Tahukah Anda Ternyata Telinga Berdenging dan Vertigo Saling Berhubungan
Gangguan Pendengaran Tinnitus

Tahukah Anda : Ternyata Gangguan Pendengaran, Tinnitus, dan Vertigo Saling Berhubungan

4/5 (3)

Banyak orang mencari tahu di internet apa sebenarnya hubungan antara gangguan pendengaran, tinnitus, dan vertigo atau gangguan keseimbangan tubuh. Sebagian orang meragukan bahwa ketiganya memiliki keterkaitan. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan adanya hubungan dari ketiga masalah diatas dengan telinga bagian dalam dan bagaimana kondisi tersebut bisa saling mempengaruhi.

Menurut American National Institute on Deafness and Other Communication Disorders  (ANICDC), sebuah divisi dari NIH (National Institutes of Health), tiga kondisi yang paling sering muncul karena gangguan pendengaran adalah sebagai berikut :

  • Sekitar 15% orang Amerika berusia diatas 18 tahun mengalami kesulitan mendengar .
  • Sekitar 10% orang dewasa di Amerika (sebanyak 25 juta orang) mengalami tinitus paling sedikit 5 menit sejak setahun terakhir
  • Hampir 8 juta orang dewasa Amerika melaporkan memiliki masalah kronis dengan ketidakseimbangan.

Tinnitus

Tinnitus digambarkan sebagai beracam-macam suara seperi  dengungan, siulan, dering, desisan, atau bunyi klik terus menerus yang terjadi di dalam telinga ketika tidak ada suara dari luar yang menyebabkan suara tersebut muncul. Suara tersebut dapat terjadi secara konstan maupun berselang. Sebenarnya tinnitus tidak dianggap sebagai penyakit melainkan sebuah kondisi di mana terdapat masalah pada sistem pendengaran. Sebagian besar penderita tinnitus juga mengalami gangguan  pendengaran pada beberapa tingkatan. Namun sebagian besar orang dengan gangguan pendengaran ada juga yang tidak menderita tinnitus. Meskipun demikian, hingga saat ini banyak orang yang belum sepenuhnya mengerti tentang tinnitus. Ada banyak teori yang menyebutkan tentang penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Seperti gangguan pendengaran, jumlah anak muda yang mengalami tinnitus juga meningkat. Hal ini dapat disebabkan karena penggunaan perangkat audio dengan volume tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam.

Gangguan Keseimbangan atau Vertigo

Masalah yangi sering dikaitkan dengan gangguan pada telinga atau area kepala biasa disebut masyarakat dengan istilah “pusing.” Beberapa orang menganggap pusing sebagian kondisi dimana dia merasa akan jatuh pingsan. Sebagian lainnya memahami pusing untuk mendiskripsikan perasaan takut dan kegelisahan ketika mengalami disorientasi. Tapi umumnya bila kita memaknai istilah pusing ini secara lebih lanjut, maksudnya adalah hilangnya keseimbangan dan bahkan vertigo. Masalah keseimbangan ini  termasuk reaksi tubuh yang kaget atau merasa goyah ketika berdiri atau berjalan. Gangguan keseimbangan ini terjadi karena ada masalah pada telinga bagian dalam.  Vertigo adalah kondisi di mana Anda merasa bergerak padahal sebenarnya tidak. Saat Anda melakukan gerakan berbalik atau berputar kemudian berdiri diam dan Anda merasa bahwa Anda masih berputar, itulah yang disebut dengan vertigo.

Perawatan yang disarankan

Kehilangan keseimbangan bisa menjadi tanda akan masalah serius dan harus diikuti dengan pemeriksaan ke ahli otolaringologi (THT) yang khusus menangani masalah keseimbangan tubuh manusia. Jika Anda menderita tinnitus, maka Anda juga perlu segera menghubungi seorang dokter THT atau penyedia layanan kesehatan telinga untuk mendapatkan solusi dari suara-suara dengung yang terjadi di dalam telinga Anda. Bahkan jika gangguan pendengaran adalah keluhan utama Anda, pastikan juga untuk memberi tahu profesional pendengaran Anda tentang ketidakseimbangan atau tinitus yang Anda alami. Menyadari kombinasi dari ketiga kondisi di atas akan membantu profesional kesehatan pendengaran Anda dalam menentukan perawatan yang paling tepat untuk Anda.

Klik di sini untuk menemukan seorang profesional kesehatan yang akan membantu Anda mendengar dengan lebih baik dan lebih nyaman.

 

Please rate this

and share :