Tips Berkomunikasi Dengan Penderita Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Tips Berkomunikasi Dengan Penderita Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Ketika kita berbicara dengan penderita gangguan pendengaran, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Hal ini penting untuk diketahui, karena setiap orang dengan gangguan pendengaran, akan menerima respon suara secara berbeda. Agar terjadi sebuah komunikasi yang efektif  dan menghindari potensi terjadinya salah paham di kemudian hari, maka di bawah ini akan kita bahas, beberapa hal yang boleh (harus) dan tidak boleh dilakukan ketika kita berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki gangguan pendengaran.

Hal yang Boleh (Harus) Dilakukan

  • Dapatkan perhatian orang itu sebelum Anda mulai berbicara. Anda bisa menggunakan cara sederhana misalnya dengan memanggil namanya terlebih dulu sehingga mereka tahu mereka harus memperhatikan apa yang akan Anda ucapkan.
  • Biasanya gangguan pendengaran terjadi pada sebagian atau keseluruhan dalam kemampuan menangkap suara. Jika hal ini terjadi secara tidak konsisten di tengah-tengah pembicaraan maka lakukan pengulangan informasi jika diminta dan coba ulangi dengan memberikan lebih banyak informasi tentang topik tersebut.
  • Usahakan untuk berbicara pada jarak yang lebih dekat apalagi jika Anda berada di tempat yang bising. Dengan berbicara pada jarak yang dekat, maka orang tersebut akan lebih jelas mendengarkan suara maupun membaca gerak bibir dan ekspresi wajah Anda.
  • Gunakan ekspresi wajah dan gerakan untuk membantu memudahkan komunikasi.
  • Berikan saran agar mereka menjalani tes pendengaran oleh profesional kesehatan pendengaran. Berilah saran pada orang yang Anda sayangi, tentang pentingnya untuk melakukan pemeriksaan tes pendengaran begitu gejala gangguan pendengaran mulai terlihat.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Jangan mencoba berbicara dengan seseorang yang mengalami gangguan pendengaran dari ruangan yang berbeda karena suara tidak dapat menembus sekat dinding dengan sempurna.
  • Jangan berteriak. Ini akan mengubah suara dan wajah Anda dan dapat membuat proses membaca isyarat dari wajah Anda sulit.
  • Jangan menutup mulut Anda saat bicara.
  • Jangan mengatakan kalimat  “tidak apa-apa.” ketika lawan bicara Anda belum memahami informasi yang Anda sampaikan secara sempurna. Hal ini bisa terkesan meremehkan dan mengecualikan orang dari percakapan ketika mereka hanya mencoba untuk memahami.
  • Jangan bicara ekstra lambat. Hal itu tidak membantu penderita gangguan pendengaran untuk mendengar lebih baik dan dapat membaca gerakan bibir Anda dengan baik.

Beberapa kiat diatas, adalah beberapa hal yang boleh maupun tidak boleh Anda lakukan untuk mengurangi adanya masalah ketika akan berbicara dengan seseorang dengan gangguan pendengaran. Untuk kiat lainnya, hubungi profesional perawatan pendengaran Anda. Jika Anda belum memiliki penyedia perawatan pendengaran, kami dapat membantu Anda untuk menemukan salah  satunya di wilayah terdekat dari tempat tinggal Anda dengan klik di sini.

Please rate this

and share :