Hari Pendengaran Sedunia 2023: Perawatan Telinga dan Pendengaran Untuk Semua!
Pendengaran

Hari Pendengaran Sedunia 2023: Perawatan Telinga dan Pendengaran Untuk Semua!

No ratings yet.

Perawatan telinga dan pendengaran untuk semua!
Mari kita wujudkan

Hari Pendengaran Sedunia/ World Hearing Day yang ditetapkan pada tanggal 3 Maret setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran tentang cara mencegah ketulian dan gangguan pendengaran serta mempromosikan perawatan telinga dan pendengaran di seluruh dunia. Setiap tahun, World Health Organization (WHO) memutuskan tema dan mengembangkan materi advokasi berbasis bukti seperti brosur, pamflet, poster, spanduk, infografis, dan presentasi. Materi ini dibagikan dengan mitra di pemerintahan dan masyarakat sipil di seluruh dunia serta kantor regional dan negara WHO.

Di kantor pusatnya di Jenewa, WHO menyelenggarakan acara tahunan Hari Pendengaran Sedunia/ World Hearing Day. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak negara anggota dan lembaga mitra lainnya yang bergabung dengan Hari Pendengaran Sedunia/ World Hearing Day dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara di negara mereka. WHO mengundang semua pemangku kepentingan untuk bergabung dalam inisiatif global ini.

Hari Pendengaran Sedunia/ World Hearing Day 2023 akan berfokus pada pentingnya mengintegrasikan perawatan telinga dan pendengaran dalam perawatan primer, sebagai komponen penting dari cakupan kesehatan universal.

Tujuan utama

  • Masalah telinga dan pendengaran merupakan salah satu masalah yang paling sering ditemui di masyarakat.
  • Lebih dari 60% masalah telinga dan pendengaran dapat diidentifikasi dan ditangani di tingkat perawatan primer.
  • Integrasi perawatan telinga dan pendengaran ke dalam layanan perawatan primer dimungkinkan melalui pelatihan dan pembangunan kapasitas pada tingkat ini.
  • Integrasi semacam itu akan bermanfaat bagi masyarakat dan membantu negara bergerak menuju tujuan cakupan kesehatan universal.

Pada hari ini, World Health Organization (WHO) akan meluncurkan petunjuk manual pelatihan baru yaitu, Manual pelatihan perawatan telinga dan pendengaran primer. Petunjuk manual ini akan disertai dengan buku pegangan pelatihan dan sumber daya komunitas lainnya.

Tujuan Komunikasi

Dengan tema ini, tujuan komunikasi adalah mencakup untuk:

1. Mencari Dukungan

Tarik perhatian para pengambil keputusan di pemerintah dan kelompok masyarakat sipil terhadap rekomendasi WHO mengenai integrasi perawatan telinga dan pendengaran ke dalam Primary Heatlh Care (PHC).

2. Bantuan Penyedia

Mendorong pemerintah untuk mengintegrasikan perawatan telinga dan pendengaran primer kedalam program pelatihan untuk penyedia layanan kesehatan di tingkat dasar.

3. Dukungan Dari Penyedia Layanan

Minta perhatian penyedia layanan kesehatan tingkat dasar (tenaga kesehatan dan dokter) terhadap kebutuhan orang dengan gangguan pendengaran dan penyakit telinga.

4. Beri Tahu yang Lainnya

Beri tahu orang-orang tentang pentingnya perawatan telinga dan pendengaran serta mendorong mereka untuk mencari layanan.

Mari wujudkan kepedulian telinga dan pendengaran untuk semua

Source:
https://www.who.int/campaigns/world-hearing-day/2023

Please rate this

and share :