Hubungan Antara Kotoran Telinga Dan Tinnitus
Tinnitus

Hubungan Antara Kotoran Telinga Dan Tinnitus

No ratings yet.

Apakah kotoran telinga dan tinnitus saling berhubungan? Ya, inilah penjelasan bagaimana kedua hal tersebut dapat saling berhubungan.

Jika Anda merasa ada penumpukan kotoran telinga didalam liang telinga, obat tetes pelembut kotoran telinga atau minyak zaitun dapat dipertimbangkan sebagai pilihan awal untuk membersihkan kotoran telinga Anda. Jangan gunakan cotton bud atau benda lain untuk mencoba menghilangkan/membersihkan kotoran telinga.

Jika penumpukan kotoran masih berlanjut, kunjungi dokter THT, yang akan memberi saran apakah perlu menghilangkan kotoran telinga atau tidak dan jenis prosedur apa yang paling tepat untuk Anda lakukan.

Apa Itu Kotoran Telinga?

Kotoran telinga merupakan sekresi penting dan alami yang terdapat di telinga. Ini menjaga saluran telinga tetap terlumasi dan melindungi telinga dari debu, kotoran dan bakteri, sehingga membantu mencegah terjadinya infeksi.

Kotoran telinga atau disebut juga serumen, terdiri dari epitel (sel kulit), debu, dan cairan berminyak dari kelenjar di saluran telinga. Sekresi ini melumasi saluran telinga dan mencegahnya menjadi terlalu kering. Komposisi kotoran telinga setiap orang bervariasi tergantung pada pola makan, usia, etnis dan lingkungan.

Bagaimana Kotoran Telinga dan Tinnitus Berkaitan?

Beberapa orang yang menderita/mengalami tinnitus melaporkan bahwa mereka lebih menyadari tinnitusnya ketika telinga mereka penuh dengan kotoran. Hal ini karena penumpukan kotoran secara efektif menghalangi suara eksternal/lingkungan mencapai gendang telinga, sehingga membuat suara internal lebih terdengar. Ketika kotoran ini dihilangkan, kebanyakan orang merasakan persepsi mereka terhadap tinnitus berkurang. Sangat jarang, orang yang mengalami tinnitus menyampaikan bahwa dengan menghilangkan kotoran telinga membuat tinnitus mereka juga semakin mengganggu. Hal ini mungkin disebabkan karena prosedurnya tidak menyenangkan atau tidak nyaman. Efeknya biasanya bersifat sementara. Mengingat pengangkatan kotoran telinga adalah prosedur yang sangat umum, komplikasinya sangat sedikit dan jarang terjadi.

Apa Yang Harus Dilakukan Dengan Penumpukan Kotoran Telinga?

Jika kotoran telinga tidak menimbulkan masalah, sebaiknya dibiarkan saja. Telinga dapat membersihkan dirinya sendiri dan kotorannya akan hilang secara alami. Jika kotoran telinga terlihat di bagian luar telinga, hanya perlu diseka/dibersihkan dengan kain bersih.

Terkadang kotoran telinga bisa menumpuk. Hal ini dapat terjadi jika kotoran telinga Anda sangat kering atau jika saluran telinga Anda sempit atau berbulu. Kotoran telinga juga bisa menumpuk jika terdorong ke dalam saluran telinga misalnya oleh cotton bud, alat bantu dengar, atau ear bud.

Jika penumpukan kotoran telinga menyebabkan tinnitus, masalah pada alat bantu dengar, vertigo, penurunan kemampuan mendengar dan rasa tidak nyaman, kotoran tersebut mungkin perlu dihilangkan.

Sumber:

Tinnitus and ear wax

 

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.