Dapatkah Kotoran Telinga Menyebabkan Gangguan Pendengaran?
Pendengaran

Dapatkah Kotoran Telinga Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

4/5 (2)

Karena kotoran telinga (serumen) tampaknya sering menjadi perbincangan akhir-akhir ini, jadi mari kita bahas.

Bisakah kotoran telinga menyebabkan gangguan pendengaran? banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Paparan kebisingan, penuaan, obat-obatan tertentu, dan ya, terlalu banyak serumen. Tapi kotoran telinga saja jarang menjadi satu-satunya penyebab hilangnya pendengaran seseorang. Faktanya, sangat sedikit orang yang dinyatakan oleh Dokter THT mengalami gangguan pendengaran disebabkan oleh sumbatan serumen (bahasa klinis untuk mengatakan “kotoran telinga yang berlebihan”).

Penyumbatan Secara Penuh Jarang Terjadi

Gelombang suara hanya membutuhkan ruang kecil saja di liang telinga untuk mencapai gendang telinga. Jadi, bahkan hanya karena banyaknya serumen seharusnya tidak menyebabkan gangguan pendengaran.

Namun, jika saluran telinga tersumbat karena serumen, dan sumbatan serumen cukup parah (secara penuh) hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran, kemungkinan besar akan ada tanda dan gejala lain yang terlihat sebelum gangguan pendengaran seperti pusing, telinga penuh (perasaan seperti telinga tersumbat), gatal atau nyeri atau telinga berdenging.
Sumbatan serumen penuh jarang terjadi. Dan jika ya, jarang terjadi tanpa ada penyebab tambahan lainnya bahwa “ada yang tidak beres”.

Mengapa Penyumbatan Penuh Jarang Terjadi

Alasan utama mengapa sumbatan serumen jarang terjadi adalah karena sebagian besar telinga kita dapat membersihkan dirinya sendiri. Dan jika dibiarkan malah akan mencegah kotoran telinga menumpuk hingga tersumbat penuh.

Namun seperti kebanyakan hal, jangan pernah mengatakan tidak pernah terjadi. Tentu saja, ada hal-hal yang dapat menyebabkan penyumbatan seperti penggunaan cotton bud yang salah, usia lanjut, saluran telinga yang sempit atau berbentuk tidak normal, atau menggunakan metode yang tidak disarankan untuk membersihkan telinga. Biasanya, itu adalah sesuatu yang memengaruhi proses kotoran telinga keluar secara normal.

Minta Bantuan Dokter Untuk Menghilangkan Serumen

Jika Anda merasakan ada salah satu tanda/ gejala bahwa “ada yang salah” pada telinga atau pendengaran Anda. Atau yakin bahwa Anda memiliki kotoran di telinga yang banyak, maka disarankan untuk mengunjungi Dokter THT. Dokter THT dapat melakukan pengangkatan serumen.
(Jangan menggunakan apa pun di telinga untuk membersihkan kotoran telinga Anda sendiri).

Jika telinga Anda dibersihkan oleh Dokter THT untuk mengatasi gangguan pendengaran Anda, itu adalah cara yang baik! Namun, jika setelah serumen dibersihkan dan Anda masih mengalami gangguan pendengaran, Dokter THT akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk dapat mengetahui apa yang menyebabkan gangguan pendengaran dan akan membantu Anda untuk mengatasinya.

Konsultasikan masalah pendengaran Anda dengan klik tautan ini, atau cukup hubungi Hotline Service 0800 1100 100 untuk jadwalkan kunjungan Anda.

Sumber :
https://www.starkey.com/blog/articles/2021/05/can-earwax-cause-hearing-loss

Please rate this

and share :