Manfaat Sepasang Alat Bantu Dengar (Binaural)
Alat Bantu Dengar

Manfaat Sepasang Alat Bantu Dengar (Binaural)

No ratings yet.

Satu Atau Dua Alat Bantu Dengar?

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda mungkin bertanya: Haruskah saya menggunakan satu atau dua (sepasang/binaural) alat bantu dengar?

Gangguan Pendengaran Bilateral

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran bilateral (kehilangan pendengaran di kedua telinga), umumnya Anda disarankan untuk menggunakan sepasang/binaural alat bantu dengar. Dengan sepasang alat bantu dengar, Anda akan mendengar lebih baik dan lebih mampu melokalisasi suara. Jika Anda hanya menggunakan satu alat bantu dengar, kurang lebih Anda hanya mendengar dengan satu telinga dan satu sisi otak Anda, sehingga akan sulit untuk mendengar dengan baik dalam banyak situasi dan kesulitan melokalisasi arah datangnya suara.

Saat ini, kebanyakan orang yang mengalami gangguan pendengaran bilateral menggunakan sepasang/binaural alat bantu dengar. Orang yang menggunakan sepasang alat bantu dengar lebih sering menggunakan alat bantu dengar dan menginformasikan dapat mendengar jauh lebih baik dan kepuasan pengguna yang lebih besar daripada mereka yang hanya menggunakan satu alat bantu dengar.

Gangguan Pendengaran Unilateral

Namun jika Anda mengalami gangguan pendengaran unilateral (gangguan pendengaran di salah satu telinga) biasanya Anda hanya membutuhkan alat bantu dengar di telinga yang megalami gangguan dengar saja.

10 Alasan Untuk Memakai Alat Bantu Dengar

Berikut adalah 10 alasan untuk menggunakan alat bantu dengar :

  • Mendengar jauh lebih baik dihampir semua situasi
  • Berhubungan akan menjadi lebih dekat dan mudah dengan kerabat/ anak/ pasangan Anda
  • Lebih baik dalam berkomunikasi dengan orang lain
  • Jauh lebih baik dalam melakukan dan mengikuti percakapan
  • Lebih mampu berpartisipasi dalam pertemuan sosial dan pesta
  • Lebih baik dalam menonton berita, film dan serial di TV serta mendengarkan radio dan musik
  • Menjaga otak tetap bugar dan mengurangi risiko penurunan kognitif
  • Akan memiliki risiko yang lebih rendah dari isolasi sosial, kesepian, dan depresi
  • Secara umum akan memiliki kesehatan mental dan fisik yang lebih baik
  • Anda akan kurang bergantung pada orang lain

Selain itu, Anda juga akan dapat mendengar suara yang mungkin sudah tidak Anda dengar karena gangguan pendengaran dan ketika Anda belum menggunakan alat bantu dengar, seperti kicauan burung, angin di pepohonan, ombak di laut, detak jarum jam, air mengalir dan komputer atau kulkas yang berdengung.

Selalu Pilih Alat Bantu Dengar Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Alat bantu dengar terbaik harus mengimbangi dan disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda sehari-hari. Alat bantu dengar juga harus terasa nyaman dan alami saat digunakan.

Selain itu, alat bantu dengar yang baik membantu memahami pembicaraan dengan menangkap suara di sekitarnya. Oleh karena itu alat bantu dengar tidak hanya harus membantu dalam mendengar di lingkungan yang sunyi, tetapi juga dalam situasi suara yang lebih rumit, di mana ada banyak orang atau ketika ada suara lingkungan yang ramai.

Alat Bantu Dengar Yang Tepat dan Sesuai

Kebutuhan setiap orang berbeda dan oleh karena itu tidak ada satu pun alat bantu dengar yang sempurna untuk semua orang. Gangguan pendengaran selalu bersifat individual dan kebutuhan serta situasi hidup setiap orang berbeda. Yang paling penting adalah menggunakan alat bantu dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gangguan pendengaran Anda. Penting juga untuk beradaptasi dengan alat bantu dengar Anda secepat mungkin.

Oleh karena itu, cara memilih alat bantu dengar akan selalu bergantung pada gangguan pendengaran, masalah pendengaran dan kebutuhan pribadi Anda.

Semua alat bantu dengar baru dari pabrikan yang diakui adalah perangkat berkualitas berdasarkan teknologi digital modern dan semua pabrikan terkemuka menawarkan alat bantu dengar di semua rentang harga. Bahkan perangkat yang paling terjangkau pun menggunakan teknologi modern dan merupakan produk berkualitas.

Jika Anda ingin mengetahui alat bantu dengar mana yang terbaik untuk Anda, Anda harus menghubungi audiolog/ konsultan pendengaran. Klik tautan untuk mendapatkan konsultan terbaik disekitar Anda.

sumber:
https://www.hear-it.org/two-hearing-aids-best
https://www.hear-it.org/main-reasons-for-getting-hearing-aids
https://www.hear-it.org/always-choose-hearing-aids-which-match-your-needs

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.