Ketahui Cara Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik Untuk Anda
Alat Bantu Dengar

Ketahui Cara Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik Untuk Anda

No ratings yet.

Jika Anda sering mengikuti berita seputar pendengaran dan alat bantu dengar terbaik, ada kemungkinan besar Anda akan segera menyadari ketika pendengaran Anda terganggu. Alat bantu dengar dapat meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Saat ini alat bantu dengar telah berubah menjadi seperti komputer mini yang Anda gunakan kemana saja. Dengan perangkat ini, frekuensi suara yang Anda dengar akan ditingkatkan dan diperkuat. 

Cara Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik

Berikut akan kami bagikan empat cara memilih alat bantu dengar terbaik yang tepat untuk Anda.

Kunjungi Audiolog atau Ahli Pendengaran

Anda tentu ingin menjalani pemeriksaan pendengaran secara menyeluruh sebelum membeli alat bantu dengar. Audiolog adalah seorang profesional pendengaran terlatih yang melakukan pemeriksaan pada telinga Anda. Diikuti dengan beberapa tes pendengaran yang diperlukan. Hasilnya akan dievaluasi alasan mengapa pendengaran Anda menurun. Sehingga audiolog dapat menentukan cara terbaik untuk mengatasi masalah pendengaran Anda dan apa saja yang Anda butuhkan untuk pendengaran yang lebih baik.

Ketahui Berbagai Model Alat Bantu Dengar

Terdapat empat model alat bantu dengar dengan kelebihannnya masing-masing. Diantaranya adalah alat bantu dengar model ; complete-in-canal (CIC), in-the-canal (ITC), in-the-ear (ITE) dan behind-the-ear (BTE). Perangkat pertama, CIC, ukurannya sangat kecil sehingga berada di dalam liang telinga dan tidak terlihat saat digunakan. Model ITC dan ITE berada di bagian dalam telinga. Perangkat model ini menawarkan lebih banyak fitur (karena ukurannya lebih besar dibanding CIC). Alat bantu dengar BTE mungkin yang paling familiar – alat ini digunakan di belakang telinga dengan selang yang melewati bagian atas telinga. Di bagian ujungnya adalah mikrofon yang dimasukkan ke dalam liang telinga. Setiap gaya menawarkan manfaat dan audiolog dapat menjelasan detailnya dengan Anda.

Sesuaikan dengan Gaya Hidup Anda

Jenis alat bantu dengar yang berbeda-beda memiliki banyak fitur yang mungkin bermanfaat pada gaya hidup Anda. Diantaranya seperti directional microphone, kontrol volume otomatis, peredam kebisingan dan feedback, serta baterai yang tahan lama. Terdapat fitur tambahan yang dapat membantu pekerjaan atau hobi. Seperti alat bantu dengar tahan air, streaming nirkabel untuk menghubungkan ke ponsel dan pemutar musik digital, atau generator suara untuk membantu mengatasi tinnitus (telinga berdenging).

Perhatikan Biaya

Alat bantu dengar merupakan investasi penting. Ada alasan yang sangat bagus untuk biaya tersebut, terutama jika Anda ingin semua fitur canggih yang tersedia untuk meningkatkan pendengaran Anda. Audiolog siap membantu menemukan alat bantu dengar yang sesuai dengan anggaran Anda. Bersikaplah terus terang dan jujur tentang berapa banyak anggaran yang Anda miliki. Mungkin ada fitur yang lebih Anda butuhkan. Di ABDI menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu kredit dengan cicilan 0%. Selain itu juga masih ada berbagai penawaran menarik yang bisa Anda pilih sendiri sesuai kebutuhan Anda.

Empat tips ini dapat membantu Anda memilih alat bantu dengar yang tepat sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda. Teman dan keluarga juga merupakan sumber informasi yang baik. Ingat, audiolog akan merekomendasikan alat bantu dengar terbaik untuk kebutuhan pendengaran dan memberikan informasi cara merawat dan membersihkan perangkat. Audiolog akan selalu bersedia untuk menjawab pertanyaan Anda.

Sumber : https://scentmd.com/blog/4-tips-to-help-choose-the-right-hearing-aid

Please rate this

and share :