Tips Diet untuk Meringankan Penyakit Meniere
Pendengaran

Tips Diet untuk Meringankan Penyakit Meniere

5/5 (2)

Penyakit Meniere adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang dapat menyebabkan pusing (vertigo) dan gangguan pendengaran. Dalam kebanyakan kasus, penyakit Meniere hanya mempengaruhi satu telinga.

Penyakit Meniere dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi biasanya dimulai antara usia muda dan paruh baya. Penyakit Ini bisa dikatakan masuk dalam kategori sebagai kondisi kronis, tetapi berbagai perawatan dan penggunaan alat bantu dengar, dapat membantu meringankan gejala dan meminimalkan dampak jangka panjang pada hidup Anda.

Gejala Penyakit Meniere

Tanda dan gejala penyakit Meniere meliputi:

Vertigo berulang. Anda memiliki sensasi berputar yang dimulai dan berhenti secara spontan. Episode vertigo terjadi tanpa peringatan dan biasanya berlangsung 20 menit hingga beberapa jam, tetapi tidak lebih dari 24 jam. Vertigo yang parah dapat menyebabkan mual.

Gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran pada penyakit Meniere mungkin datang dan pergi, terutama sejak dini. Akhirnya, kebanyakan orang mengalami gangguan pendengaran permanen.

Dering di telinga (tinnitus). Tinnitus adalah persepsi bunyi dering, mendengung, menderu, bersiul atau mendesis di telinga Anda.

Perasaan penuh di telinga. Orang dengan penyakit Meniere sering merasakan tekanan pada telinga yang terpengaruh (aural fullness).

Setelah itu tanda dan gejala dapat membaik dan mungkin hilang seluruhnya untuk sementara waktu. Seiring waktu, frekuensi gejala dapat berkurang.

Peran Diet Untuk Penyakit Meniere

Penyakit Meniere diduga disebabkan oleh masalah cairan di telinga bagian dalam. Dengan mengendalikan cairan di telinga bagian dalam dengan diet, kita dapat mengurangi gejala.

Cara Diet yang Dianjurkan

  • Makan secara konsisten sepanjang hari. Jangan pergi lebih dari 4 jam tanpa makan. Batasi atau hindari alkohol.
  • Batasi kafein. Hindari hal-hal seperti kopi, teh, soda, minuman berenergi, coklat, dan pil diet. Kafein akan merangsang sistem saraf dan membuat migrain dan tinitus bertambah buruk.
  • Makan diet rendah sodium. Sodium menyebabkan retensi cairan dan dapat membuat gejala Anda lebih buruk di telinga bagian dalam Anda.
  • Hindari MSG (monoSODIUM glutamate) – yang merupakan bentuk natrium yang merupakan pemicu migrain yang umum. Makanan umum yang mengandung MSG termasuk makanan Asia, mie Ramen, dan bumbu Aksen.
  • Diet rendah natrium- Batas 2.000 mg natrium dapat membantu meringankan gejala, tetapi beberapa orang perlu membatasi asupan natrium hingga 1500 mg. Jika batas ini tidak membantu, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tips Mengurangi Natrium

Baca label nutrisi. Ketahui berapa banyak natrium dalam makanan Anda. Bagaimana jika makanan Anda tidak memiliki label? Cari fakta nutrisi secara online.

Pikirkan kembali bumbu yang Anda pakai dengan cara:

  • Tambahkan sedikit garam saja pada masakan. Sedikit saja garam sama dengan 600 mg natrium.
  • Pilihan bumbu bebas natrium adalah yang terbaik.
  • Menjadi kreatif dengan menggunakan air kaldu atau perasa alami dari buah untuk menambah citarasa masakan.

Tips untuk mengurangi natrium ketika makan di luar

  • Periksa fakta nutrisi sebelum Anda pergi . pastikan Anda memiliki informasi yang cukup tentang jumlah nutrisi dari makanan yang akan Anda beli. Carilah informasi melalui internet, dan sesuaikan kebutuhan nutrisi tersebut dengan kebutuhan kesehatan Anda.
  • Kurangi porsi makan. Porsi restoran seringkali jauh lebih banyak daripada yang kita butuhkan. Mengkonsumsi hanya sebagian makanan Anda dapat membantu mengurangi jumlah natrium yang Anda konsumsi. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memesan menu dalam jumlah kecil.
  • Minta untuk menghilangkan saus atau memintanya secara terpisah.  Saus mengandung natrium dan paling baik jika dihindari terutama jika Anda tidak tahu kandungan natriumnya. Mintalah irisan lemon, jeruk nipis, atau jeruk, minyak, cuka, lada (hitam atau merah) untuk membantu memberi rasa.
  • Pasangkan makanan dengan buah-buahan dan sayuran segar (tanpa saus) yang dikenal sebagai sodium rendah.

Gunakan Alat Bantu Dengar

Ketika dokter sudah memutuskan bahwa Anda terkena gangguan pendengaran karena penyakit meniere maka salah satu hal yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif adalah penggunaan alat bantu dengar. Alat bantu dengar akan memberi Anda cara untuk  mengatasi sindrom meniere yang terjadi akibat gangguan pendengaran. Hubungi audiolog atau tenaga kesehatan perawatan pendengaran terdekat di kota Anda. Diskusikan tentang masalah alat bantu dengar untuk membantu Anda mengatasi meniere.

Sumber : https://muschealth.org/medical-services/ent/otology/vertigo/eating-well

Please rate this

and share :