Rehabilitasi Pendengaran Setelah Menggunakan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar Pendengaran

Rehabilitasi Pendengaran Setelah Menggunakan Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Saat pertama kalinya menggunakan alat bantu dengar, pengguna harus memulai rehabilitasi pendengaran. Umumnya orang dengan gangguan pendengaran akan melupakan suara-suara tertentu. Rehabilitasi pendengaran membantu mereka untuk kembali terbiasa dengan suara-suara ini lagi,. Serta mendidik mereka untuk mengenal kembali apa saja suara yang normal dan sesuai harapan dalam penggunaan alat bantu dengar barunya.

Mendapatkan Pendengaran yang Lebih Baik

Kebanyakan orang menggunakan alat bantu dengar setelah menderita gangguan pendengaran yang parah. Mereka tidak segera mencari bantuan maupun merasa curiga ketika kemampuannya mulai sedikit menurun. Biasanya, orang-orang telah merasakan gangguan tersebut selama 10 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar. Dan selama waktu ini, seseorang akan kehilangan beberapa memori pada otaknya terhadap suara-suara tertentu hingga akhirnya tidak mampu mendengar sama sekali.

Bagi orang yang sudah lama memiliki gangguan pendengaran, mereka akan mencoba untuk menerima saja keadaannya. Bahkan, keyakinannya untuk mendapatkan kembali pendengaran yang lebih baik terkadang malah sudah berkurang atau lebih jauh lagi, sudah hilang sama sekali.

Jika alasan seperti ini yang jadi masalah, Anda bisa bertemu dengan orang yang sudah menggunakan alat bantu dengar. Berdisuksilah dengan mereka dan minta untuk menceritakan pengalamannya. Dengan begitu, Anda akan melihat sudut pandang baru yang bisa menguatkan keputusan Anda untuk menggunakan alat bantu dengar.

Bagaimana Rasanya Menggunakan Alat Bantu Dengar?

Ketika menggunakan alat bantu dengar untuk pertama kalinya, Anda tentu akan membutuhkan adaptasi kembali denga suara yang terdengar. Manusia mendengar dengan otak, otak Anda akan terbiasa dengan memori tanpa suara atau sunyi. Sehingga sangat diperlukan adaptasi kembali untuk otak mengenal suara yang saat ini mampu Anda dengar kembali setelah menggunakan alat bantu dengar.

Baca juga : Pendengaran normal VS Mendengar dengan alat bantu dengar

Di sinilah pentingnya seorang profesional pendengaran. Dengan membantu Anda memahami proses rehabilitasi pendengaran dan membantu Anda menetapkan harapan yang sesuai pada berbagai tahap rehabilitasi. Proses adaptasi Anda dengan pendengaran baru akan menjadi pengalaman yang lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan bimbingan para profesional.

Pentingnya Rehabilitasi Pendengaran 

Di Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia, kami menawarkan program terapi dan rehabilitasi bagi pengguna alat bantu dengar agar mudah beradaptasi. Setiap terapi yang kami sediakan akan 100% disesuaikan dengan kebutuhan dan riwayat pendengaran Anda. Konsultan pendengaran akan merancang program latihan yang disesuaikan berdasarkan kemampuan Anda dan berfokus pada area masalah pribadi Anda seperti yang diidentifikasi dalam tes. Program latihan dapat terdiri dari Low Level Training, latihan pemahaman Fonem dan suku kata, serta latihan musik dan membaca.

Beradaptasi dengan alat bantu dengar baru tidak dapat dilakukan hanya dalam waktu semalam. Dibutuhkan kesabaran, usaha, konsistensi dan bimbingan profesional. Harapan yang sesuai akan ditetapkan dan proses untuk kembali mendengar akan menjadi pengalaman indah yang akan mengubah hidup Anda!

Pernahkah Anda enggan mendapatkan alat bantu dengar tetapi sekarang mungkin ingin mencobanya? Hubungi 0800-100-2234 atau klik di sini dan kami akan menghubungkan Anda dengan profesional pendengaran setempat yang dapat menawarkan kepada Anda uji coba dan pendampingan perawatan selama Anda menggunakan alat bantu dengar tersebut.

Sumnber : https://www.starkey.com/blog/2019/03/The-importance-of-aural-rehabilitation

Please rate this

and share :