Menjaga Kesehatan Pendengaran Dengan 5 Langkah Mudah
Pendengaran

Menjaga Kesehatan Pendengaran Dengan 5 Langkah Mudah

No ratings yet.

Setiap hari, ribuan orang di seluruh dunia didiagnosis menderita gangguan pendengaran. Meskipun usia dan kondisi kesehatan dapat mempengaruhi pendengaran,  Anda dapat mencegah kerusakan yang tidak perlu. Dari pelatihan musik hingga kebersihan pribadi, beberapa langkah sederhana ini dapat membuat pendengaran Anda tetap dalam kondisi prima dan sehat.

Cara Menjaga Kesehatan  Pendengaran

Belajar Membuat Musik

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pelatihan musik sebenarnya dapat mencegah gangguan pendengaran terkait usia. Jika Anda belum pernah melihat instrumen seumur hidup Anda, jangan putus asa: melodi datang secara alami kepada manusia, dan bahkan orang dewasa yang lebih tua dapat mencegah gangguan pendengaran melalui pelatihan musik.

Jangan Menggunakan Cotton Bud

Cotton bud mungkin terlihat halus dan ramah, tetapi jangan tertipu. Meskipun Anda mungkin berpikir penyeka kecil ini membersihkan telinga Anda, mereka sebenarnya merusaknya. Penyeka kapas mendorong kotoran telinga jauh ke dalam kanal Anda, berpotensi menyebabkan kerusakan. Selain itu, meskipun kotoran telinga tidak terlalu cantik, sangat membantu untuk melindungi telinga Anda. Pembersihan secara terus menerus menghilangkan lilin dan membuat telinga Anda rentan terhadap infeksi, secara efektif menghindari pemeliharaan pendengaran yang benar-benar sehat!

Makan Sehat, Kurangi Stres dan Jauhi Obat Ototoksik

Kurangi tingkat stres dan kecemasan Anda dan dapatkan istirahat yang cukup. Kurangi asupan alkohol dan stimulan saraf (misalnya kafein), serta zat toxic sehari-hari lainnya seperti Nikotin. Juga, pastikan Anda menjaga diet sehat antioksidan, Vitamin D, Magnesium dan Seng, untuk menjaga pendengaran sehat itu !

Lindungi Telinga Anda

Saat Anda membaca atau menggunakan komputer dalam waktu lama, kemungkinan Anda beristirahat dan mengistirahatkan mata. Premis yang sama bekerja untuk telinga Anda. Setelah situasi yang sangat keras atau bising, seperti konser, lokasi konstruksi atau salon rambut, cari tempat yang tenang dan istirahatkan telinga Anda. Jika Anda kesulitan menemukan oasis yang sunyi, bawa sangkutan telinga atau headphone pengisolasi suara. Dengan cara ini Anda dapat istirahat sejenak kapanpun Anda butuhkan.

Kurangi Penggunaan Headphone

Headphone adalah penemuan luar biasa yang memungkinkan kita membawa musik yang sangat kita sukai. Namun, kebiasaan headphone yang tidak sehat mungkin akan menyakiti telinga Anda dalam jangka panjang. Orang-orang mungkin lebih meningkatkan volume musik dengan headphone, untuk menghilangkan kebisingan sekitar. Ketika musik terus diputar, pendengar menjadi kurang sensitif terhadap volume yang keras. Dengan demikian, membatasi volume maksimum Anda dapat menjaga perangkat musik portable dari merusak pendengaran Anda.

Jika memungkinkan, pilih headphone peredam bising daripada in-ear buds (seperti yang datang dengan iPod) atau jenis penutup telinga biasa. Headphone peredam bising membantu Anda mendengarkan musik tanpa mengubahnya ke level berbahaya.Dengan melakukan lima kebiasaan ini, sama hal nya Anda sedang berinvestasi untuk memiliki pendengaran yang sehat . 

Jangan lupa, meskipun pendengaran kita terlihat sehat, namun ada kalanya kita perlu melakukan pemeriksaan dan tes pendengaran secara teratur. Buatlah janji dengan audiolog atau pakar kesehatan pendengaran untuk mendapatkan tes kesehatan, dan diskusikan kondisi kesehatan pendengaran anda secara menyeluruh.

Dengan melakukan tes kesehatan secara awal, Anda akan mengetahui jika ada masalah dengan pendengaran Anda sedini mungkin.dan masalah pendengaran yang diatasi sejak dini,akan mencegahnya untuk semakin memburuk di kemudian hari.

Sumber : https://www.audicus.com/five-easy-steps-to-healthy-hearing/

Please rate this

and share :