Pentingnya Kesehatan Pendengaran yang Baik Bagi Keseimbangan
Pendengaran

Pentingnya Kesehatan Pendengaran yang Baik Bagi Keseimbangan

No ratings yet.

Ketika semua sistem dalam tubuh berfungsi dengan baik maka kesehatan pendengaran dan keseimbangan juga akan dalam kondisi yang baik. Mengapa demikian?

Berjalan dan bergerak tanpa jatuh atau merasa pusing adalah hal yang dapat Anda selesaikan berkat sistem keseimbangan. Terdapat banyak sistem di tubuh, ketika semua itu berfungsi dengan baik maka keseimbangan juga akan dalam kondisi yang baik.

Sistem keseimbangan – juga dikenal sebagai sistem vestibular – adalah sistem yang rumit. Otak bergantung terutama pada informasi dari tiga sumber :

  • Organ vestibular kecil yang terletak di telinga bagian dalam
  • Mata 
  • Sensasi di kaki dan telapak kaki (secara resmi dikenal sebagai proprioception)

Apa Itu Sistem Vestibular

Sistem vestibular membantu kita menjaga keseimbangan, mengorientasikan diri di luar angkasa, dan menavigasi lingkungan kita, jelas Jennifer Stone, PhD, seorang profesor riset otolaryngology – bedah kepala dan leher di University of Washington, selama webinar Hearing Health Foundation pada Oktober 2021 tentang hubungan antara keseimbangan dan kesehatan pendengaran.

“Terdapat lima organ, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Integrasi dari kelima organ inilah yang sangat penting untuk bagaimana sistem vestibular bekerja,” kata Jennifer Stone. Sistem inilah yang memberitahu otak “bagaimana kita berorientasi dalam ruang dan bagaimana kita bergerak.”

Organ Keseimbangan di Telinga Bagian Dalam

  • Tiga saluran setengah lingkaran: Saluran ini diisi dengan cairan. Saat Anda memutar kepala, cairan menyebabkan kupula—struktur seperti layar di ujung kanal—bergerak, menekuk sel-sel rambut, menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD)
  • Dua organ otolit (utrikulus dan sakulus): Di dalam organ-organ ini terdapat batu-batu kecil, yang dikenal sebagai otokonia, yang bergerak sebagai respons terhadap gravitasi. Beginilah cara otak Anda mengetahui apakah Anda sedang berdiri atau berbaring, misalnya. 

Pendengaran dan Keseimbangan Merupakan Bagian Dari Telinga Bagian Dalam

Telinga bagian dalam adalah bagian yang sama dari telinga tempat koklea—organ mirip siput tempat gelombang suara diubah menjadi impuls listrik dan ditransmisikan ke otak—berada. Sistem pendengaran dan organ keseimbangan berbagi jalur saraf ke otak, yang dikenal sebagai saraf vestibulocochlear.

Hubungan antara sistem pendengaran dan vestibular bersifat langsung, tetapi ada pembagiannya juga. Satu bagian didedikasikan untuk pendengaran, bagian lain untuk keseimbangan.

Ini berarti ketika di satu bagian ada yang salah, maka akan mempengaruhi yang lain. Sebagai contoh, jika Anda mengalami pusing dan gangguan pendengaran atau telinga berdenging (tinnitus), bisa jadi ada yang salah dengan telinga bagian dalam.

Orang yang memiliki gangguan pendengaran lebih mungkin mengalami gangguan keseimbangan daripada mereka yang tidak memiliki gangguan pendengaran.

Kondisi yang Mempengaruhi Kesehatan Pendengaran dan Keseimbangan

  • Penyakit Ménière : Penyakit ini menyebabkan pusing, tinitus dan gangguan pendengaran.
  • Neuroma Akustik : Tumor jinak yang tumbuh lambat ini tumbuh di saraf vestibulocochlear, menyebabkan gangguan pendengaran, tinnitus, dan vertigo.
  • Obat-obatan ototoksik : Terdiri dari banyak obat, termasuk antibiotik, obat kemoterapi dan aspirin, yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran dan keseimbangan.
  • Paparan kebisingan yang berkepanjangan: Anda mungkin sangat menyadari bahwa suara keras berbahaya bagi pendengaran. Penelitian juga menunjukkan paparan kebisingan dapat merusak sel-sel dalam sistem vestibular.
  • Penuaan : Seperti disebutkan diatas, semakin tua berarti lebih banyak masalah keseimbangan. Dan tentu saja, hal yang sama berlaku untuk pendengaran. Sepertiga orang dewasa di atas usia 65 tahun mengalami gangguan pendengaran terkait usia.
  • Infeksi : Cytomegalovirus (CMV), Epstein-Barr virus, atau meningitis juga dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan dan fungsi pendengaran.
  • Mutasi genetik : Organ sensorik di telinga bagian dalam, vestibular dan pendengaran, memiliki embrio yang sama, sehingga mutasi gen tunggal dapat mengganggu perkembangan kedua sistem sensorik. Salah satu contohnya adalah neurofibromatosis 2 yang menyebabkan tumor tumbuh pada saraf.

Kapan Harus Periksa Ke Dokter? 

Merasa pusing atau mengalami vertigo bukanlah diagnosis—itu adalah gejalanya, kata Dr. Budenz. Mereka adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Melalui tes, riwayat pasien yang terperinci, dan alat diagnostik lainnya, penyedia layanan kesehatan dapat menentukan penyebab gejala ini.

Tidak apa-apa untuk memulai pemeriksaan dengan dokter umum. Tergantung pada gejalanya, mereka dapat menentukan langkah selanjutnya dan spesialis yang tepat. Pusing mungkin mengindikasikan bahwa harus memeriksakan kondisi jantung untuk menyingkirkan masalah tekanan darah, sementara sakit kepala atau migrain mungkin Anda harus memeriksakan diri ke ahli saraf.

Jika vertigo atau masalah keseimbangan adalah gejala utama, maka memeriksakan diri ke dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) adalah awal yang tepat.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/53282-Explainer-how-hearing-balance-are-connected-auditory-vestibular

Please rate this

and share :