik yang dapat Anda gunakan untuk meyakinkan:

  • Di antara mereka dengan gangguan pendengaran, hampir semua (95%) dapat diobati dengan alat bantu dengar.
  • Sembilan dari sepuluh pengguna alat bantu dengar melaporkan peningkatan kualitas hidup.
  • Penggunaan alat bantu dengar dikaitkan dengan pengurangan kemarahan, frustasi, paranoia, kecemasan, dan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan dan stabilitas emosi.
  • Perawatan gangguan pendengaran dapat meningkatkan hubungan interpersonal dan aktivitas sosial.
  • Keberhasilan perawatan gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar dikaitkan dengan kekuatan penghasilan yang lebih besar.
  • Alat bantu dengar memungkinkan mereka yang mengalami gangguan pendengaran hidup lebih aman dan mandiri.
  • Alat bantu dengar hari ini dapat terhubung dengan beberapa perangkat — termasuk smartphone Anda — untuk membuat pendengaran menjadi semulus mungkin. Di dunia di mana sebagian besar asupan pendengaran kami berasal dari perangkat elektronik, kemampuan untuk streaming televisi, film dan audio pertunjukan langsung, panggilan telepon, dan pengumuman yang dibuat di hub perjalanan langsung ke alat bantu dengar Anda sebenarnya adalah kenyamanan banyak orang dengan pendengaran normal akan iri.
  • Banyak teater, museum, tempat ibadah, dan tempat-tempat lain yang menggunakan peralatan audio memiliki sistem loop, FM, dan saluran inframerah yang terpasang. Untuk daftar lengkap lokasi dengan alat bantu dengar, kunjungi aldlocator.com .
  • Anda dapat menggunakan smartphone atau perangkat lain untuk secara manual menyesuaikan pengaturan pada alat bantu dengar Anda untuk situasi mendengarkan yang tak terhitung jumlahnya. Setelah informasi ini disimpan, alat bantu dengar akan belajar untuk secara otomatis melakukan kalibrasi ulang di lingkungan dengan sifat sonik yang serupa.

Saatnya menghubungi profesional perawatan pendengaran

Untuk saran lebih lanjut tentang cara membuat teman atau anggota keluarga Anda mencari bantuan, hubungi profesional perawatan pendengaran  kami hari ini.

Sumber : https://www.hearingaids.com/treating-hearing-loss/encouraging-friends-family-seek-treatment/

Please rate this

and share :