Saya Mengalami Gangguan Pendengaran, Apa Yang Harus Dilakukan?
Gangguan Pendengaran

Saya Mengalami Gangguan Pendengaran, Apa Yang Harus Dilakukan?

No ratings yet.

Kebanyakan orang yang mengalami gangguan pendengaran tidak dilahirya dengan gangguan tersebut. Sebaliknya, gangguan pendengaran didapat dan bertambah seiring berjalannya waktu, biasanya disebabkan oleh paparan suara lingkungan yang keras, penuaan, atau kombinasi dari keduanya.

Hasil statistik menunjukkan bahwa gangguan pendengaran pada umumnya meningkat dua kali lipat setiap satu dekade (10 tahun) kehidupan. Hal ini menjelaskan mengapa satu dari tiga orang berusia 65-74 tahun mengalami gangguan pendengaran, hampir setengah dari usia 75 tahun mengalami gangguan pendengaran. Dan empat dari lima orang berusia 85 tahun keatas mengalami gangguan pendengaran.

Dengan kata lain, bagi kebanyakan orang, gangguan pendengaran adalah hal yang normal dan alami. Hanya bagian dari menjalani kehidupan yang panjang dan penuh peristiwa serta pengalaman.

Pada artikel ini, kami akan membahas delapan hal yang harus Anda lakukan jika dan ketika gangguan pendengaran terjadi pada Anda.

1. Periksa Pendengaran Anda

Jika Anda merasa mengalami gangguan pendengaran, baik karena adanya tanda-tanda umum seperti sering meminta pengulangan kata saat percakapan, mengencangkan volume TV, atau karena pasangan, teman, rekan kerja, atau anggota keluarga Anda yang terus mempertanyakan kemampuan pendengaran Anda, maka Anda harus memeriksakan pendengaran Anda.

Anda dapat mengunjungi dokter THT/audiologis/konsultan pendengaran untuk mendapatkan evaluasi pendengaran yang menyeluruh dan pasti. Jika Anda bingung harus kemana atau di mana menemukan audiologis/konsultan pendengaran tepercaya di dekat Anda? Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan ahli kesehatan pendengaran terdekat dengan Anda.

2. Pilih Antara Mengabaikannya…

Jika ternyata Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda punya pilihan, Anda bisa mengabaikannya dan menghadapi tantangannya, atau Anda bisa mengatasinya.

Beberapa dampak dari gangguan pendengaran tidak kentara dan hampir tidak terlihat, seperti saat Anda perlu pengulangan kata, atau kehilangan suara-suara kecil sehari-hari. Tetapi beberapa di antaranya lebih jelas dan berdampak, seperti salah mendengar informasi penting, atau merasa tersisih dari percakapan dan aktivitas.

Sedangkan masalah lainnya bisa merupakan masalah besar yang berkaitan dengan kesehatan, seperti bagaimana gangguan pendengaran dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi, kecemasan, terjatuh, isolasi sosial, dan bahkan demensia.

…atau Memilih Untuk Mengatasinya

Namun dokter dan ilmuwan dari institusi termasuk Johns Hopkins Medicine dan Columbia University telah lama mencatat bahwa dengan mengatasi gangguan pendengaran dapat membantu mengatasi banyak dampak yang dihasilkan dari gangguan pendengatan. Dan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat bantu dengar bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran dapat menurunkan risiko jatuh, depresi, kecemasan dan demensia .

3. Kunjungi Dokter THT/ Pusat Pendengaran Terdekat

Ketika Anda memutuskan untuk mengatasi gangguan pendengaran Anda, Dr. Frank Lin dari Johns Hopkins merekomendasikan untuk segera mengatasinya “segera dari pada terlambat sebelum terjadi perubahan struktural pada otak”. Anda dapat mulai dengan berbicara dengan dokter. Atau temui langsung ahli kesehatan pendengaran, seperti dokter spesialis THT, audiolog, atau konsultan alat bantu dengar.

4. Cari Tahu Penyebab Gangguan Pendengaran Anda

Dengan menemui dokter THT/audiologis/konsultan pendengaran adalah kesempatan untuk mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan Anda tentang gangguan pendengaran Anda. Meskipun tidak semua praktik atau klinik melakukan hal yang persis sama, Anda harus memastikan beberapa prosedur umum saat Anda datang untuk kunjungan pertama.

  • Mengisi form registrasi – termasuk dokumen riwayat kesehatan dan kuesioner pendengaran.
  • Pemeriksaan pendengaran – ini biasanya mencakup inspeksi visual pada telinga dan tes pendengaran.
  • Konfigurasi audiogram – hasil tes pendengaran akan berbentuk audiogram, yaitu grafik yang mengukur gangguan pendengaran Anda.
  • Fitting dan Trial ABD – demonstrasi teknologi dan rekomendasi alat bantu dengar.

5. Minta Untuk Mencoba Alat Bantu Dengar

Jika audiogram menunjukan Anda mengalami gangguan pendengaran, kemungkinan besar alat bantu dengar akan direkomendasikan oleh konsultan pendengaran. Alat bantu dengar sejauh ini merupakan cara paling umum untuk mengatasi gangguan pendengaran, namun tidak dapat menyembuhkan gangguan pendengaran. Alat bantu dengar membantu sebagian besar orang yang memiliki masalah pendengaran, terutama jika alat bantu dengar tersebut dipasang oleh tenaga profesional/konsultan pendengaran yang berpengalaman, dan diprogram serta disesuaikan dengan kebutuhan unik pendengaran dan gaya hidup setiap individu.

Sebagian besar klinik atau tempat pusat pendengaran yang menjual alat bantu dengar menerapkan masa uji coba alat bantu dengar selama 30 hingga 60 hari. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk mencoba alat bantu dengar dan merasakan perbedaan dan pengalaman mendengar yang lebih baik yang dapat Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Disesuaikan Dengan Anda

Alat bantu dengar bukanlah alat yang bisa digunakan untuk semua orang. Itu sebabnya mendapatkannya secara langsung dari profesional berlisensi adalah cara yang tepat. Anda dan konsultan pendengaran akan bekerja sama untuk memilih alat bantu dengar yang tepat untuk Anda, yang akan didasarkan pada banyak faktor termasuk tingkat kehilangan pendengaran Anda, model dan preferensi fitur, seberapa aktif Anda, dan banyak lagi.

Kami menyarankan Anda untuk mencoba sepasang alat bantu dengar Evolv AI, alat bantu dengar dari Starkey yang memiliki suara terbaik dan tercanggih.

7. Rasakan Perbedaan

Setelah Anda mendapatkan alat bantu dengar, manfaatkan masa percobaan ini dan kenakan di rumah, di luar, selama bekerja, sambil menonton TV atau menikmati aktivitas santai, dan di sekitar teman dan orang yang Anda cintai.

Lihat dan alami sendiri mengapa begitu banyak pengguna alat bantu dengar mengatakan bahwa memakai alat bantu dengar mengubah hidup mereka dan betapa mereka berharap gangguan pendengaran mereka bisa ditangani lebih cepat.

8. Mendengar Dan Hidup Lebih Baik!

Kemudian, setelah masa uji coba selesai alat bantu dengar selesai, Anda daoat putuskan sendiri, kembali ke keadaan semula:

Saya Mengalami Gangguan Pendengaran, Apa Yang Harus Dilakukan?

atau…

Saya Mengalami Gangguan Pendengaran, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika gangguan pendengaran membuat dampak yang kurang menyenangkan pada hidup Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan sesuatu.

Hubungi Hotline Service kami 0800 1100 100 atau WhasApp kami 0815 1111 2234. Atau klik tautan ini untuk menemukan audiologis/konsultan pendengaran terdekat dengan Anda.

Sumber:
https://www.starkey.com/blog/articles/2021/03/what-to-do-about-hearing-loss

 

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.