pusatalatbantudengar JenisAlatBantuDengardanCaraKerjanya
Alat Bantu Dengar

Jenis Alat Bantu Dengar dan Cara Kerjanya

No ratings yet.

Pada dasarnya terdapat dua jenis alat bantu dengar yakni tipe standard dan custom. Sedangkan model alat bantu dengar terdiri berbagai macam bentuk tergantung dengan ukuran dan dimana alat bantu dengar tersebut di letakkan  di dalam atau di luar telinga. Jika Anda berminat membeli alat bantu dengar namun masih bingung untuk menentukan model mana yang paling tepat untuk kebutuhan Anda, Anda tidak perlu khawatir karena pada umumnya setiap model alat bantu dengar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing. Bahkan, kecocokan alat bantu dengar pada setiap individu juga berbeda karena tidak semua model cocok untuk setiap individu. Jika gangguan pendengaran yang dialami A lebih cocok diatasi dengan alat bantu dengar tipe standard, gangguan pendengaran yang dialami B bisa jadi lebih cocok menggunakan alat bantu dengar custom. Pertanyaanya, alat bantu dengar seperti apakah yang sebenarnya paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Untuk membantu Anda menentukan yang paling tepat, berikut ini adalah jenis-jenis alat bantu dengar yang paling umum tersedia dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tiga model utama alat bantu dengar

Terdapat tiga model utama alat bantu dengar yang digunakan oleh konsumen antara lain:

  • Alat bantu dengar Behind-the-Ear (BTE): Perangkat ini dipakai di atas atau di belakang daun telinga. Setiap bagiannya terletak dalam kotak yang terpasang di belakang telinga dan dihubungkan ke tabung suara atau earmold custom melalui kabel tipis.
  • Alat bantu dengar Custom atau In-the-Ear (ITE): Model ini termasuk dalam tipe Seluruh bagian dari perangkat ini terletak pas di dalam telinga Anda. Ukurannya juga berbeda-beda seperti model Completely-in-Canal (CIC) dan model Invisible-in-Canal (IIC).
  • .Alat dengar Receiver-in-Canal (RIC) dan Receiver-in-the-Ear (RITE): Dua perangkat ini memiliki konsep yang dengan model BTE. Akan tetapi, receiver atau speaker-nya tidak terletak di dalam kotak yang terpasang di belakang telinga melainkan terpasang di dalam saluran telinga.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing model alat bantu dengar

Alat bantu dengar Behind-the-Ear

Alat bantu dengar tipe BTE sudah diproduksi sejak waktu yang lama dan tercatat sebagai alat bantu dengar yang paling diminati. Belakangan ini tipe BTE diproduksi dengan ukuran yang semakin kecil, semakin canggih, dan semakin bertenaga.

  • Kelebihan BTE
    • Solusi bagi hampir semua jenis gangguan pendengaran
    • Alat bantu dengar yang benar-benar dapat diandalakan karena hampir tidak pernah mengecewakan penggunanya
    • Mudah untuk dilepas-pasang, khususnya bagi mereka yang punya masalah dengan memegang benda-benda berukuran kecil
  • Kekurangan BTE
    • Tipe BTE ini benar-benar menjadi alat bantu dengar yang paling solutif karena teknologinya yang terus dikembangkan untuk semakin memuaskan konsumen. Banyak yang berpikir mungkin kekurangan yang dimiliki BTE adalah bentuknya yang terlihat nyata oleh orang lain ketika digunakan. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena saat ini sudah ada BTE berukuran sangat kecil atau yang disebut dengan mini BTE yang tidak cukup menarik perhatian karena bentuknya yang mini dan cukup tersembunyi di belakang telinga.

Alat bantu dengar Custom atau In-the-Ear

Tipe ITE adalah alat bantu dengar yang dibuat secara custom untuk menyesuaikan bentuk liang telinga penggunanya. Bentuk dan ukurannya pun tentu berbeda-beda karena garis telinga tiap individu juga berbeda satu sama lain. Tipe ITE ini biasa disebut alat bantu dengar yang tersembunyi karena memang tidak terlihat ketika dipakai.

  • Kelebihan ITE
    • Tersembunyi karena bentuknya yang kecil. Bahkan alat bantu dengar model IIC diletakkan jauh di dalam saluran telinga sehingga benar-benar invisible atau tidak terlihat
    • Kualitas suara yang dihasilkan terjamin karena letakanya berada di dalam telinga
  • Kekurangan ITE
    • Bentuknya yang super kecil membuatnya agak sulit dipegang ketika dilepas-pasang
    • Rentan rusak akibat masalah kelembaban mengingat letaknya yang berada di dalam telinga
    • Rentan terkena kotoran telinga yang dapat menyumbat mikrofon atau speaker sehingga proses mendengar terkadang menjadi tidak nyaman
    • Baterai cepat habis karena ukuran yang kecil hanya mampu memuat baterai dengan ukuran yang kecil pula. Semakin kecil baterai, maka semakin tidak bertahan lama.

Alat bantu dengar Receiver-in-Canal dan Receiver-in-the-Ear

  • Kelebihan RIC/RITE
    • Meskipun perangkat RIC terpasang di belakang telinga, namun tipe RIC berukuran lebih kecil dibandingkan BTE kerena letak speaker-nya yang terpisah. Ukurannya yang kecil ini membuat RIC  tersembunyi dari pandangan orang-orang di sekitar Anda. Kabel yang menghubungkan perangkat ke speaker yang berada di saluran telinga juga sangat tipis dan transparan.
    • Ketika speaker RIC mengalami kerusakan, maka dapat mudah diganti dengan yang baru karena letak speaker-nya yang terpisah.
  • Kekurangan RIC/RITE
    • Letak speaker yang berada di dalam telinga rentan terhadap penyumbatan yang disebabkan oleh kelembaban atau kotoran telinga

Cara kerja alat bantu dengar

Setelah membahas tentang tipe dan model alat bantu dengar, ada baiknya untuk mengatahui bagaimana sebenarnya alat bantu dengar bekerja. Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang biasanya dipakai di dalam atau di belakang telinga untuk membantu memperbaiki pendengaran, pemahaman suara ucapan, komunikasi, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Terlepas dari model dan ukurannya, semua alat bantu dengar memiliki komponen dasar yang sama yakni mikrofon, amplifier, speaker, dan baterai. Bersama-sama, keempat bagian ini membuat suara terdengar lebih keras dan lebih jelas bagi penggunanya. Sebagai gambaran, mikrofon berfungsi mengubah gelombang suara menjadi gelombang listrik untuk kemudian diteruskan ke amplifier yang bertugas memperbesar volume suara hingga akhirnya sampai ke speaker yang ada pada bagian dalam telinga. Itulah cara kerja alat bantu dengar secara umum. Ingat bahwa kunci pemasangan alat bantu dengar yang baik dan tepat bukan karena alat bantu dengarnya saja, namun juga karena bantuan audiolog profesional yang Anda percaya dan dapat membantu Anda memilih alat bantu dengar yang tepat untuk kebutuhan unik Anda. Untuk menemukan audiolog profesional di kota Anda klik di sini.

Please rate this

and share :