Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Saat memutuskan untuk membeli alat bantu dengar, terdapat berbagai hal penting yang harus Anda ketahui dan pertimbangkan. Berikut adalah hal yang dapat Anda tanyakan kepada profesional pendengaran sebelum membeli alat bantu dengar.

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Alat Bantu Dengar

Sistem Mikrofon

Alat bantu dengar Anda harus memiliki pilihan sistem mikrofon. Mikrofon directional adalah kemampuan alat bantu dengar untuk memfokuskan secara digital pada sumber suara tertentu di sekitar. Hal ini adalah satu-satunya cara yang terbukti dapat meningkatkan pemahaman bicara dalam kebisingan. Secara sederhana, sistem mikrofon directional yang baik akan membantu Anda mendengar lebih jelas dan jernih.

Ada banyak jenis sistem mikrofon directional : adaptif, statis dan dinamis. Adaptif berarti mampu mengidentifikasi orang-orang yang berbicara di sekitar Anda dan fokus dimanapun suara berasal. Sistem directional statis berfokus pada area tertentu (biasanya tepat di depan Anda) dan tetap fokus di sana. Sementara dinamis secara otomatis berubah. Mulai dari mendengarkan semua suara di sekitar ke arah yang tetap. Pastikan untuk mendengarkan bagaimana alat bantu dengar mendeteksi suara dan tanyakan ahli pendengaran bagaimana cara pengaturannya untuk memaksimalkan manfaat dari alat bantu dengar.

Peredam Kebisingan (Noise Reduction)

Kebanyakan alat bantu dengar modern memiliki beberapa jenis fitur peredam kebisingan. Fitur terbaik mampu membedakan satu suara dari suara yang lain, yang memungkinkan alat bantu dengar untuk mengurangi volume suara yang masuk dan memunculkan suara percakapan yang masuk – secara tepat. Sejauh mana dan bagaimana cara alat bantu dengar tersebut dapat membantu Anda, biasanya berbeda dari satu alat ke alat  bantu dengar hingga lainnya.

Model Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar tersedia dalam berbagai tipe dan model. Beberapa alat bantu dengar ditempatkan di belakang telinga dan memiliki speaker di liang telinga (RIC). Ada juga lainnya yang ditempatkan di belakang telinga dan mengirimkan suara ke telinga dengan tabung kecil (BTE). Ada pula yang dibuat khusus agar pas di telinga Anda seperti model IIC, CIC, dan ITE. Jenis alat bantu dengar yang tepat untuk Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk kenyamanan, tingkat gangguan pendengaran, aktivitas, maupun selera pribadi.

Konektivitas

Televisi, komputer dan telepon seluler menjadi semakin canggih dan dapat tersambung ke berbagai perangkat yang tersedia. Beberapa alat bantu dengar saat ini memiliki kemampuan untuk terhubung langsung ke perangkat sehari-hari ini menggunakan Bluetooth ™ atau teknologi streaming lainnya. Anda bahkan dapat menyesuaikan beberapa alat bantu dengar menggunakan smartphone (ubah volume dan pengaturan, dll.). Jadi Anda tidak perlu menyentuh alat bantu dengar Anda.

Feedback Management

Secara historis, bahkan orang-orang dengan gangguan pendengaran ringan mengalami kesulitan dengan feedback. Apa itu feedback pada alat bantu dengar? Bayangkan apa yang terjadi ketika Anda memegang mikrofon terlalu dekat dengan speaker. Pasti akan menghasilan suara nyaring. Itu adalah feedback! Semua alat bantu dengar modern memiliki kontrol feedback . Carilah alat bantu dengar yang memiliki kontrol feedback yang bagus. Karena akan membuat alat bantu dengar lebih nyaman dipakai.

Berbagai pilihan fitur ini adalah alasan mengapa Anda selalu disarankan untuk mengunjungi profesional pendengaran berlisensi ketika ingin membeli alat bantu dengar. Mereka memiliki pengetahuan dan keahlian yang Anda butuhkan untuk menjawab semua pertanyaan. Dan memastikan Anda menggunakan alat bantu dengar yang tepat.

Untuk menemukan profesional pendengaran berlisensi di dekat Anda, klik di sini

Please rate this

and share :