headphone
Gangguan Pendengaran

Tips Aman Menggunakan Headphone

No ratings yet.

Suara membuat dunia menarik dan bersemangat, tetapi suara juga dapat menjadi pemicu hal yang merusak kesehatan pendengaran. Bagaimana kita menjaga keamanan pendengaran kita? Apa yang harus kita lakukan agar pendengaran kita terlindungi dan tetap dapat mendengarkan suara di sekeliling kita dengan baik ?.

Dengan headphone kita bisa menikmati kesendirian dengan musik santai, atau mengisolasi diri kita di kereta yang penuh sesak. Tapi suara seperti itu bisa merusak pendengaran kita juga. Hari ini, 466 juta orang hidup dengan gangguan pendengaran. * Dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2050, 900 juta populasi global dapat mengalami gangguan pendengaran. *

Itulah sebabnya WHO telah menerbitkan laporan baru yang disebut Make Listening Safe, yang bertujuan untuk membantu Anda menghindari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Jadi, bagaimana Anda memastikan bahwa mendengarkan itu aman? Berikut ini beberapa saran dan informasi dari para ahli.

Kami suka headphone kami

Kita semua menyukai perangkat musik. sekarang ini sangat normal untuk melihat orang-orang dengan earbud di telinga mereka atau headphone raksasa di kepala mereka. perangkat tersebut kita berada di dunia kita sendiri tanpa mengganggu orang lain, ketika kita belajar atau bersantai.

Namun, penting untuk menjaga volume tetap rendah. Menurut WHO, intensitas suara yang dihasilkan headset dapat mencapai tingkat yang sama dengan konser rock. Bahkan, 1,1 miliar anak muda di seluruh dunia juga berisiko mengalami gangguan pendengaran karena mendengarkan dengan cara yang tidak aman.

Kiat mendengarkan dengan aman : Jika perangkat Anda memiliki indikator berwarna untuk ditampilkan ketika volume mendekati level berbahaya, pastikan Anda tidak berada di zona merah.

Apa yang dimaksud dengan tingkat volume headphone yang aman?

Jadi apa yang aman didengarkan? Tingkat mendengarkan yang aman tergantung pada hal-hal yang berbeda, tetapi kami akan mulai dengan tingkat volume. 85 dB adalah level yang mungkin mulai mengganggu pendengaran setelah lama terpapar dengan suara terus menerus. Output dari perangkat audio pribadi dapat berkisar dari 75 dB hingga setinggi 136 dB.

Kiat mendengarkan dengan aman : Unduh aplikasi level suara untuk smartphone Anda untuk mendapatkan indikasi level suara di mana Anda berada.

Bukan hanya volume, tapi durasinya

Ketika tingkat suara mencapai 85 desibel – tingkat jalanan yang sibuk – jumlah waktu yang Anda hadapi mulai menjadi masalah. Waktu paparan aman maksimum adalah 8 jam di bawah 85 desibel. Tetapi begitu tingkat suara mencapai 104 dB yang diproduksi di beberapa klub malam dan bar, dan beberapa alat listrik seperti gergaji mesin, dibutuhkan hanya 15 menit sebelum Anda berisiko mengalami kerusakan pendengaran.

Kiat mendengarkan aman : Saat mendengarkan dengan earphone dalam waktu lama, berhati-hatilah untuk memastikan tingkat volume aman.

Apakah ada tanda-tanda peringatan untuk gangguan pendengaran?

Bukankah lebih baik jika kita bisa merasakan ketika pendengaran kita dalam bahaya? Sayangnya, tidak ada cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda dalam bahaya gangguan pendengaran. Namun, ada beberapa tanda peringatan yang tidak boleh Anda abaikan.

3 tanda peringatan bahwa pendengaran Anda bisa dalam bahaya

  1. Dering di telinga, juga dikenal sebagai tinitus. Jika telinga Anda berdering atau merengek setelah acara yang keras, itu adalah indikasi yang jelas bahwa mereka telah terkena suara volume tinggi.
  2. Tanda peringatan lainnya adalah pendengaran ‘teredam’, yang dikenal sebagai gangguan pendengaran sementara. Ini dapat terjadi setelah acara yang keras seperti konser musik, atau pergi ke bioskop, atau bahkan kelas kebugaran.
  3. Suara di sekitarnya mungkin terlalu keras jika Anda dan orang-orang di sekitar Anda perlu mengangkat suara Anda untuk membuat diri Anda dipahami.

 

Kiat mendengarkan dengan aman : Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda peringatan ini, hindari suara keras sampai pendengaran Anda kembali normal, dan gunakan perlindungan pendengaran saat Anda menempatkan diri Anda dalam situasi yang sama.

3 cara untuk mencegah gangguan pendengaran

Kabar baik. Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dapat dicegah. Anda hanya perlu tetap waspada terhadap paparan kebisingan Anda dan mencoba menguranginya setiap kali mendekati tingkat berbahaya.

  1. Gunakan earphone yang pas dan headphone peredam bising- Karena suara yang pas ini memungkinkan Anda untuk mendengar audio pilihan Anda dengan jelas tanpa harus mengubah volume ke tingkat yang berbahaya.

 

  1. Pakailah penyumbat telinga (dan paskan dengan benar)-Jika Anda tahu Anda akan berada di tempat yang bising atau melakukan kegiatan yang bising, kenakan penyumbat telinga. Penyumbat telinga yang dimasukkan dengan baik dapat membantu mengurangi tingkat paparan, hingga 45 desibel.

 

  1. Beristirahat mendengarkan- apakah Anda berada di tempat yang keras atau menyerap buku audio selama penerbangan yang panjang, adalah ide yang baik untuk membuat telinga Anda beristirahat dari waktu ke waktu. Ini mengurangi paparan terus menerus dan memberi kesempatan pada telinga Anda untuk pulih.

Dan akhirnya … pantau kesehatan pendengaran Anda

Tes pendengaran memungkinkan Anda melihat bagaimana Anda mendengar sekarang. Ini memberi Anda ketenangan pikiran dan memberi Anda wawasan tentang setiap tantangan mendengarkan yang mungkin tidak Anda sadari. Tes pendengaran yang teratur memungkinkan Anda dan profesional perawatan pendengaran Anda melacak bagaimana pendengaran Anda berkembang seiring waktu, dan mengobatinya dengan tepat.

Please rate this

and share :