Hubungan Antara Osteoporosis dan Gangguan Pendengaran Mendadak
Gangguan Pendengaran

Hubungan Antara Osteoporosis dan Gangguan Pendengaran

3/5 (1)

Jika Anda menderita osteoporosis atau memiliki kepadatan tulang yang rendah, pastikan untuk melakukan pemeriksaan pendengaran secara teratur. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa osteoporosis dan gangguan pendengaran tersebut sangat terkait.

Baru-baru ini, tahun 2021 diterbitkan dalam Journal of American Geriatric Society menunjukkan bahwa risiko gangguan pendengaran 40 persen lebih tinggi pada wanita dengan kepadatan tulang rendah atau osteoporosis. Studi tersebut merupakan analisis data dari 144.000 wanita yang berpartisipasi dalam Studi Kesehatan Perawat, yang telah melacak faktor penentu kesehatan untuk berbagai kondisi selama bertahun-tahun.

Menariknya, mengonsumsi obat osteoporosis yang dikenal sebagai bifosfonat tampaknya tidak menurunkan risiko gangguan pendengaran, tetapi peneliti mengatakan diperlukan lebih banyak data sebelum mengetahui dampak yang sebenarnya.

Osteoporosis terjadi ketika tulang rusak lebih cepat daripada yang dapat diganti oleh tubuh, membuat seseorang berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang. Siapa pun dapat mengembangkannya, meskipun paling sering terjadi pada wanita Asia dan kulit putih.

Gangguan pendengaran, sementara itu, adalah salah satu kondisi paling umum yang mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua. Paparan kebisingan adalah faktor risiko utama, bersamaan dengan bertambahnya usia. Namun, beberapa kondisi kesehatan termasuk diabetes, penyakit jantung dan anemia dapat menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi, tetapi ada banyak lainnya penyebab gangguan pendengaran, juga.

Mengapa gangguan pendengaran dan osteoporosis terkait?

Mengapa kepadatan tulang yang berkurang dapat menyebabkan gangguan pendengaran? Para peneliti belum mengetahui secara pasti, namun bisa jadi tulang-tulang kecil yang terlibat dalam pendengaran mengalami demineralisasi, artinya menjadi lemah. Seperti yang kami jelaskan di primer kami bagaimana kita mendengar, tulang-tulang kecil ini sangat penting untuk pendengaran. Osteoporosis juga dapat mempengaruhi tulang yang melindungi saraf dan struktur yang terlibat dalam pendengaran, terletak di dalam koklea.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami nuansa koneksi, menjadi sangat jelas bahwa keduanya terkait erat. Artinya: Jika Anda memiliki kepadatan tulang yang rendah, osteoporosis, atau riwayat patah tulang, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami gangguan pendengaran. Artinya, penting untuk melakukan pemeriksaan pendengaran secara teratur—permulaan gangguan pendengaran bisa terjadi secara bertahap sehingga Anda mungkin tidak menyadarinya, dan bertanya-tanya mengapa semua orang terus bergumam. Semakin lama Anda menunggu untuk mengobati gangguan pendengaran, semakin sulit untuk mengatasinya alat bantu Dengar.

Anda juga harus mengurangi paparan kebisingan dan mengetahui cara-cara penting untuk melakukannya mencegah gangguan pendengaran.

Gangguan pendengaran mendadak pada penderita osteporosis

Koneksi tidak berakhir di sana. Meski jauh lebih jarang, kehilangan pendengaran secara tiba-tiba juga lebih sering terjadi pada orang dengan kepadatan tulang rendah dan osteoporosis, sebuah studi Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism 2015 menunjukkan.

Gangguan pendengaran yang tiba-tiba persis seperti yang terdengar; gangguan pendengaran, biasanya hanya pada satu telinga, yang terjadi sekaligus atau dalam rentang waktu beberapa hari. Hampir semua gangguan pendengaran mendadak adalah “idiopatik,” artinya penyebab tidak pernah diketahui. Tetapi untuk sejumlah kecil kasus di mana penyebabnya ditentukan, kaitannya dengan osteoporosis merupakan temuan yang signifikan.

Meskipun penelitian tidak dapat membuktikan sebab dan akibat, hal itu mengkonfirmasi adanya hubungan antara kedua kondisi tersebut. Teori tentang timbulnya gangguan pendengaran mendadak termasuk keterlibatan kardiovaskular atau serebrovaskular serta demineralisasi tulang, peradangan dan disfungsi endotel (masalah dengan lapisan pembuluh darah).

Osteoporosis, jatuh, dan gangguan pendengaran

Orang dengan osteoporosis lebih cenderung mengalami patah tulang parah jika jatuh. Dan orang dengan gangguan pendengaran lebih cenderung mengalami risiko jatuh. Artinya, seseorang yang memiliki kedua kondisi tersebut harus mengikuti rekomendasi dokternya dan mengatasi gangguan pendengarannya.

 

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52464-New-study-shows-a-link-between-osteoporosis-and-sudden-hearing-loss

Please rate this

and share :