Perubahan Fungsi Otak Terkait Gangguan Pendengaran Ringan Pada Usia Muda
Uncategorized

Perubahan Fungsi Otak Terkait Gangguan Pendengaran Ringan Pada Usia Muda

No ratings yet.

Penelitian baru dari The Ohio State University telah menemukan bahwa orang-orang muda dengan gangguan pendengaran yang ringan – sesuatu yang bahkan mungkin tidak mereka sadari – menempatkan tuntutan pada otak mereka yang biasanya tidak akan terlihat sampai di kemudian hari.

Berkurangnya sedikit pendengaran, dapat berdampak pada berkurangnya kemampuan kognitif  anak-anak muda tersebut. Pemimpin penelitian Yune Lee, bahkan mengatakan bahwa “Yang paling memprihatinkan, dari fakta kehilangan pendengaran dini di usia muda ini adalah  terbukanya jalan bagi kemungkinan terkena demensia di usia lebih awal.

Selama penelitian, Lee dan rekan-rekannya merekrut pria dan wanita sehat yang memiliki rentang usia antara 18 hingga 41 tahun sehingga mereka dapat memantau aktivitas otak mereka ketika  mereka mendengarkan berbagai kalimat. Struktur kalimat yang diberikan dalam penelitian tersebut sangat bervariasi dengan berbagai tingkat kesulitan karena para peneliti ingin otak 35 peserta tersebut bekerja lebih keras untuk memahami beberapa pesan.

Penelitian asli dirancang untuk melihat perbedaan otak ketika kompleksitas kalimat meningkat – sesuatu yang mungkin dengan penggunaan pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI), teknologi yang memungkinkan para ilmuwan untuk mengukur dan memetakan aktivitas otak.

Tetapi tim peneliti menemukan penemuan yang mengejutkan. Sebelum tes fMRI, para peneliti menguji pendengaran peserta untuk memastikan tidak ada masalah yang akan mengganggu penelitian. Beberapa orang muda memiliki gangguan pendengaran ringan, tetapi tidak ada yang cukup serius untuk mengecualikan mereka dari penelitian.

Dari penelitian tersebut, ternyata, mereka yang memiliki masalah gangguan pendengaran ringan, memiliki hasil fMRI yang tidak terduga. Lee dan rekan-rekannya mengharapkan lebih banyaknya aktivitas otak  di bagian kiri. Tetapi pada subjek dengan gangguan pendengaran ringan, fMRI menunjukkan aktivitas di belahan kanan juga – di korteks frontal kanan, tepatnya.

Menurut Lee sebenarnya “Ini bukan tentang telinga – ini tentang otak, proses kognitif, dan seharusnya hal ini tidak terjadi sampai orang setidaknya berusia lebih dari 50 tahun.

Sebagai bagian dari proses penuaan alami, manusia mulai menggunakan lebih banyak otak frontal kanan mereka untuk memproses bahasa. Tetapi pada orang muda yang sehat, sisi kiri sepenuhnya bertanggung jawab untuk pemahaman bahasa.

“Tapi dalam penelitian kami, orang-orang muda dengan gangguan pendengaran ringan sudah mengalami fenomena ini,” kata Lee. “Otak mereka sudah tahu bahwa persepsi suara tidak seperti biasanya dan sisi frontal cortex kanan mulai mengkompensasi bagian kiri.”

Tidak jelas apa artinya ini bagi orang-orang dengan bertambahnya usia mereka, tetapi Lee mengatakan kekhawatirannya bahwa penggunaan otak frontal cortex kanan terlalu di awal  dalam kehidupan bisa berarti berkurangnya pemahaman pendengaran yang lebih buruk dari usia seharusnya, serta mengkhawatirkan hubungan antara kehilangan pendengaran dan demensia.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang dengan gangguan pendengaran ringan dua kali lebih mungkin mengalami demensia. Dan mereka yang memiliki gangguan pendengaran menengah sampai berat memiliki risiko tiga hingga lima kali lipat,” kata Lee.

“Kami tidak dapat memastikan, tetapi kami menduga bahwa yang terjadi ketika seseorang anak muda mengalami gangguan pendengaran adalah mereka akan  berusaha keras untuk mendengarkan sehingga menguras sumber daya kognitif Anda, dan itu memiliki efek negatif pada pemikiran dan ingatan Anda dan itu pada akhirnya dapat menyebabkan demensia.”

Lee mengatakan orang-orang muda harus memperhatikan kesehatan pendengaran mereka secara serius dan memahami bahwa mungkin ada dampak serius jika mereka tidak melakukannya. Dan penting untuk mengenali bahwa risiko timbul dari eksposur rutin, seperti mendengarkan musik pada pemain portabel dan menghadiri acara musik langsung, katanya.

“Membiarkan proses ini terjadi di awal kehidupan Anda bisa seperti menghabiskan uang pensiun Anda ketika Anda berada di usia 30-an,” kata Lee.

Untuk menghindari adanya masalah di kemudian hari terkait gangguan pendengaran ringan di usia muda, maka ada baiknya Anda mulai memeriksakan kondisi pendengaran Anda sejak dini. Hubungi ABDI sebagai penyedia pusat alat bantu dengar no 1 di Indonesia untuk mengetahui dan memeriksakan pendengaran Anda. Klik di sini, dan dapatkan solusi terkait masalah pendengaran Anda dengan mudah dan efisien.

 

Please rate this

and share :