PenyebabTinnitusyangHarusAndaKetahui
Tinnitus

6 Penyebab Tinnitus yang Harus Anda Ketahui

5/5 (2)

Sebagai penderita tinnitus, mungkin Anda akan bertanya-tanya apa penyebab tinnitus itu sendiri dan bagaimana cara mengatasinya. Secara keseluruhan, hampir 50 juta orang di AS mengalami tinnitus – berupa dering, dengung, atau senandung di telinga yang hanya dapat Anda dengar. Sementara banyak dari kita mengalami sensasi ini setelah terpapar suara bising dan hilang dengan sendirinya. Tetapi bagi orang lain, tinitus biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan efeknya mulai dari sedikit mengganggu hingga gangguan yang permanen.

Penyebab Tinnitus yang Harus Anda Ketahui

Kebisingan

Kebisingan yang terus menerus tidak hanya berkontribusi pada gangguan pendengaran, tetapi juga dapat menjadi penyebab tinnitus. Ini dapat terjadi jika Anda terpapar suara keras. Seperti bekerja di sekitar mesin atau mendengarkan musik dengan headphone pada tingkat volume yang keras. Suara-suara seperti itu dapat merusak sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Dan efeknya menyebabkan kehilangan pendengaran serta tinnitus. 

Kehilangan pendengaran lebih lanjut dapat memperburuk efek tinnitus. Dengan kesulitan mendengar suara sehari-hari, suara tinnitus dapat menjadi lebih menonjol dan lebih sulit untuk diabaikan.

Penyakit Meniere

Beberapa orang mengalami tinnitus sebagai efek samping dari penyakit Meniere, yang berdampak pada pendengaran dan keseimbangan. Meskipun penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui. Penyakit Meniere seringkali diakibatkan oleh penumpukan cairan di telinga bagian dalam. Dalam banyak kasus, penyakit ini terjadi hanya dalam satu telinga.

Orang dengan penyakit Meniere mengalami berbagai gejala, termasuk pusing, keseimbangan yang buruk, gangguan pendengaran, kepekaan terhadap suara, dan tinitus. 

Penumpukan Kotoran Telinga

Kotoran telinga yang menumpuk dapat menyebabkan sakit telinga, sulit mendengar, dan tinitus. Jika kotoran telinga terlalu dekat dengan gendang telinga, hal itu dapat mencegah gendang telinga bekerja dengan baik. Selain itu juga akan mengubah getar di gendang telinga serta mengakibatkan tinnitus.

Untungnya, tinitus yang dihasilkan dari penumpukan kotoran telinga biasanya akan hilang begitu telinga dibersihkan. Ingatlah bahwa cotton bud tidak boleh dimasukkan ke dalam telinga.

Temporomandibular Joint Disorder

Sendi temporomandibular (TMJ) terletak di depan telinga, tempat tulang rahang Anda terhubung ke tengkorak. Dengan pertimbangan seperti ini, ia berbagi beberapa otot dan saraf dengan telinga bagian dalam Anda. Gangguan TMJ dapat terjadi akibat cedera pada rahang, radang sendi, atau kondisi genetik lainnya. Dan menyebabkan gejala seperti nyeri di sekitar rahang dan telinga, rasa sakit saat mengunyah, kesulitan membuka dan menutup mulut, dan tinnitus.

Jika nada atau volume tinnitus Anda berubah ketika Anda mengunyah, membuka mulut, atau menggerakkan leher Anda, itu bisa disebabkan oleh gangguan TMJ.

Pembuluh Darah atau Gangguan Telinga Bagian Dalam

Tahukah Anda bahwa beberapa kasus tinitus sebenarnya dapat didengar oleh dokter Anda? Dikenal sebagai tinitus objektif, tipe ini sering disebabkan oleh masalah pembuluh darah atau telinga tengah. Misalnya, aliran darah yang tidak teratur atau kejang otot-otot di telinga bagian dalam Anda dapat menyebabkan bunyi berdenyut atau berdetak cukup keras untuk didengar oleh orang lain. Tinnitus objektif juga dapat disebabkan oleh tumor di telinga tengah yang mengganggu fungsi pembuluh darah yang tepat. 

Penyakit yang Menyebabkan Tinnitus

Tinnitus dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, alergi, dan infeksi telinga. Tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular lainnya, dan diabetes, dapat menyebabkan aliran darah tidak teratur atau tidak mencukupi ke telinga bagian dalam, yang menyebabkan tinitus. Alergi musiman dapat menyebabkan peradangan atau penumpukan cairan di telinga bagian dalam, yang juga bisa menimbulkan sensasi dering. Demikian pula, infeksi telinga dapat menyebabkan tinitus jika mereka mempengaruhi kadar cairan di telinga bagian dalam.

Saatnya mengambil tindakan

Apa pun penyebabnya, tinitus dapat menjadi ketidaknyamanan dan berdampak negatif terhadap kehidupan mereka yang terkena dampaknya. Sementara beberapa kasus tinnitus bersifat jangka pendek dan hilang dengan sendirinya, tidak ada obat yang diketahui untuk kondisinya. 

Namun, itu tidak berarti Anda tidak dapat menemukan cara untuk mengobatinya. Ada beberapa teknik dan teknologi yang dapat mengalihkan Anda dari kebisingan, meminimalkan efeknya, dan membantu Anda belajar cara mengelolanya dengan lebih baik. Dari strategi relaksasi hingga alat bantu dengar dapat Anda jadikan solusi untuk mengobati tinnitus pada sumbernya. Hubungi perawat professional pendengaran terdekat di Area Anda tinggal untuk mengetahui solusinya secara tepat.

Sumber : https://findhearing.com/did-you-know-causes-of-tinnitus/

Please rate this

and share :