Mengenal Feedback Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Mengenal Feedback Alat Bantu Dengar

5/5 (5)

Sudahkah Anda mengetahui apa itu feedback alat bantu dengar? Teknologi alat bantu dengar terkini memungkinkan banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran untuk menikmati kembali suara favorit mereka. Baik itu mendengarkan tawa orang yang dicintai, musik favorit, atau suara alam. Alat bantu dengar dapat memberikan pengaruh yang dramatis pada kualitas hidup penggunanya.

Sayangnya, keajaiban teknologi ini tetap memiliki satu kekurangan — salah satunya adalah feedback alat bantu dengar. Namun alat bantu dengar saat ini cenderung tidak menghasilkan suara feedback lagi karena adanya fitur didalamnya.

Apa Itu Feedback Alat Bantu Dengar?

Masalah ini seringkali terjadi ketika sinyal akustik atau gelombang suara keluar dari saluran telinga dan ‘membentur’ mikrofon alat bantu dengar. Ini bisa terdengar seperti suara jeritan, peluit, dengungan keras atau desisan.

Semakin parah gangguan pendengaran Anda, semakin besar peluang untuk mengalami kemungkinan masalah feedback. Hal ini karena kekuatan dan ukuran gelombang suara.

Penyebab Feedback Alat Bantu Dengar

Terdapat tiga penyebab utama terjadinya feedback yang biasa terjadi : akustikal, mekanis, dan elektronis.

  • Akustikal  terjadi ketika suara yang dihasilkan oleh speaker alat bantu dengar tertangkap oleh mikrofon ABD. Hal ini sering terjadi jika perangkat tidak pas atau jika ada timbunan kotoran yang signifikan di liang telinga.
  • Mekanis disebabkan oleh getaran yang timbul saat speaker alat bantu dengar bersentuhan dengan casing alat bantu dengar.
  • Electronis terjadi bila ada masalah dengan rangkaian listrik di alat bantu dengar.

Cara Mengatasinya

Meskipun suara feedback ini tidak berbahaya, namun dapat mengganggu dan memalukan. Jika bersifat akustik, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah.

Pertama, pastikan alat bantu dengar Anda terpasang dengan benar. Jika mengubah posisi alat atau earmold Anda tidak berhasil, maka cobalah untuk membersihkan saluran telinga Anda.

Menghilangkan kotoran telinga yang berlebih akan membuka saluran telinga sehingga gelombang suara dapat berjalan tanpa terhalang ke gendang telinga. Pastikan alat bantu dengar Anda bebas dari sumbatan dan bersihkan dengan rutin.

Jika Anda masih mengalami suara feedback setelah mencoba tips ini, temui ahli kesehatan pendengaran.Anda dapat membuat janji temu disini. Perangkat Anda akan diperiksa apakah ada masalah mekanis atau elektronik yang perlu ditangani. Pastikan perangkat terpasang dengan tepat. Periksa telinga Anda untuk memastikan bebas dari sumbatan kotoran. Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin memerlukan perangkat yang berbeda, atau earmold baru, karena bentuk telinga dapat berubah seiring waktu, memengaruhi kesesuaian alat bantu dengar.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/10142-Guide-to-coping-with

 

Please rate this

and share :