Menjaga Kesehatan Telinga Bagi Lansia Secara Tepat
Pendengaran

Menjaga Kesehatan Telinga Bagi Lansia Secara Tepat

No ratings yet.

Pentingnya menjaga kesehatan telinga semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Untuk membantu mencegah kondisi lebih serius yang mungkin terjadi, maka melakukan perawatan pendengaran menjadi sangat penting untuk dilakukan. Berikut beberapa cara untuk membantu memastikan telinga orang yang Anda cintai tetap sehat.

Bersihkan Telinga Dengan Tepat

Karena penumpukan kotoran telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, penting untuk menjaga kebersihan telinga orang yang Anda cintai. Perlu diketahui bahwa menggunakan cotton bud di telinga untuk mengeluarkan kotoran dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Yaitu kotoran telinga yang akan semakin terdorong kedalam saluran telinga. Sehingga menghalangi suara yang masuk untuk mencapai gendang telinga.

Sebagai gantinya, bersihkan telinga dengan tisu atau lap kering setiap selesai mandi. Cukup bersihkan bagian lipatan daun telinga dan telinga bagian luar saja. Jika dirasa pendengaran orang tua menjadi cukup berkurang karena adanya penumpukan kotoran telinga. Maka sudah saatnya Anda membawa orang tua Anda untuk mengunjungi dokter THT untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Periksakan Kondisi Telinga Secara Teratur

Memeriksa telinga orang yang Anda cintai secara teratur ke dokter sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga. Seorang dokter dapat melihat kondisi telinga orang tua Anda dan mendeteksi masalah sebelum menjadi lebih serius. Selain pemeriksaan rutin, pastikan orang tua Anda rutin memeriksakan pendengarannya saat ia mulai merasa kurang baik saat mendengar suara percakapan ataupun jika mengalami nyeri atau telinga berdenging.

Hindari Suara Keras 

Suara yang terlalu keras, seperti yang berasal dari stereo atau televisi, dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Menggunakan pelindung telinga dapat membantu mengurangi risiko dari paparan suara keras yang terus menerus. Jika orang tua Anda adalah pengguna alat bantu dengar, maka jangan pernah menaikkan volume alat bantu dengar terlalu tinggi karena dapat merusak pendengarannya.

Hindari Infeksi Telinga

Jika orang tua Anda memiliki hobi berenang maupun menyelam, maka Anda harus memberikan perhatian lebih pada telinganya. Saat telinga penuh dengan air, mereka menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur, yang merupakan penyebab infeksi telinga. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menyediakan swim mold atau penutup telinga saat berenang yang dapat digunakan oleh orang tua Anda. 

Jika orang tua ataupun orang yang Anda cintai membutuhkan bantuan untuk kondisi kesehatan telinganya, hubungi ABDI yang tersebar di Indonesia. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan perawatan pendengaran yang tersedia disini atau hubungi 0800-100-2234 untuk membuat jadwal janji temu dengan profesional perawatan pendengaran kami.

Sumber : https://www.homecareassistancemississauga.ca/maintaining-senior-ear-health/

Please rate this

and share :