Awas! Sleep Apnea Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Awas! Sleep Apnea Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Sebuah penelitian terhadap hampir 14.000 orang telah menemukan bahwa gangguan pendengaran lebih umum diantara mereka yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi, mendengkur dan menderita sleep apnea yang parah. Peserta penelitian menerima pengujian sleep apnea di rumah dan pengujian audiometri di tempat. 

Studi lain yang jauh lebih kecil menemukan bahwa di antara orang-orang dengan masalah sleep apnea obstruktif berat, dengan tingkat oksigen terendah, jauh lebih mungkin memiliki gangguan pendengaran

Apa Itu Sleep Apnea?

Ada beberapa jenis sleep apnea, tetapi  jenis yang paling umum adalah obstructive sleep apnea (OSA). Jenis sleep apnea ini muncul ketika otot dan jaringan di sekitar jalan napas seseorang menjadi rileks dan menghalangi pernapasan. Ini menyebabkan seseorang mendengkur dan sering bangun, kehabisan nafas. Gejala termasuk mendengkur, terengah-engah atau tersedak saat tidur. Kantuk di siang hari, sakit kepala di pagi hari, lekas marah, masalah belajar atau memori, perubahan suasana hati, dan tenggorokan kering saat bangun di pagi hari. Sleep apnea harus dirawat, karena tidak hanya menyebabkan kelelahan, tetapi juga dapat menegangkan otot  jantung dan meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Bagaimana Sleep Apnea Mempengaruhi Gangguan Pendengaran?

Tidak diketahui pasti apakah sleep apnea secara langsung dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Namun, sleep apnea dapat mengurangi aliran darah ke telinga. Yang membutuhkan pasokan darah yang sehat untuk bekerja dengan baik. Selain itu, mendengkur keras selama bertahun-tahun dapat merusak sel-sel rambut sensitif telinga secara permanen. Mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural.

Profesional kesehatan pendengaran telah mengetahui selama beberapa waktu bahwa masalah peredaran darah dapat menyebabkan masalah pendengaran. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki penyakit jantung lebih dari 50 persen lebih mungkin memiliki beberapa jenis masalah pendengaran. Menurut American Diabetes Association, pasien dengan diabetes dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran . Dibandingkan mereka yang tidak. Perokok lebih mungkin mengembangkan gangguan pendengaran karena kebiasaan itu menguras kadar oksigen di telinga bagian dalam. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati juga dapat menyebabkan masalah pendengaran dan juga tinnitus, yang juga dikenal sebagai dering di telinga.

Dampak Negatif Sleep Apnea dan Gangguan Pendengaran

Selain meningkatkan risiko berbagai jenis gangguan kesehatan, gangguan pendengaran dan sleep apnea dapat berdampak sangat negatif pada hubungan pribadi Anda. Mitra tidur seringkali menjadi orang pertama yang menyadari seseorang menderita sleep apnea. Dengkuran dan kegelisahan menyebabkan mereka kehilangan banyak waktu tidur yang berkualitas juga. Tambahan masalah pendengaran ke dalam sleep apnea juga menjadi salah satu penyebab terjadinya rasa frustasi dan komunikasi yang buruk terhadap pasangan. Serta orang-orang tercinta di sekeliling Anda.

Hubungan Tinnitus dan Sleep Apnea

Diketahui bahwa tinnitus , atau dering di telinga, dapat memicu terjadinya masalah sulit tidur dan insomnia. Tapi bagaimana hubungannya dengan sleep apnea?

Belum banyak penelitian yang mengungkap tentang hubungan  sleep apnea dan masalah pendengaran secara umum. Dan bahkan lebih sedikit ketika mengenai tinitus. Namun, pada tahun 2017 terdapat penelitian dalam kasus terkontrol di Taiwan memang secara khusus melihat masalah ini. Mereka menemukan bahwa “risiko tinitus ditemukan secara signifikan lebih tinggi” pada orang paruh baya dan lebih tua “dengan gangguan tidur.” Tidak diketahui apakah salah satu penyebab yang lain, atau jika faktor-faktor lain, seperti genetika atau pilihan gaya hidup, meningkatkan risiko seseorang untuk kedua gangguan tersebut. Namun secara tidak langsung kita tahu bahwa mengobati sleep apnea kan dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami tidur nyenyak. Sehingga mengurangi kelelahan dan stres dalam kehidupan. Yang selalu merupakan hal yang baik untuk penderita tinitus. 

Perawatan Tersedia

Jika Anda menduga Anda menderita sleep apnea, jadwalkan janji temu dengan dokter Anda. Perawatan mungkin termasuk perubahan gaya hidup seperti penurunan berat badan, berhenti merokok, penggunaan mesin tekanan udara positif terus menerus. Atau alat pernapasan lisan untuk dipakai di malam hari, obat-obatan untuk membantu Anda menjauh di siang hari, dan / atau operasi untuk memperbaiki halangan.

Sementara itu, ahli kesehatan pendengaran dapat memeriksa pendengaran Anda, dan jika perlu, menyediakan alat bantu dengar untuk membantu Anda mendengar lebih baik. Anda bisa mendatangi website online kami untuk mengetahui  ulasan para profesional tepercaya beragam informasi terkait gangguan pendengaran maupun menjadwalkan janji temu dengan para audiolog terdekat di kota Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52200-Have-sleep-apnea-you-might-have-hearing-loss-too

Please rate this

and share :