Tips Mengatasi Kehilangan Pendengaran 2020
Gangguan Pendengaran

Tips Mengatasi Kehilangan Pendengaran 2020

5/5 (1)

Kehilangan pendengaran atau yang juga dikenal sebagai gangguan pendengaran, adalah ketidakmampuan sebagian atau total untuk mendengar.  Seseorang yang tuli hanya memiliki sedikit pendengaran. Kehilangan pendengaran dapat terjadi pada satu atau kedua telinga. Pada anak-anak, masalah pendengaran dapat mempengaruhi kemampuan untuk belajar bahasa lisan dan pada orang dewasa dapat menimbulkan kesulitan dengan interaksi sosial dan di tempat kerja. Pada beberapa orang, terutama orang tua, kehilangan pendengaran dapat menyebabkan kesepian. Gangguan pendengaran bisa bersifat sementara atau permanen.

Kehilangan pendengaran mungkin disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk: genetika, penuaan, paparan kebisingan, beberapa infeksi, komplikasi kelahiran, trauma pada telinga, dan obat-obatan atau racun tertentu. Kondisi umum yang menyebabkan gangguan pendengaran adalah infeksi telinga kronis. Infeksi tertentu selama kehamilan, seperti cytomegalovirus, sifilis dan rubella, juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada anak. Kehilangan pendengaran didiagnosis ketika tes pendengaran menemukan bahwa seseorang tidak dapat mendengar 25 desibel di setidaknya satu telinga. Tes untuk pendengaran yang buruk direkomendasikan untuk semua bayi yang baru lahir. Gangguan pendengaran dapat dikategorikan sebagai ringan (25 hingga 40 dB), sedang (41 hingga 55 dB), sedang-berat (56 hingga 70 dB), parah (71 hingga 90 dB), atau mendalam (lebih besar dari 90 dB). Ada tiga jenis utama gangguan pendengaran: gangguan pendengaran konduktif, gangguan pendengaran sensorineural, dan gangguan pendengaran campuran.

Pengobatan

Jika Anda memiliki masalah pendengaran, bantuan tersedia. Perawatan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda.

Pilihan Pengobatan

Menghapus penyumbatan kotoran telinga. Penyumbatan kotoran telinga adalah penyebab reversibel gangguan pendengaran. Dokter Anda dapat menghilangkan kotoran telinga menggunakan penyedotan atau alat kecil dengan lingkaran di ujungnya.

Prosedur operasi. Beberapa jenis gangguan pendengaran dapat diobati dengan operasi, termasuk kelainan gendang telinga atau tulang pendengaran (ossicles). Jika Anda memiliki infeksi berulang dengan cairan persisten, dokter Anda mungkin memasukkan tabung kecil yang membantu telinga Anda mengering.

Alat bantu Dengar. Jika gangguan pendengaran Anda disebabkan oleh kerusakan pada telinga bagian dalam Anda, alat bantu dengar dapat membantu. Seorang audiolog dapat mendiskusikan dengan Anda manfaat potensial alat bantu dengar yang cocok dengan perangkat Anda. Implan koklea. Jika Anda memiliki gangguan pendengaran yang lebih parah dan mendapatkan manfaat terbatas dari alat bantu dengar konvensional, maka implan koklea bisa menjadi pilihan. Tidak seperti alat bantu dengar yang menguatkan suara dan mengarahkannya ke saluran telinga Anda, implan koklea memotong bagian yang rusak atau tidak berfungsi di telinga bagian dalam Anda dan secara langsung merangsang saraf pendengaran. Seorang ahli audiologi, bersama dengan seorang dokter medis yang berspesialisasi dalam gangguan telinga, hidung dan tenggorokan (THT), dapat membahas risiko dan manfaatnya 

Mengatasi dan Mendukung Situasi Kehilangan Pendengaran

Kiat-kiat ini dapat membantu Anda berkomunikasi dengan lebih mudah meskipun mengalami gangguan pendengaran:

  • Beri tahu teman dan keluarga Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran.
  • Posisikan diri Anda untuk mendengar. Hadapi orang yang Anda ajak bicara.
  • Matikan suara latar. Misalnya, kebisingan dari televisi dapat mengganggu percakapan.
  • Mintalah orang lain untuk berbicara dengan jelas, tetapi jangan lebih keras. Kebanyakan orang akan sangat membantu jika mereka tahu Anda kesulitan mendengarnya.
  • Cobalah untuk mendapatkan perhatian orang lain sebelum berbicara. Hindari mencoba berkomunikasi dengan seseorang di ruangan yang berbeda.
  • Pilih pengaturan yang tenang. Di tempat umum, pilih tempat untuk berbicara yang jauh dari daerah bising.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan alat bantu dengar. Perangkat pendengaran, seperti sistem mendengarkan TV atau perangkat yang memperkuat telepon, aplikasi smartphone atau tablet, dan sistem sirkuit tertutup di tempat umum dapat membantu Anda mendengar lebih baik sambil mengurangi suara-suara lain di sekitar Anda.

Buatlah Jadwal Pemeriksaan

Jika Anda curiga mungkin mengalami gangguan pendengaran, hubungi dokter Anda. Setelah evaluasi awal, dokter Anda dapat merujuk Anda ke spesialis pendengaran (audiologis).

Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan janji temu. Apa yang bisa kamu lakukan?

  • Tuliskan gejala Anda dan berapa lama Anda mengalaminya. Apakah gangguan pendengaran ada di satu telinga atau keduanya?
  • Minta teman dan keluarga untuk membantu Anda membuat daftar. Mereka mungkin telah memperhatikan perubahan yang tidak jelas bagi Anda, tetapi perubahan itu mungkin penting untuk diketahui dokter Anda.
  • Tuliskan informasi medis utama, terutama yang berkaitan dengan masalah telinga. Sertakan infeksi kronis, cedera pada telinga Anda atau operasi telinga sebelumnya. Juga daftarkan obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Ringkaslah riwayat pekerjaan Anda, termasuk pekerjaan apa pun, bahkan yang ada di masa lalu, yang membuat Anda terkena tingkat kebisingan yang tinggi.
  • Ajak anggota keluarga atau teman. Seseorang yang menemani Anda dapat membantu Anda mengingat semua informasi dari dokter Anda.
  • Tuliskan pertanyaan untuk dokter Anda.

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hearing-loss/diagnosis-treatment/drc-20373077

Please rate this

and share :