Pentingnya Mengobati Tinnitus
Tinnitus

Pentingnya Mengobati Tinnitus

No ratings yet.

Mengobati tinnitus dan masalah pendengaran merupakan hal yang penting dilakukan jika Anda mengalaminya. Hampir semua orang pernah mengalami ganggan pendengaran dalam hidupnya. Sebenarnya cukup mudah untuk mengurangi kerusakan pendengaran dengan melakukan beberapa hal. Jika Anda melihat tanda-tanda gangguan pendengaran atau tinnitus, penting untuk memeriksanya. Karunia mendengar adalah salah satu yang sering diabaikan. Jadikan hari ini hari untuk memperhatikan gangguan pendengaran dan efek tinnitus pada seseorang.

Gangguan Pendengaran dan Tinnitus

Apakah Anda merasa bahwa Anda menyangkal gangguan pendengaran Anda? Penolakan gangguan pendengaran dan pemeriksaan terhadap gejala tinitus juga menyebabkan penolakan pengobatan. Perhatikan tanda-tanda yang mungkin mengindikasikan bahwa Anda harus mendapatkan pemeriksaan pendengaran.

Apa yang harus diwaspadai:

  • Ketika Anda sering meminta orang lain mengulangi pembicaraan mereka;
  • Kesulitan mendengar dengan suara latar belakang;
  • Memberikan tanggapan yang salah dalam percakapan;
  • Kesulitan memahami orang lain;
  • Kesulitan mendengar melalui telepon;
  • Mendengarkan perangkat dengan volume tinggi;
  • Kesulitan mengikuti percakapan ketika banyak orang berbicara secara bersamaan;

Setelah Anda mengidentifikasi tanda-tanda, penting untuk mendapatkan pemeriksaan pendengaran Anda. Ini adalah cara paling efektif untuk mendiagnosis gangguan pendengaran, namun banyak pria menghindarinya. Banyak pusat audiologi menawarkan tes pendengaran gratis jika Anda khawatir tentang biaya yang dikeluarkan.

Pengertian Tinnitus

Tinnitus terkadang merupakan tanda pertama gangguan pendengaran pada orang tua. Ini  mempengaruhi 1 dari 10 orang dewasa dan lebih umum pada pria yang lebih tua. Gejala dapat berupa dering terus-menerus, berdengung, atau bersiul di telinga. Tinnitus umumnya disebabkan oleh paparan berlebih hingga bising keras, infeksi telinga, dan cedera kepala atau leher.

Tinitus bukan penyakit. Tapi, tinitus bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Misalnya, infeksi telinga, masalah pada sistem sirkulasi tubuh, atau kehilangan pendengaran karena bertambahnya usia. Para ahli  menerjemahkan bahwa tinitus merupakan munculnya bunyi-bunyian tertentu pada telinga. Bukan hanya dengingan, melainkan juga bisa desisan atau siulan. ”Bisa terjadi pada salah satu atau dua telinga sekaligus,”.

Bunyi tinitus biasanya hanya didengar oleh pasien. Namun, pada beberapa kasus, suaranya bisa didengarkan oleh dokter yang memeriksa. Tinitus acap kali diabaikan. Pasien biasanya datang dengan keluhan lain. Misalnya, menurunnya kemampuan mendengar

Kiat Untuk Mengobati Tinnitus

Jangan mengeraskan volume melebihi 60 persen pada perangkat audio

Banyak orang mendengarkan musik, radio, atau televisi di atas volume 60% . Hal ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada reseptor rambut pendengaran kecil di koklea telinga bagian dalam.

Berikan telinga Anda waktu untuk istirahat

Sama seperti bagian tubuh Anda yang lain, telinga Anda perlu istirahat juga. Suara konstan dapat merusak telinga Anda seiring waktu.

Gunakan pelindung pendengaran

Saat menghadiri konser,  berada di sekitar peledak, atau melakukan olahraga motor atau melakukan aerobik di gym dengan suara keras ingatlah untuk mengenakan pelindung pendengaran. Ini adalah salah satu cara termudah dan terbaik untuk membantu mencegah timbulnya tinitus.

Gunakan teknologi penyerap suara

Teknologi penyerap suara dapat menyerap suara secara proporsional terhadap kebisingan di sekitarnya. Teknologi Ini dapat membantu menghilangkan suara berbahaya yang menembus ke dalam telinga Anda. Banyak jenis dari alat penyerap suara ini, Anda bisa mendiskusikannya dengan audiolog Anda.

Jangan gunakan cotton buds

Banyak orang menggunakan cotton buds untuk menghilangkan kotoran telinga, tetapi ini adalah praktik yang cukup beresiko karena mudah untuk mendorong kotoran telinga lebih jauh ke dalam telinga daripada mengeluarkannya. Kotoran telinga adalah zat alami yang diproduksi telinga Anda untuk melindungi dirinya sendiri. Jika penumpukan mulai mempengaruhi pendengaran, cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan mengunjungi seorang profesional.

Apakah Anda mengalami hal-hal di atas? Sudahkah Anda pergi untuk pemeriksaan pendengaran? Kami ingin mendengar cerita Anda. Hubungi kami melalui website kami di sini.

Sumber : https://restoredhearing.com/2018/02/01/gift-yourself-a-hearing-test/

Please rate this

and share :