Ketahui Tingkat Gangguan Pendengaran Yang Anda Alami
Gangguan Pendengaran

Ketahui Tingkat Gangguan Pendengaran Yang Anda Alami

No ratings yet.

Dalam istilah sederhana, tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda  dapat diukur dengan dua cara — seberapa keras sesuatu perlu dilakukan sebelum Anda dapat mendengarnya, dan frekuensi mana yang lebih sulit untuk Anda dengar (seperti suara wanita yang lebih tinggi daripada suara pria) . 

Ketika orang bertambah usia , misalnya, sering terjadi kehilangan pendengaran dalam frekuensi tinggi. Tetapi gangguan pendengaran itu kompleks dan unik untuk setiap orang, dan itu berubah seiring waktu. Dan karena bahkan sedikit gangguan pendengaran dikaitkan dengan penurunan kognitif , semua gangguan pendengaran harus ditangani dengan alat bantu dengar atau tindakan lain, terlepas dari usia seseorang.

Bagaimana Mengukur Suara

Kerasnya suara terutama diukur dalam satuan yang disebut desibel (dB). Misalnya, berikut adalah level desibel untuk beberapa suara umum:

  • Bernafas: 10 dB
  • Percakapan normal: 40-60 dB
  • Mesin pemotong rumput: 90 dB
  • Konser rock: 120 dB
  • Tembakan: 140 dB

Mendengarkan musik dengan suara lebih keras dari 85 dB dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada pendengaran Anda; suara pada level 120 dB  sudah tergolong suara yang tidak nyaman dan level 140 dB adalah ambang rasa sakit. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan mengakibatkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan . 

Cara lain untuk mengukur suara adalah dengan penggunaan frekuensi, atau nada. Frekuensi atau nada diukur dalam Hertz (Hz). Ketika kemampuan pendengaran diuji, maka kisaran suara yang diukur adalah 250 Hz hingga 8000 Hz karena suara pada rentang tersebut sama dengan frekuensi bicara, rentang terpenting untuk komunikasi. 

Tingkat Gangguan Pendengaran

Ketika diukur bersama oleh ahli kesehatan pendengaran Anda, dB dan Hz memberi tahu tingkat gangguan pendengaran yang Anda miliki di setiap telinga.

Gangguan Pendengaran Sangat Ringan

Ini adalah gangguan pendengaran yang terjadi saat Anda tidak dapat mendengar suara lebih tenang dari sekitar 15 hingga 20 dB, seperti berbisik atau suara gemerisik. Walaupun gangguan ini masih di bawah ambang batas yang digunakan oleh sebagian besar dokter untuk mendiagnosis gangguan pendengaran orang dewasa, namun tingkat gangguan pendengaran ini sudah mulai dapat membuat  proses mendengarkan pembicaraan Anda menjadi terganggu. Pada anak-anak , pada kenyataannya, tingkat gangguan pendengaran ini biasanya diobati dengan alat bantu pendengaran untuk membantu perkembangan bicara dan bahasa. 

Gangguan Pendengaran Ringan

Jika percakapan satu lawan satu  di tempat yang tenang tidak menjadi masalah bagi Anda namun Anda mengalami kesulitan memahami beberapa kata ketika ada banyak kebisingan latar belakang, Anda mungkin memiliki gangguan pendengaran ringan . Secara teknis,gangguan pendengaran ringan didefinisikan sebagai gangguan pendengaran antara 26 sampai 40 dB dalam frekuensi bicara.

Gangguan Pendengaran Sedang

Pada level ini, Anda akan sering meminta orang lain untuk mengulangi selama percakapan berlangsung dan melalui telepon. Orang dengan tingkat gangguan pendengaran ini tidak dapat mendengar suara yang lebih rendah dari 40-69 dB. Gangguan pendengaran ringan dan sedang biasanya dapat diobati secara efektif dengan alat bantu dengar standar .

Gangguan Pendengaran Berat

Jika Anda tidak dapat mendengar orang berbicara tanpa menggunakan alat bantu dengar atau amplifikasi lainnya, atau Anda cenderung mengandalkan membaca bibir untuk memahami percakapan, Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran yang parah. Orang dengan tingkat gangguan pendengaran ini tidak dapat mendengar suara lebih rendah dari 70-94 dB.

Gangguan Pendengaran Sangat Berat

Jika Anda memiliki gangguan pendengaran ini, Anda hanya dapat mendengar percakapan atau suara yang sangat keras – dan bahkan kemudian sulit untuk dipahami tanpa alat bantu dengar atau implan koklea . Anda mungkin lebih suka menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Orang dengan tingkat gangguan pendengaran ini tidak dapat mendengar suara lebih rendah dari 95 dB.

Bagaimana Mengukur Gangguan Pendengaran

Jadi bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki gangguan pendengaran – dan sampai tingkat apa? Jangan menebak atau mencoba memperlakukan ketidakmampuan Anda untuk mendengar dengan solusi langsung membeli alat bantu dengar online tanpa menjalani pemeriksaan. Sebagai gantinya, buatlah janji dengan profesional kesehatan pendengaran yang berkualifikasi . Dokter keluarga Anda mungkin dapat merujuk Anda, atau Anda dapat mengunjungi direktori online kami dan menemukan profesional tepercaya di komunitas Anda.

Profesional pelayanan kesehatan pendengaran akan melakukan serangkaian tes pendengaran . Hasil evaluasi dikenal sebagai  audiogram , grafik suara paling lembut yang Anda dengar selama pengujian. 

Berdasarkan hasil dan informasi gaya hidup yang Anda berikan, profesional kesehatan pendengaran akan dapat merekomendasikan program perawatan, yang mungkin termasuk pembelian alat bantu dengar dan pendaftaran di kelas terapi pendengaran. Perlu diingat, gangguan pendengaran yang tidak diobati menempatkan Anda pada risiko mengembangkan sejumlah masalah terkait kesehatan lainnya, termasuk depresi, demensia, dan penyakit Alzheimer.

Berita bagusnya,saat ini, semakin banyak  penelitian menunjukkan bahwa alat bantu dengar dapat melakukan lebih dari sekedar membantu Anda mendengar. Mereka juga dapat membuat Anda lebih sehat. Pelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan alat bantu dengar .

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/41775-Degrees-of-hearing-loss

Please rate this

and share :