Gangguan Pendengaran Pada Kedua Telinga (Bilateral)
Pendengaran

Gangguan Pendengaran Pada Kedua Telinga (Bilateral)

No ratings yet.

Tahukan kamu bahwa gangguan pendengaran dapat terjadi pada salah satu telinga saja atau bahkan pada kedua telinga?. Gangguan pendengaran yang dialami pada kedua telinga disebut dengan gangguan pendengaran bilateral.

Apa itu gangguan pendengaran bilateral?

Gangguan pendengaran bilateral adalah gangguan pendengaran di kedua telinga. Gangguan pendengaran bilateral dapat memiliki tingkat yang berbeda seperti ringan, sedang, berat atau sangat berat. Gangguan pendengaran bilateral dapat disebabkan oleh faktor di telinga luar, tengah atau dalam atau kombinasi dari area tersebut.

Gejala gangguan pendengaran bilateral

Gejala dari gangguan pendengaran bilateral adalah berkurangnya pendengaran di kedua telinga.
Gangguan pendengaran bilateral dapat berupa simetris atau asimetris. Ketika simetris, gangguan pendengaran hampir sama di kedua telinga. Ketika asimetris, salah satu telinga mendengar lebih baik dari telinga satunya, tetapi dalam kedua kasus ada gangguan pendengaran di kedua telinga.

Penyebab gangguan pendengaran bilateral

Gangguan pendengaran bilateral dapat disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab paling umum adalah usia, paparan kebisingan, faktor keturunan (gen) dan obat-obatan, yang sebagian besar menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural. Anda juga dapat mengalami gangguan pendengaran bilateral apabila kemampuan kedua telinga Anda dalam menghantarkan suara ke telinga bagian dalam terhalang atau berkurang. Ini disebut gangguan pendengaran konduktif.

Apabila gangguan pendengaran bilateral ini bersifat konduktif dan sensorineural, maka disebut dengan gangguan pendengaran campuran.

Perawatan gangguan pendengaran bilateral

Pada beberapa kasus gangguan pendengaran bilateral dapat diatasi dengan operasi. Sedangkan Jenis lain gangguan pendengaran bilateral lebih baik diatasi dengan alat bantu dengar. Apakah Anda memerlukan satu atau dua alat bantu dengar tergantung pada tingkat gangguan pendengaran di setiap telinga.

Dalam beberapa kasus pada gangguan pendengaran bilateral, operasi maupun penggunaan alat bantu dengar direkomendasikan. Jika Anda hanya mengalami gangguan pendengaran di salah satu telinga, itu disebut tuli / gangguan dengar satu sisi.

Jika Anda merasa bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran pada kedua telinga (bilateral), Anda harus segera menghubungi dokter THT/ Audiolog/ Konsultan pendengaran.

 

Sumber:
https://www.hear-it.org/bilateral-hearing-loss

Please rate this

and share :