penyebab demensia
Gangguan Pendengaran

Demensia : Penyebab, Jenis dan Gejalanya

5/5 (1)

Apa Penyebab Demensia?

Penyebab paling umum dari demensia termasuk:

  • Penyakit neurologis degeneratif. Ini termasuk penyakit Alzheimer , penyakit Parkinson , penyakit Huntington , dan beberapa jenis multiple sclerosis . Penyakit-penyakit ini bertambah buruk dari waktu ke waktu.
  • Gangguan pembuluh darah. Ini adalah gangguan yang mempengaruhi sirkulasi darah di otak Anda .
  • Cedera otak traumatis yang disebabkan oleh kecelakaan mobil, jatuh, gegar otak , dll.
  • Infeksi pada sistem saraf pusat . Ini termasuk meningitis , HIV , dan penyakit Creutzfeldt-Jakob.
  • Alkohol lama atau penggunaan narkoba
  • Jenis hidrosefalus tertentu, penumpukan cairan di otak
  • Adanya gangguan pendengaran yang tidak ditangani

Jenis-jenis Demensia

Demensia dapat dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan bagian otak mana yang terpengaruh.

  • Demensia kortikal terjadi karena masalah pada korteks serebral, lapisan luar otak. Mereka memainkan peran penting dalam memori dan bahasa. Orang dengan demensia jenis ini biasanya kehilangan ingatan parah dan tidak dapat mengingat kata-kata atau mengerti bahasa. Penyakit Alzheimer dan Creutzfeldt-Jakob adalah dua bentuk demensia kortikal.
  • Demensia subkortikal terjadi karena masalah pada bagian otak di bawah korteks. Orang dengan demensia subkortikal cenderung menunjukkan perubahan dalam kecepatan berpikir dan kemampuan mereka untuk memulai kegiatan. Biasanya, orang dengan demensia subkortikal tidak memiliki pelupa dan masalah bahasa. Penyakit Parkinson, penyakit Huntington, dan HIV dapat menyebabkan jenis demensia ini.

Beberapa jenis demensia mempengaruhi kedua bagian otak.

Apa Tahapan Demensia?

Biasanya, demensia melewati tahap-tahap ini. Tetapi mungkin bervariasi tergantung pada area otak yang terpengaruh.

1) Tanpa gangguan: Seseorang pada tahap ini tidak akan menunjukkan gejala, tetapi tes dapat mengungkapkan masalah.

2) Penurunan yang sangat ringan: penderita mungkin melihat sedikit perubahan dalam perilaku, tetapi orang yang Anda cintai masih akan mandiri.

3) Penurunan ringan: penderita akan melihat lebih banyak perubahan dalam pemikiran dan alasannya. Dia mungkin memiliki masalah dalam membuat rencana, dan dia mungkin mengulangi banyak hal. Dia mungkin juga mengalami kesulitan mengingat peristiwa baru-baru ini.

4) Kemunduran moderat: penderita akan memiliki lebih banyak masalah dengan membuat rencana dan mengingat peristiwa baru-baru ini. Dia mungkin mengalami kesulitan dengan perjalanan dan penanganan uang.

5) Penurunan yang cukup parah: penderita mungkin tidak ingat nomor teleponnya atau nama cucunya. Dia mungkin bingung tentang waktu hari atau hari dalam seminggu. Pada titik ini, ia akan memerlukan bantuan dengan beberapa fungsi dasar sehari-hari, seperti memilih pakaian yang akan dikenakan.

6) Penurunan parah: penderita akan mulai melupakan nama pasangannya. Dia akan butuh bantuan pergi ke kamar kecil dan makan. Anda juga dapat melihat perubahan kepribadian dan emosinya.

7) Kemunduran yang sangat parah: penderita tidak bisa lagi mengatakan hal ini. Dia tidak bisa berjalan dan akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur.

Seberapa Umum Dementia?

Sekitar 5% hingga 8% orang dewasa di atas usia 65 memiliki beberapa bentuk demensia. Persentase ini berlipat ganda setiap 5 tahun setelah 65. Sebanyak setengah dari orang di usia 80-an menderita demensia.

Banyak faktor risiko yang terlibat dalam pengembangan demensia, termasuk kondisi medis seperti gangguan pendengaran, pilihan gaya hidup, genetika, dan usia tua. Jika Anda memiliki risiko tinggi terkena demensia, terutama karena masalah pendengaran, Anda bisa menemui kami di sini untuk melakukan konsultasi dan perawatan. Dengan melakukan perawatan pendengaran lebih awal, maka kemungkinan resiko terkena juga lebih kecil . 

 

Please rate this

and share :