menjaga alat bantu dengar
Gangguan Pendengaran

Tips Menjaga Agar Alat Bantu Dengar Anda Aman

No ratings yet.

Menurut sebuah survei hampir setiap orang menghabiskan rata-rata 2,5 hari setiap tahun untuk mencari barang yang hilang seperti remote control, ponsel, kunci mobil, dan kacamata. Dua pertiga dari kita setiap tahun membelanjakan sejumlah uang untuk mengganti barang-barang ini, yang biasanya, biayanya bisa jauh lebih tinggi dari barang yang semula mereka miliki. Sedangkan bagi mereka yang kehilangan alat bantu dengar hal ini tentunya akan sangat merugikan, mengingat harga alat bantu dengar tidaklah murah.

Dr. Melissa Danchak dan tim, dari Audiologi dan Alat Bantu Dengar di Arlington, Texas mengatakan, bahwa mereka biasanya melihat tiga orang atau lebih per bulan yang kehilangan alat bantu dengar mereka.  Klinik Dr Melissa dan tim biasanya mengeluarkan sebanyak 50 unit alat bantu dengar setiap bulan. Pada setiap resep yang dibuatnya, Dr.Melissa Danchak menyertakan saran untuk selalu menjaga dan mengawasi perangkat baru mereka.

Kebiasaan baik untuk menjaga alat bantu dengar adalah kuncinya

Menurut Dr. Melissa “Secara umum, orang kehilangan alat bantu dengar karena mereka tidak mengembangkan rutinitas,”. “Ketika saya mengeluarkan alat bantu dengar, saya pertama-tama mengatakan kepada mereka untuk memakai alat bantu dengar sepanjang waktu mereka terjaga. Jika mereka berada di telinga mereka, mereka cenderung kehilangan mereka. Jika alat bantu dengar ditempatkan di dalam kotak / charger saat dilepas, mereka tidak akan hilang. Mengembangkan kebiasaan yang baik adalah penting untuk mencegah kerugian. ”

Itu berarti mengambil beberapa langkah tambahan, bahkan jika Anda lelah dan ingin tidur siang. Sangat mudah untuk menjatuhkan alat bantu dari meja samping atau konter maupun wastafel. Wanita harus mempertimbangkan menyimpan wadah alat bantu dengar yang dapat  di kenali mereka untuk dimasukkan ke dalam tas atau laci sehingga memudahkan penyimpanan saat tidak di rumah.

Mereka yang tidak mengikuti saran Dr. Melissa sering kehilangan alat bantu dengar — atau menemukannya di tempat-tempat yang paling tidak mungkin.

Menjaga Alat bantu dengar agar tidak disimpan sembarangan

Alat bantu dengar juga diketahui dapat secara tidak sengaja jatuh dari telinga. Seorang pasien memberi tahu Dr. Melissa bahwa dia menemukan alat bantu dengar beberapa bulan kemudian di bagian bawah mesin cuci piringnya, sementara yang lain mengatakan dia menelusuri kembali langkah-langkahnya dan menemukan alat bantu dengarnya di tempat parkir. Hebatnya, kedua unit alat tersebut tidak rusak dan masih dapat bekerja dengan baik.

Dr Melissa juga mengatakan “Hal terbesar yang saya tekankan adalah menempatkan alat bantu dengar di tempat yang aman ketika tidak ada di telinga Anda – terutama jika Anda memiliki anjing. Anda mungkin tidak memiliki anjing, tetapi jika Anda mengunjungi anggota keluarga dan mereka memiliki “Anjing, ingat itu dan berhati-hatilah. Dan pastikan wadah tertutup dengan sangat baik. Anda tidak ingin hewan peliharaan Anda menelan bagian dari alat bantu dengar.”

Awasi baterai Anda juga

Baterai tombol kecil yang ditemukan dalam alat bantu dengar dan banyak perangkat lain dapat terlihat menggoda bagi hewan peliharaan dan anak kecil. Jika Anda menduga seorang anak telah menelan baterai, segera bawa ke klinik layanan kesehatan terdekat. Insiden semacam ini sering terjadi, dengan semakin banyaknya laporan anak-anak yang membutuhkan perawatan medis setelah menelan benda-benda kecil. 

Apa yang harus dilakukan jika Anda kehilangan alat bantu dengar

Tentu saja, bahkan orang yang paling rajin pun bisa kehilangan alat bantu dengar. Jika itu terjadi pada Anda, Dr. Melissa merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan penyedia alat bantu dengar  Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat meminjam alat bantu dengar mereka saat Anda mencari unit yang hilang. 

Setelah membaca artikel diatas, tentunya sekarang Anda memahami bahwa mengembangkan kebiasaan yang baik tentang menyimpan alat bantu dengar Anda sangatlah penting. Anda harus menyimpan dan memastikan bahwa alat tersebut pas  saat digunakan. Anda bisa berbicara dengan profesional kesehatan pendengaran Anda tentang segala masalah yang mungkin Anda alami. Kebiasaan kesehatan pendengaran yang baik dimulai dengan menemukan praktisi kesehatan pendengaran yang dapat Anda percayai dan menjadwalkan evaluasi pendengaran tahunan. Mintalah rujukan ke dokter keluarga Anda atau hubungi no 0800-100-2234 untuk menemukan klinik pendengaran di komunitas Anda.

Please rate this

and share :