Manfaat Dari Sepasang Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Manfaat Dari Sepasang Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Sepasang alat bantu dengar – Hampir semua kualitas fisik pada tubuh manusia sebanding satu sama lain. Bahkan otak dan sistem saraf kita tampaknya sudah terprogram dengan simetri dan seimbang. Orang Yunani Kuno pertama kali mengidentifikasi simetri sebagai aspek penting dalam menentukan kecantikan fisik. Fitur wajah simetris telah terbukti lebih menarik daripada yang asimetris.

Seimbang Dalam Pendengaran

Keseimbangan pada tubuh yang paling menonjol salah satunya adalah pendengaran. Coba dan buktikan, tutup satu mata dengan tangan, apakah Anda memperhatikan bagaimana kejelasan, penglihatan yang luas, dan kesadaran spasial memengaruhi penglihatan Anda? Dan begitupun dengan telinga Anda!

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa dua telinga yang bekerja bersamaan secara optimal jauh lebih produktif daripada hanya salah satu yang bekerja lebih keras dari yang lain. Itulah sebabnya mengapa disarankan agar pemakai alat bantu dengar menggunakan dua (sepasang) alat bantu dengar. Dua telinga memungkinkan kita mendengar dalam “stereo“. Saat kita mendengarkan dengan dua telinga, kita sebenarnya mendengar lebih baik! Bahkan lebih penting lagi, telinga bekerja sama untuk memberi tahu dari mana suara berasal, dan membantu Anda fokus pada suara yang ingin Anda dengar. Kedua telinga kita memberi tahu kita, dari segi suara, di mana kita berada.

Mengapa Dua Alat Bantu Dengar Lebih Baik?

Alat bantu dengar Starkey dirancang untuk bekerja bersama. Ear-to-ear adalah salah satu fitur sebagai canggih Starkey untuk berkomunikasi satu sama lain, dengan memberikan pengalaman mendengarkan yang optimal bagi mereka yang menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakan sepasang alat bantu dengar (binaural), alat bantu dengar tersebut bekerja seperti berkomunikasi satu sama lain, alat ini meniru cara normal telinga kita untuk mendengar. Mendengar dengan tepat dan sama dengan kedua telinga akan memberikan pengalaman suara yang lebih luas, seimbang dan lengkap bagi penggunanya.

Para peneliti di bidang pendengaran telah meneliti dan mempelajari manfaat menggunakan sepasang alat bantu dengar selama bertahun-tahun. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan sepasang alat bantu dengar memiliki kemampuan untuk meningkatkan pemahaman ucapan, lokalisasi dan kualitas suara. Penggunaan sepasang alat bantu dengar juga dapat memperluas jangkauan atau area di mana Anda dapat mendengar.

Keuntungan lain memakai dua alat bantu dengar adalah peningkatan dalam penekanan tinitus. Bahkan jika tinitus hanya ada di satu telinga, alat bantu dengar binaural dapat memberikan keseimbangan lebih pada sistem pendengaran.

Manfaat Alat Bantu Dengar Binaural

  • Mengurangi upaya/ usaha dalam mendengar
  • Meningkatnya jangkauan mendengar
  • Meningkatnya kepuasan dalam mendengar
  • Kualitas suara meningkat
  • Lokalisasi suara yang lebih baik di lingkungan pendengaran yang sulit (seperti di tempat makan yang ramai)
  • Mengurangi gangguan dari tinitus
  • Meningkatkan sinyal untuk rasio kebisingan

Apakah Anda mencari alat bantu dengar untuk diri sendiri atau orang yang Anda cintai? Temui dokter THT/ audiologi/ konsultan pendengaran terdekat yang dapat membantu mengidentifikasi teknologi yang tepat untuk Anda. Hubungi Hotline Service 0800 1002234 atau klik di sini untuk menemukan audiologi/ konsultan bersertifikat terdekat.

Sumber :
https://www.starkeycanada.ca/blog/articles/2022/02/benefits-of-binaural-hearing

Please rate this

and share :