gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Benarkah Gangguan Pendengaran Dapat Membaik di Pagi hari?

No ratings yet.

Apakah Anda memiliki gangguan pendengaran? Apakah Anda sering merasa mendengar lebih baik di pagi hari?. Fenomena ini memang dapat terjadi. Hal ini dimungkinkan karena semuanya lebih tenang di pagi hari sehingga ada lebih sedikit kebisingan latar belakang yang dapat mengganggu pendengaran, atau bahwa di pagi hari setiap orang merasa bugar setelah beristirahat semalaman sehingga mereka berbicara lebih jelas. 

Terkadang mengejutkan bagi beberapa orang penderita gangguan pendengaran ketika mereka menyalakan TV di pagi hari dan menemukan betapa kerasnya volume disetel dari malam sebelumnya. Hal ini bukan berarti pendengaran Anda benar-benar membaik dalam semalam. Tapi itu tidak mungkin terjadi karena otak dan tubuh  lebih fokus dan waspada setelah tidur semalam penuh.

Faktanya, ada banyak artikel yang berbicara tentang mengapa kita mendengar lebih baik di malam hari seperti halnya berbicara tentang mengapa kita mendengar lebih baik di pagi hari.

Salah satu faktor penting kita tidak bisa mendengar jelas sepanjang hari karena mengalami kelelahan pendengaran . Seiring berjalannya hari, seseorang dengan gangguan pendengaran harus bekerja lebih keras untuk memahami kebisingan di sekitar mereka. Bunyi maupun kata-kata yang memiliki susunan huruf hampir sama akan terdengar sama. Senam mental yang kita alami setiap hari berdampak pada otak, dan membuat kita lelah. Keletihan ini membuatnya lebih sulit untuk berkonsentrasi, dan karenanya, lebih sulit untuk “mendengar.”

Kenyataannya yang benar adalah bahwa kita mendengar dengan baik (atau buruk!) Setiap saat, tetapi kita memahami lebih baik di pagi hari, ketika otak kita lebih segar. Mungkin istilah “gangguan pendengaran” adalah istilah yang sama hal nya dengan  “memahami kehilangan” sebagai gantinya. Penderita gangguan pendengaran sering dapat mendengar suara-suara di sekitar mereka, mereka hanya tidak mengerti apa artinya. Sayangnya, itulah bagian terpenting.

Berbekal kesadaran ini, berikut adalah tips saya untuk memanfaatkan fenomena “pendengaran yang lebih baik di pagi hari” ini.

  1. Jadwalkan pertemuan penting dan janji temu dokter untuk hari sebelumnya. Jika Anda ingin menjadi yang terbaik ketika informasi penting disampaikan, Anda bisa mencoba menjadwalkan pertemuan dengan dokter Anda di pagi hari. Bawalah kertas dan pena untuk membuat catatan, yang dapat membantu Anda tetap fokus.
  2. Sisihkan waktu untuk istirahat sebelum acara penting di kemudian hari. Cukup duduk di ruangan yang tenang dengan mata terpejam dapat memberikan energi yang Anda butuhkan. Ini sangat penting dilakukan menjelang pesta dan acara malam lainnya di mana komunikasi sudah diatur menjadi sulit karena bisingnya tempat tersebut dan banyaknya orang berkumpul.
  3. Beristirahatlah saat Anda membutuhkannya. Bahkan istirahat pendek selama 5 hingga 10 menit memberi otak Anda kesempatan untuk beristirahat. Pergi ke kamar kecil atau berjalan-jalan pendek di sekitar blok atau menemukan tempat di ruangan lain untuk duduk dengan tenang. Menjaga stamina Anda tetap tinggi akan membantu Anda berpartisipasi lebih penuh dan lebih menikmati diri sendiri.

Solusi untuk mendengar sepanjang hari

Siapapun dengan gangguan pendengaran masih memiliki kemampuan untuk berkomunikasi lebih baik dengan orang lain. Itu semua tergantung pada orang itu dan strategi apa yang akan dia gunakan.

Cari cara untuk membantu meningkatkan pendengaran Anda dan membuat komunikasi lebih baik dengan orang lain. Jika memungkinkan, Anda harus mencari perawatan dan konseling dari seorang profesional yang memenuhi syarat untuk membahas semua pilihan Anda yang tersedia untuk peningkatan pendengaran.

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, akan membantu Anda untuk hidup lebih mudah dengan pendengaran yag lebih baik. Anda dapat mengunjungi website ABDI di sini, untuk memperoleh segala informasi dan konsultasi masalah pendengaran, atau secara langsung Anda dapat menghubungi no 0800-100-2234 untuk terhubung dengan para staf yang akan membantu Anda dan membuat jadwal temu dengan para tenaga profesional perawatan pendengaran kami.

Please rate this

and share :