kenali alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

Kenali Tanda Anda Membutuhkan Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Bagi sebagian orang, kebutuhan akan alat bantu dengar mungkin telah diketahui namun kurang mendapatkan prioritas. Namun bagi sebagian yang lain, mereka justru tidak mengetahui bahwa mereka sudah mengalami gangguan pendengaran yang harus segera ditangani dengan bantuan alat bantu dengar, sehingga pada akhirnya terlambat memperoleh penanganan dan menyebabkan kondisi kesehatan tubuh dan fikiran yang jauh berkurang dan semakin buruk.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan pendengaran. Ada baiknya kita memahami apa itu gangguan pendengaran dan kapan kita harus menggunakan alat bantu dengar seperti yang akan dijelaskan pada artikel di bawah ini.

 

Apa saja tanda-tanda gangguan pendengaran?

Anda mungkin memperhatikan sejumlah tanda peringatan dini dan perubahan perilaku Anda yang mungkin terkait dengan gangguan pendengaran. Anda mungkin mulai:

  • Mengeluh bahwa orang-orang bergumam atau berbicara terlalu pelan
  • Sering minta orang mengulangi apa yang mereka katakan – terutama dalam situasi yang bising
  • Lebih suka televisi atau radio lebih keras daripada orang lain
  • Kesulitan memahami telepon
  • Tidak mengerti semua dialog di film atau selama produksi teater langsung
  • Kesulitan memahami isi pidato atau ceramah di tempat peribadatan atau pertemuan umum lainnya
  • Anda menjadi lebih tidak sabar, mudah marah, frustrasi, atau menarik diri daripada sebelumnya
  • Kesulitan memahami orang ketika Anda tidak bisa melihat wajah mereka
  • Selalu mencoba mendengarkan percakapan, terutama saat berada dalam pengaturan grup

Mengapa saya bisa mendengar orang tetapi tidak memahaminya?

Jenis gangguan pendengaran yang umum adalah orang yang memiliki pendengaran normal atau hampir normal pada suara rendah dan sedang, seperti vokal, tetapi memiliki gangguan pendengaran dalam kisaran pendengaran suara bernada tinggi, seperti konsonan.

Vokal seperti “o, ooh, ah, a, e” memiliki sebagian besar penampakan di nada rendah atau frekuensi rendah dan mudah didengar. Bunyi konsonan nada yang lebih tinggi seperti “s, sh, f, th” cenderung lebih lembut dan lebih sulit untuk didengar. Namun, itu adalah suara konsonan bernada tinggi yang paling penting untuk kejelasan dan pemahaman bicara.

Dalam percakapan normal, ucapan mungkin terdengar cukup keras tetapi kurang jelas sehingga kemampuan Anda untuk memahami apa yang dikatakan terganggu. Masalah ini lebih terlihat ketika Anda mendengarkan dalam kebisingan latar belakang atau ketika ada jarak yang lebih besar antara Anda dan pembicara.

Apa yang bisa saya harapkan dari alat bantu dengar saya?

Tidak seperti kacamata, alat bantu dengar tidak memperbaiki pendengaran Anda kembali normal. Alat bantu dengar berfungsi untuk menguatkan suara dalam rentang nada tertentu – rentang di mana gangguan pendengaran terjadi. Termasuk dalam bunyi-bunyi tersebut dapat berupa bunyi ujaran atau lingkungan seperti dering bel, nyanyian burung, percakapan dari meja terdekat di restoran atau kebisingan lalu lintas yang sibuk.

Meskipun teknologi alat bantu dengar saat ini sangat baik, alat-alatnya masih merupakan “alat bantu” dan tidak dapat memisahkan sinyal bicara yang diinginkan dari kebisingan latar belakang serta otak kita dan dua telinga yang dapat berfungsi normal. Karena itu, penting untuk menggunakan strategi komunikasi ketika menggunakan alat bantu dengar di lingkungan yang sulit didengar.

Apakah saya memerlukan satu atau dua alat bantu dengar?

Jika kehilangan pendengaran ada di kedua telinga, ada manfaat yang lebih besar dalam menggunakan perangkat di setiap telinga sama halnya seperti  memakai kacamata dengan dua lensa. Anda bisa membahasnya dengan audiolog Anda tentang perlunya Anda menggunakan dua alat bantu dengar untuk masing-masing telinga atau cukup satu saja. Adapun manfaat dari alat bantu dengar di setiap telinga termasuk:

  • Peningkatan kemampuan untuk memahami ucapan dalam kebisingan latar belakang
  •  Kurang amplifikasi di setiap alat bantu dengar mengurangi kemungkinan umpan balik (alat bantu dengar bersiul)
  •  Upaya pendengaran kurang sehingga Anda tidak terlalu lelah pada akhir hari
  •  Peningkatan kemampuan untuk menemukan sumber suara

Sekarang karena Anda telah mengetahui bahwa gangguan pendengaran harus segera ditangani dan penggunaan alat bantu dengar bisa jadi merupakan sebuah solusi yang cerdas untuk membantunya lebih baik, maka tidak ada salahnya jika anda merasa telah mengalami beberapa tanda-tanda gangguan diatas untuk segera menghubungi tenaga profesional perawatan kesehatan pendengaran terdekat di kota Anda.

Please rate this

and share :