mendengar
Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Macam-Macam Profesional Pendengaran

No ratings yet.

Cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang pendengaran disebut dengan audilogi. Jadi, secara teknis, seorang dokter spesialis pendengaran adalah dokter audiologi atau yang sering kita dengar dengan sebutan “audiolog”. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tidak semua audiolog adalah dokter audiologi. Seorang audiolog adalah seorang profesional perawatan kesehatan berlisensi yang tugasnya khusus untuk mendiagnosis dan memberikan solusi untuk gangguan pendengaran, keseimbangan tubuh, dan  tinnitus atau telinga berdenging. Umumnya, seorang audiolog minimal sudah memiliki gelar master. Namun tidak sedikit juga yang memperdalam ilmunya untuk memperoleh gelar doktor (Au.D). Setelah melalui tahap doktoral ini, barulah ia kemudian menjadi dokter audilogi atau dokter spesialis pendengaran.

Dalam praktik medis, seorang audiolog dianggap sebagai dokter spesialis pendengaran. Ini sebagaimana ketika Anda menemukan spesialis di bidang lain seperti dokter spesialis jantung, spesialis kulit, spesiali penyakit dalam, dan lain sebagainya. Bahkan ternyata, ada lebih banyak audiolog dari pada dokter spesialis di klinik-klinik pendengaran.

Ada lebih dari satu pilihan

Ketika Anda sedang mencari tahu ingin menemui seorang audiolog atau dokter spesialis pendengaran, Anda mungkin menemukan opsi seorang spesialis alat bantu dengar yang tidak bergelar master maupun doktor. Seorang spesialis alat bantu dengar adalah siapapun yang telah menyelesaikan persyaratan klinis yang telah ditetapkan oleh negara, berhasil lulus dalam ujian yang ditetapkan negara, dan sudah memiliki sertifikat yang mengijinkan untuk menyediakan dan memasang alat bantu dengar sebagai solusi pasien.

Seseorang juga bisa saja menemui seorang dokter THT yakni dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan. Namun, pemeriksaan yang mampu dilakukan ini tergantung dari penyebab dan tingkat keparahan gangguan pendengaran yang dialami. Otolaryngologist adalah dokter yang biasanya mengatasi gangguan pendengaran dengan tingkatan yang sudah sangat parah dan membutuhkan operasi atau implan koklea. Jika solusi yang dibutuhkan hanya sebatas konseling atau pemakaian alat bantu dengar, maka seorang otolaryngologist akan merekomendasikan pasien ke audiolog.

Temukan profesional pendengaran yang baik dan tepat

Seperti dalam industri apa pun, dokter pendengaran juga ada yang bagus dan tidak. Pengetahuan mereka tentang alat bantu dengar dan pendengaran, profesionalisme mereka, dan tingkat kepercayaan Anda pada mereka sebenarnya jauh lebih penting dari gelar praktisi yang mereka miliki.

Dengan begitu banyak pilihan tersebut, menemukan dokter yang bagus dan tepat mungkin agak sedikit sulit. Ijinkan Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 untuk membantu Anda menemukan seorang profesional pendengaran yang sudah bersertifikat dan berpengalaman untuk memberikan solusi tepat sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Please rate this

and share :