Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Anda Sendiri
Alat Bantu Dengar

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar Anda Sendiri

No ratings yet.

Membersihkan alat bantu dengar (ABD) secara teratur akan memberikan pendengaran yang lebih baik dan dapat memperpanjang usia alat bantu dengar Anda. Yuk, simak artikel di bawah ini bagaimana cara membersihkan dan merawat alat bantu dengar Anda.

Alat bantu dengar adalah investasi yang penting, dan untuk menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik, diperlukan perawatan rutin seperti pembersihan. Tidak seperti kebanyakan alat elektronik lainnya, alat bantu dengar harus beroperasi dalam kondisi yang jauh dari kondisi ideal, di bagian dalam lubang telinga di mana alat akan terkena kotoran telinga dan kelembapan.

Selain pembersihan rutin yang Anda lakukan sendiri, pembersihan dan pemeriksaan rutin oleh konsultan pendengaran Anda akan memberikan pendengaran yang lebih baik yang dapat diandalkan selama bertahun-tahun. Sebelum memulai untuk perawatan alat bantu dengar, ada baiknya untuk meninjau terlebih dahulu bagian-bagian alat bantu dengar dari setiap model dan tipe alat bantu dengar.

Tip Perawatan untuk Alat Bantu Dengar

  • Jauhkan dari kelembapan dan bahan kimia: Jangan menggunakan alat bantu dengar saat mandi. Alat bantu dengar dapat digunakan kembali setelah selesai menggunakan semua produk rambut seperti hairspray atau gel, dan berhati-hatilah saat menggunakan tabir surya atau krim lainnya.
  • Bersihkan alat bantu dengar sebelum tidur malam: Membersihkan alat bantu dengar Anda sebelum tidur memberi waktu beberapa jam bagi alat tersebut untuk menghilangkan kelembaban sebelum Anda memasangnya kembali di pagi hari. Hindari menggunakan tisu basah yang mengandung bahan kimia atau alkohol saat membersihkan alat bantu dengar, karena dapat merusak alat tersebut.
  • Hindari suhu dan kelembapan yang ekstrim: Jika Anda pergi ke kolam renang, simpan alat bantu dengar jauh dari jangkauan air karena kebanyakan alat bantu dengar tidak tahan air. Demikian pula, jika Anda berada di daerah yang bersalju/suhu di bawah titik beku dan Anda melepaskan alat bantu dengar dari telinga untuk membersihkan jalan karena salju, tinggalkan alat tersebut di dalam rumah, jangan menyimpannya di saku mantel.
  • Simpan di dalam wadah/kotak pengisi daya bila tidak digunakan. Ini akan melindungi alat batu dengar dari kotoran dan kerusakan.
  • Cuci dan keringkan tangan Anda sebelum membersihkan alat bantu dengar.

Alat Pembersih Alat Bantu Dengar

Kotoran telinga dapat menumpuk di ujung lubang alat bantu dengar tempat keluarnya suara sehingga menimbulkan suara teredam atau menimbulkan feedback (suara berdenging). Jika dibiarkan terlalu lama, dapat merusak receiver. Inilah sebabnya mengapa Anda harus selalu menyediakan alat pembersih untuk alat bantu dengar.

Ikuti petunjuk/panduan dari penyedia alat bantu dengar. Kemungkinan besar, mereka akan merekomendasikan satu atau lebih alat pembersih seperti berikut:

  • Sikat pembersih alat bantu dengar: Sikat yang berujung lembut untuk membersihkan bagian luar, faceplate, atau port suara alat bantu dengar. Beberapa sikat memiliki alat pelepas baterai magnetis untuk memudahkan pembersihan alat bantu dengar sehari-hari.

  • Pencungkil kotoran telinga atau kawat pengait: Alat ini dirancang untuk membantu menghilangkan kotoran telinga dan kotoran lainnya dengan aman dari sudut dan lubang alat bantu dengar.

 

  • Filter kotoran: Alat bantu dengar Anda dilengkapi dengan pelindung kotoran atau filter yang perlu diganti secara berkala.

  • Alat multi fungsi: Alat serbaguna ini memiliki banyak fungsi karena dilengkapi sikat dan pengait kotoran untuk pembersihan menyeluruh.

 

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar BTE

Untuk membersihkan alat bantu dengar model Behind The Ear (BTE):

 

  1. Periksa ABD apakah ada kotoran dan bersihkan dengan sikat lembut atau kain kering.
  2. Untuk dome/eartip (ujung kecil yang berada di liang telinga), Anda bisa menyekanya hingga bersih dengan kain. Dome/eartip harus diganti setelah pemakaian lebih dari dua bulan.
  3. Untuk earmold, lepaskan earmold dari pengaitnya untuk membersihkannya. Selanjutnya, Anda bisa mencucinya dengan air sabun hangat. Gunakan alat peniup (air puffer) untuk mengeluarkan air dari pipa dan biarkan hingga benar-benar kering semalaman.
  4. Semua jenis earmold: Seiring berjalannya waktu, cetakan tersebut mungkin akan mengeluarkan sedikit bau. Bau yang menyengat dapat mengindikasikan Anda mengalami infeksi telinga. Jadi konsultasikan dengan dokter THT Anda jika Anda mengalaminya.
Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar ITE

Saat membersihkan alat bantu dengar model In The Ear (ITE):

  1. Fokuskan pembersihan Anda pada bagian yang terbuka atau dapat dibuka, termasuk port mikrofon. Gunakan sikat gigi berbulu lembut atau sikat yang disediakan oleh konsultan pendengaran Anda untuk membersihkan kotoran yang menumpuk.
  2. Pegang alat bantu dengar yang Anda bersihkan dengan bukaan menghadap ke bawah sehingga kotoran yang terlepas akan keluar dari alat bantu dengar dan tidak tersangkut di dalamnya.
  3. Selanjutnya, gunakan pencungkil untuk membersihkan kotoran dari dalam lubang yang tidak dapat dibersihkan dengan sikat.
  4. Ganti filter kotoran setiap tiga hingga empat minggu sekali (waktu bisa bervariasi).
  5. Akhiri dengan menyeka seluruh bagian alat bantu dengar dengan kain atau tisu bersih dan kering. Ini akan menghilangkan kotoran dari alat bantu dengar.
  6. Tidak boleh merendam alat bantu dengar dalam cairan apa pun.
Informasi Tambahan

Untuk semua jenis alat bantu dengar, lakukan hal berikut pada malam hari:

  • Untuk alat bantu dengar dengan baterai sekali pakai, keluarkan baterai dan biarkan tempat baterai tetap terbuka hingga kering semalaman. Buanglah baterai kosong dengan hati-hati karena bisa berakibat fatal jika tertelan oleh hewan peliharaan atau anak-anak.
  • Untuk baterai isi ulang, pasangkan di dock pengisian daya sesuai dengan spesifikasi pabrikan.
  • Sikat tempat baterai dengan sikat pembersih.

Jika Anda tinggal di iklim lembap dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, atau banyak berkeringat, akan sangat bermanfaat untuk menggunakan alat pengering alat bantu dengar. Ada dua jenis alat pengering ABD. Salah satu jenisnya adalah alat pengering manual berupa tabung plastik bertutup dengan bahan pengering yang dapat menyerap kelembapan dalam semalam. Jenis lainnya disebut unit dry store (alat pengering elektrik) yang menggunakan sinar ultraviolet dan udara untuk mengeringkan dan membersihkan alat bantu dengar. Kedua aksesori tersebut umumnya tersedia di pusat alat bantu dengar. Pada beberapa ABD-ABD rechargeable (dapat diisi ulang), dock pengisi dayanya juga dapat menghilangkan kelembapan saat mengisi daya.

Pembersihan dan perawatan yang tepat pada alat bantu dengar Anda akan membantu Anda mendapatkan pemakaian alat bantu dengar yang bebas masalah selama bertahun-tahun.

Kapan Harus Menemui Audiolog/Konsultan Pendengaran

Alat bantu dengar harus dibersihkan secara profesional secara teratur seperti yang direkomendasikan oleh penyedia layanan pendengaran Anda. Mereka memiliki penyedot debu dengan alat khusus yang dapat menyedot kotoran dengan lembut dari area yang sulit dijangkau dan mereka tahu cara membersihkan, housing, cover mic, earhook, battery door dan receiver dengan aman.

Jika alat bantu dengar Anda tidak berfungsi dengan benar, pembersihan adalah langkah pertama untuk memecahkan masalah umum alat bantu dengar. Tetapi jika Anda tidak yakin bagaimana cara membersihkan alat bantu dengar dengan benar atau jika Anda merasa alat bantu dengar Anda memerlukan perhatian khusus, mintalah bantuan dari audiolog atau konsultan pendengaran Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menemukan audiolog atau konsultan pendengaran di dekat Anda, klik tautan ini untuk mendapatkan janji temu dengan konsultan pendengaran kami.

Sumber:
https://www.healthyhearing.com/help/hearing-aids/cleaning

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.