Pendengaran

Bagaimana kita mendengar

5/5 (2)

Telinga manusia tidak begitu saja bisa mendengar. Ada proses di mana suara yang tertangkap akhirnya bisa terdengar oleh indera pendengaran kita. Mendengar merupakan proses menginterpretasikan suara dari sumber suara dengan menggunakan indera menggunakan indera pendengaran. Proses tersebut didukung oleh fungsi tiga bagian telinga yakni telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.

  1.      Bagian luar

Bagian telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan gendang telinga. Daun telinga berfungsi untuk menangkap gelombang suara. Lubang telinga berfungsi sebagai jalan masuknya bunyi ke dalam suara. Sedangkan gendang telinga merupakan selaput tipis yang paling peka terhadap suara. Oleh sebab itu, jika terdapat sedikit saja masalah pada gendang telinga, maka proses mendengar akan terganggu seperti tidak mampunya mendengar suara pelan bahkan sampai tidak bisa mendengar sama sekali.

  1.      Bagian tengah

Telinga bagian tengah terdiri dari tulang pendengaran (osikula), saluran eustachius, dan membran tympani. Membran timpani berfungsi sebagai penerima gelombang bunyi. Setiap ada gelombang bunyi yang memasuki lorong telinga akan mengenai membran timpani, selanjutnya membran timpani akan menggelembung ke arah dalam menuju ke telinga tengah dan akan menyentuh tulang pendengaran. Tulang pendengaran sendiri masih terbagi menjadi tiga bagian yakni tulang tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus) dan tulang sanggurdi (steps). Fungsi dari tulang pendengaran adalah untuk meneruskan getaran suara dari gendang telinga yang dibawa oleh membran timpani menuju telinga bagian dalam. Sedangkan saluran eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dan rongga mulut. Saluran eutachius berguna untuk menyeimbangkan tekanan udara pada telinga bagian luar dengan telinga bagian dalam.

  1.      Bagian dalam

Telinga bagian dalam sering disebut dengan labirin karena terdapat organ-organ dan sistem pendengaran yang cukup rumit. Fungsi keseimbangan tubuh manusia juga ada di sini berupa tiga saluran setengah lingkaran atau ampula. Sehingga di antara dua bagian telinga lainnya, telinga bagian dalam bisa dikatakan memiliki fungsi yang paling penting. Selain ampula, organ-organ yang terdapat pada telinga bagian dalam antara lain rumah siput, tingkap jorong, dan tingkap bundar. Tingkap berfungsi meneruskan getaran suara (impuls)  ke rumah siput. Sedangkan di dalam rumah siput terdapat ujung saraf pendengar yang bertugas meneruskan rangsang getaran ke saraf pendengar menuju ke otak.

Bagian-bagian tersebutlah yang saling berhubungan dan bekerja sama sehingga proses mendengar pada manusia bisa terjadi. Secara general, proses mendengar diawali dengan ditangkapnya energi bunyi oleh daun telinga dalam bentuk gelombang yang dihantarkan melalui udara melalui lubang telinga. Getaran tersebut menggetarkan membran timpani dan diteruskan ke telinga tengah melalui rangkaian tulang pendengaran yang akan memperkuat getaran suara (impuls) menuju tingkap jorong. Dari tingkap jorong, getaran tersebut menggetarkan cairan limfe yang ada di dalam rumah siput. Cairan yang bergetar merangsang urat saraf pendengar, kemudian rangsangan diteruskan ke otak sehingga manusia pun bisa mendengar. Setelah mengetahui bagaimana telinga kita bisa mendengar, maka hal yang selanjutnya yang bisa dilakukakan adalah menjaga dan merawat indera pendengaran kita secara kesuluruhan sebaik mungkin. Hal-hal yang bisa dilakukan anatara lain tidak terlalu sering mendengarkan suara dengan frekuensi tinggi, tidak menggunakan headset untuk bertelepon atau mendengarkan musik lebih dari dua jam perhari, menggunakan penutup telinga ketika berada di tempat dengan kebisingan tinggi, dan rutin memeriksakan dan membersihkan telinga menggunakan alat yang terdapat pada dokter THT atau audiologis terpercaya. Jangan membersihkan telinga menggunakan cotton-bud karena hal tersebut hanya akan mendorong kotoran telinga semakin masuk ke dalam sehingga dapat menyumbat telinga yang akhirnya menyebabkan gangguan pada indera pendengaran kita.

Cari tahu lebih lanjut bagaimana proses pemeriksaan indera pendengaran di sini

 

Please rate this

and share :