alergi
Gangguan Pendengaran

Fakta : Ternyata Alergi Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Anda mungkin terbiasa dengan banyak gejala alergi seperti mata gatal, pilek, tekanan sinus – Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa alergi juga dapat menyebabkan kesulitan mendengar dan masalah telinga lainnya.

Teruslah membaca artikel di bawah ini untuk melihat bagaimana hal itu dapat terjadi dan apa yang dapat Anda lakukan tentang itu.

 

Bagaimana alergi dapat menyebabkan masalah pendengaran

Kebanyakan orang yang menderita alergi tahu penyebab dasar masalah mereka. penyebab seperti debu, serbuk sari, atau bulu binatang masuk ke tubuh atau kulit Anda dan menyebabkan reaksi dari sistem kekebalan tubuh Anda. Salah satu respons sistem kekebalan adalah melepaskan histamin, hormon yang menghasilkan gejala alergi “klasik” seperti bersin, hidung berair, dan hidung tersumbat. Namun, histamin juga dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir di sinus, dan itu dapat menyebabkan pembuluh darah dan kulit membengkak – yang dapat menyebabkan masalah pendengaran.

 

Inilah yang dikenal sebagai gangguan pendengaran konduktif – gangguan pendengaran yang disebabkan oleh hilangnya konduktivitas suara di telinga Anda. Gangguan pendengaran konduktif dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti cairan yang tidak diinginkan di telinga atau penumpukan kotoran telinga. Gangguan pendengaran konduktif biasanya dapat disembuhkan, tetapi dapat membuat  Anda sulit mendengar untuk sementara. Jika tidak ditangani, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pendengaran Anda lebih lama.

 

Alergi dan Efeknya Pada Telinga Anda

Telinga Anda memiliki tiga wilayah utama, dan masing-masing dipengaruhi secara berbeda oleh reaksi alergi. Jika Anda tidak yakin apakah dapat mempengaruhi pendengaran Anda, Anda bisa memeriksakan diri pada ahli pendengaran kami untuk membantu dan mengetahui berbagai cara alergi menyebabkan gangguan pendengaran.

 

Masalah Telinga Luar

Telinga luar adalah bagian yang terlihat dari telinga Anda. Reaksi alergi pada kulit Anda dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, dan nyeri di sekitar telinga luar dan di saluran telinga Anda. Ingatlah bahwa sangat penting untuk tidak mencoba menggaruk gatal-gatal ini, baik dengan jari atau dengan alat. Melakukan hal itu dapat menyebabkan kerusakan permanen pada telinga Anda atau menyebabkan infeksi serius dan masalah lainnya.

 

Masalah telinga tengah

Telinga tengah adalah bagian dari telinga yang paling rentan terhadap alergi dan infeksi. Telinga tengah Ini terdiri dari beberapa tabung kecil dan bukaan, masing-masing dapat dipengaruhi oleh pembengkakan atau penumpukan cairan. Misalnya, alergi dapat menyebabkan cairan menyumbat tabung Eustachius Anda, yang dapat menyebabkan perasaan tersumbat atau “penuh” di telinga dan sinus Anda. Ini juga memungkinkan bakteri untuk tinggal di telinga tengah, yang dapat menyebabkan infeksi telinga dan masalah lainnya. Alergi juga dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan perasaan pusing atau vertigo karena alasan yang sama.

 

Masalah telinga dalam

Telinga bagian dalam adalah bagian yang paling halus di telinga Anda, tetapi juga relatif tahan terhadap reaksi alergi. Namun, pembengkakan parah di telinga luar atau tengah dapat menyebabkan masalah di telinga dalam juga, dan infeksi serius juga dapat merusak ujung saraf sensitif dan struktur tulang yang ada di sini. Akhirnya, alergi dapat berkontribusi pada gangguan pendengaran pada orang yang menderita penyakit Meniere.

 

Jika Anda merasa alergi menyebabkan masalah pendengaran, pilihan terbaik Anda adalah mengunjungi spesialis pendengaran  untuk mendapatkan perawatan. Antihistamin yang diresepkan dapat mencegah banyak gejala alergi, dan kunjungan dokter juga dapat memastikan Anda tidak memiliki infeksi telinga atau masalah lain yang masih ada.

 

Alergi mempengaruhi alat bantu dengar, bisakah ?

Jika Anda sudah memakai alat bantu dengar, Anda mungkin berpikir alergi tidak akan menimbulkan masalah tambahan. Namun, pemakai alat bantu dengar pun perlu waspada terhadap alergen.

 

Pertama, setiap pembengkakan atau penumpukan cairan selanjutnya dapat mengurangi kemampuan Anda untuk mendengar. Hal ini sering menyebabkan pemakai alat bantu dengar kelebihan kompensasi dengan menaikkan volume alat bantu dengar mereka. Tetapi jika Anda tidak berhati-hati, Anda juga dapat merusak pendengaran Anda dengan mengeksposnya ke terlalu banyak suara keras dari alat bantu dengar Anda, terutama jika cairan di telinga Anda tiba-tiba bergeser atau mengalir.

 

Kedua, penyebab alergi sebenarnya dapat menyumbat atau merusak alat bantu dengar Anda sendiri. Debu, serbuk sari, dan rambut dapat menyumbat port mikrofon atau masuk ke kompartemen baterai, yang dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan. Membersihkan alat bantu dengar Anda secara teratur merupakan sebuah solusi terbaik untuk menghindari masalah ini.

Baca juga : Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar di Rumah

 

Bagaimana cara mengatasinya?

Dalam kebanyakan kasus, alergi bersifat sementara, dan begitu juga dengan kesulitan pendengarannya. Apakah alergi Anda bersifat musiman atau reaksi terhadap suatu zat tertentu, pendengaran Anda harus kembali ketika gejalanya mereda. Antihistamin dan obat lainnya juga dapat membantu Anda mendapatkan kembali pendengaran dan mengendalikan gejalanya.

 

Namun, jika pendengaran Anda tidak kembali normal setelah pertarungan dengan alergi Anda, Anda mungkin perlu bantuan tambahan. Di pusat bantuan alat bantu dengar (ABDI), kami dapat mendiagnosis dan mengobati masalah pendengaran Anda apa pun penyebabnya. Hubungi kami hari ini dengan menelepon 0800-100-2234 untuk mendapatkan jadwal temu dengan para ahli perawatan pendengaran kami di tempat terdekat di wilayah Anda tinggal.

 

Please rate this

and share :