Apakah Kelembapan Tinggi Mempengaruhi Kinerja Alat Bantu Dengar?
Alat Bantu Dengar

Apakah Kelembapan Tinggi Mempengaruhi Kinerja Alat Bantu Dengar?

No ratings yet.

Salah satu hal hebat tentang memulai perjalanan pendengaran Anda yang lebih baik adalah bahwa dunia Anda akan menjadi lebih menyenangkan ketika dapat mendengar semua suara yang Anda lewatkan. Itu mungkin juga berarti Anda lebih sering keluar rumah. Hal ini mungkin membuat alat bantu dengar Anda terpapar kelembaban. 

Kelembaban

Mari kita bahas kelembapan terlebih dahulu. Sederhananya, kelembaban adalah pengukuran jumlah uap air di udara. Udara panas bisa menampung banyak uap air, tapi udara dingin tidak bisa. Ketika udara panas bertemu dengan udara dingin, penurunan suhu berarti penurunan berapa banyak uap air yang dapat ditampung udara. Mari kita pertimbangkan sekaleng soda pop: Saat udara lembab bersentuhan dengan sekaleng soda dingin, suhu udara di sekitar kaleng turun dengan cepat. Uap air apa pun dari udara lembab yang tidak dapat ditampung di udara dingin di sekitar semburan harus pergi ke suatu tempat. Saat itulah kondensasi terjadi, menciptakan tetesan air di sisi kaleng.

Alat Bantu Dengar dan Kelembaban 

Kelembaban memengaruhi alat bantu dengar dalam beberapa cara. Pertama, seperti kondensasi pada kaleng soda pop, kelembapan dihasilkan saat udara hangat dan lembap bertemu dengan komponen logam yang lebih dingin di alat bantu dengar Anda. Ini termasuk komponen di dalam perangkat Anda. Kedua, kelembapan membuat Anda berkeringat – tetapi kelembapan juga membuat keringat lebih sulit menguap. Banyak dari itu berakhir di atau di perangkat Anda.

Bagaimana Kelembaban Dapat Terjadi

Bagaimana semua kondensasi dan keringat ini menyebabkan masalah? Kelembaban menyumbat port dan bukaan. Itu juga menumpuk di tabung, yang dapat memengaruhi respons frekuensi teknologi pendengaran Anda. Itu juga dapat menimbulkan korosi pada komponen dan titik kontak baterai atau menyebabkan arus pendek pada mikrofon dan penerima. Singkatnya, kelembapan seperti kryptonite pada alat bantu dengar Anda. Sedikit paparan tidak akan terlalu berarti, tetapi paparan yang terlalu lama akan menyebabkan banyak kerusakan dan memengaruhi kinerja perangkat Anda.

Ciri ABD Terpapar Kelembaban

Tanda-tanda umum kerusakan kelembaban meliputi:

  • Suara penuh dengan statis atau berderak
  • Suara terdistorsi
  • Suara terputus saat suara keras
  • Suara memudar masuk dan keluar
  • Perangkat bekerja sebentar-sebentar

Perbaikan

Jika Anda menduga Anda mengalami kerusakan kelembaban, lakukan pemeriksaan umum terlebih dahulu untuk memastikan itu bukan sesuatu yang mudah dipecahkan. Apakah perangkat dihidupkan? Apakah baterai terpasang dengan benar atau mendekati akhir masa pakainya? Apakah kontak baterai perlu dibersihkan atau dikeringkan? Apakah tabungnya utuh? Bagaimana filter dan portnya? Jika semuanya diperiksa, itu bisa menjadi masalah kelembaban. Jika Anda memiliki teknologi in-the-ear, masukkan perangkat pengering secepatnya, dengan pintu baterai terbuka. Jika Anda memiliki teknologi di belakang telinga, periksa kelembapan selang earmold. Jika memungkinkan, gunakan earmold puffer untuk menghilangkan kelembapan. Kemudian masukkan teknologi Anda ke dalam perangkat pengering secepatnya, dengan pintu baterai terbuka. Dalam kedua kasus tersebut, biarkan perangkat dalam pengering selama beberapa jam, meskipun terlihat kering.

Pencegahan

Langkah-langkah pencegahan yang umum dan efektif meliputi:

  • Memilih perangkat dengan lapisan nano atau peringkat IP (tahan air) yang tinggi
  • Gunakan bando/ pita penahan keringat alat bantu dengar yang memungkinkan suara masuk tetapi menjaga kelembaban
  • Lepaskan ABD Anda saat berolahraga
  • Simpan ABD Anda di perangkat pengering saat tidak digunakan

Hubungi kami untuk pembersihan alat bantu dengar gratis dan pemeriksaan pendengaran Anda.

Sumber : https://keystoneaudiology.com/blog/hearing-aids-and-humidity

Please rate this

and share :