Hubungan Penyakit Jantung dan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Hubungan Penyakit Jantung dan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria dan wanita. Tetapi apakah Anda juga tahu bahwa penyakit jantung terkait dengan gangguan pendengaran? Peneliti telah menemukan, sistem kardiovaskular yang sehat ternyata juga berpengaruh baik untuk sistem pendengaran.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada pria dan wanita. Penyakit ini menewaskan hampir 610.000 orang setiap tahun di Amerika Serikat.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan / atau arteri yang menegang (arteriosclerosis) dari kolesterol tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung terjadi. Masalah-masalah ini dapat memicu pembuluh yang menyempit atau tersumbat yang menyebabkan nyeri dada, serangan jantung atau stroke. Bagi yang lain, kelainan pada otot jantung, katup atau ritme menyebabkan jenis penyakit jantung lainnya.

“Penyakit kardiovaskular merampas kehidupan sekitar satu orang Amerika setiap menit, dan penyakit jantung adalah pembunuh wanita nomor satu,” kata Sergei Kochkin, PhD, peneliti pasar industri pendengaran dan mantan Direktur Eksekutif Better Hearing Institute . “Namun, sejumlah orang Amerika yang mengkhawatirkan tidak memahami seberapa serius ancaman penyakit jantung bagi mereka secara pribadi, atau seberapa dekat terjalinnya itu dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti kesehatan pendengaran. Kami mendesak wanita dan pria untuk mengetahui risiko mereka dan mengambil tindakan hari ini untuk melindungi jantung dan kesehatan pendengaran mereka. “

Di Indonesia sendiri, setidaknya, 15 dari 1000 orang, atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menderita penyakit jantung. Penyakit ini terdapat dikenali dari gejala nyeri pada dada yang menjalar ke lengan kiri saat beraktivitas.

Koneksi Antara Kesehatan Jantung dan Gangguan Pendengaran

Jadi apa hubungannya kesehatan jantung dengan pendengaran Anda? Ini semua tentang aliran darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa sirkulasi yang baik berperan dalam menjaga kesehatan pendengaran yang baik. Sebaliknya, aliran darah dan trauma yang tidak adekuat ke pembuluh darah telinga bagian dalam dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Itu karena sel-sel rambut halus di koklea, yang memainkan peran penting dalam menerjemahkan suara yang dikumpulkan telinga Anda menjadi impuls listrik bagi otak untuk diartikan sebagai suara yang dapat dikenali, bergantung pada sirkulasi yang baik. Sirkulasi yang buruk merampas sel-sel rambut ini dari oksigen yang cukup, menyebabkan kerusakan atau kehancuran. Karena sel-sel rambut ini tidak beregenerasi, itu mengakibatkan gangguan pendengaran permanen .

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Audiology edisi Juni 2010, penulis Raymond H. Hull dan Stacy R. Kerschen meninjau penelitian yang dilakukan selama 60 tahun terakhir tentang kesehatan jantung dan pengaruhnya terhadap kesehatan pendengaran. Temuan mereka mengkonfirmasi bahwa gangguan kesehatan jantung berdampak negatif baik pada sistem pendengaran perifer dan pusat, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.  

Olahraga Dapat Membantu

Meskipun kehilangan pendengaran sensorineural bersifat permanen, Anda mungkin dapat membantu mempertahankan pendengaran Anda dengan mengadopsi program kebugaran yang disetujui dokter yang mencakup latihan kardiovaskular.

Sebuah studi oleh para peneliti di Miami University menemukan hubungan positif antara ketajaman pendengaran dan latihan kardiovaskular. Penelitian ini diikuti 102 sukarelawan bebas-rokok dari Indiana dan Ohio yang berusia 22-78 tahun, yang pendengarannya dievaluasi setelah mengendarai sepeda statis. Para peneliti menyimpulkan mereka yang memiliki tingkat kebugaran kardiovaskular yang lebih tinggi memiliki pendengaran yang lebih baik, terutama di antara mereka yang berusia 50 dan lebih tua.

Sebuah studi yang lebih besar yang diterbitkan dalam American Journal of Audiology pada Juni 2017 oleh para peneliti di Departemen Kesehatan, Ilmu Latihan dan Manajemen Rekreasi di University of Mississippi, Oxford, menganalisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional 2003-2006 (NHANES) dan melibatkan 1.070 peserta, berusia 30 tahun ke atas. Mereka yang lebih aktif secara fisik menunjukkan kadar trigliserida yang lebih rendah. Kadar trigliserida yang tinggi dikaitkan dengan gangguan pendengaran.

Namun, gym yang keras dan mengangkat beban yang sangat berat dapat membuat Anda terlalu stres dan menyebabkan gangguan pendengaran

Gangguan Pendengaran Terkait Penyakit Kardiovaskular

Charles E. Bishop, AuD, Asisten Profesor di University of Mississippi Medical Center Departemen Otolaryngology dan Communicative Sciences, mendorong orang Amerika untuk menangani penyakit kardiovaskular dengan serius, baik untuk itu efek yang mengancam jiwa dan dampak pada semua bidang kehidupan, termasuk kesehatan pendengaran.

“Mendengar kesehatan seharusnya tidak dinilai dalam ruang hampa,” kata Uskup. “Ada terlalu banyak bukti bahwa gangguan pendengaran terkait dengan penyakit kardiovaskular dan kondisi kesehatan lainnya. Sudah saatnya kita memaksimalkan informasi yang kita miliki untuk memberi manfaat bagi kesejahteraan individu secara keseluruhan.”

Cara Mendapatkan Bantuan

Para peneliti menyimpulkan bahwa kehilangan pendengaran frekuensi rendah bisa menjadi indikator keberadaan atau potensi pengembangan penyakit kardiovaskular. Mulailah perjalanan Anda ke kondisi kesehatan yang lebih baik dengan menemukan klinik alat bantu dengar di dekat Anda dan membuat janji temu dengan ahli kesehatan pendengaran yang memenuhi syarat. Jika gangguan pendengaran terdeteksi, ikuti pedoman perawatan dan tindak lanjuti dengan audiolog Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52833-Hearing-loss-and-heart-health

Please rate this

and share :