Beberapa Penyebab Infeksi Telinga Pada Anak
Pendengaran Anak

Beberapa Penyebab Infeksi Telinga Pada Anak

No ratings yet.

Infeksi telinga adalah peradangan pada telinga tengah, biasanya disebabkan oleh bakteri, hal ini terjadi ketika cairan menumpuk di belakang gendang telinga. Siapapun bisa terkena infeksi telinga, tapi anak-anak lebih sering terkena infeksi telinga dibandingkan orang dewasa. Lima dari enam anak akan mengalami setidaknya satu kali infeksi telinga pada kisaran umur tiga tahun. Faktanya, infeksi telinga adalah alasan paling umum orang tua membawa anaknya ke dokter. Nama ilmiah dari infeksi telinga adalah Otitis Media (OM).

Apa Saja Gejala Infeksi Telinga?

Ada tiga jenis utama infeksi telinga. Masing-masing memiliki kombinasi gejala yang berbeda.

  • Otitis media akut/ Acute Otitis Media (AOM) adalah infeksi telinga yang paling umum. Bagian telinga tengah terinfeksi dan bengkak serta cairan terperangkap di belakang gendang telinga. Hal ini menyebabkan rasa sakit di telinga, biasa disebut sakit telinga. Anak mungkin juga mengalami demam.
  • Otitis media dengan efusi/ Otitis Media with Effusion (OME) terkadang terjadi setelah infeksi telinga mereda dan cairan tetap terperangkap di belakang gendang telinga. Anak yang mengalami OME mungkin tidak memiliki gejala, namun dokter akan dapat melihat cairan di belakang gendang telinga dengan alat khusus.
  • Otitis media kronis dengan efusi/ Chronic Otitis Media with Effusion (COME) terjadi ketika cairan tetap berada di telinga tengah dalam waktu lama atau kembali berulang kali, meskipun tidak ada infeksi. COME mempersulit anak-anak melawan infeksi baru dan juga dapat memengaruhi pendengaran mereka.

Bagaimana Cara Mengetahui Anak Mengalami Infeksi Telinga?

Kebanyakan infeksi telinga terjadi pada anak-anak sebelum mereka belajar berbicara. Jika anak belum cukup lancar berbicara untuk mengatakan “Telingaku sakit”, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Menarik atau menarik telinga
  • Rewel dan menangis
  • Kesulitan tidur
  • Demam (terutama pada bayi dan anak kecil)
  • Cairan keluar dari telinga
  • Kecanggungan atau masalah dengan keseimbangan
  • Kesulitan mendengar atau merespon suara pelan

Apa Penyebab Infeksi Telinga?

Infeksi telinga biasanya disebabkan oleh bakteri dan sering kali dimulai setelah anak mengalami sakit tenggorokan, pilek, atau infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Jika infeksi saluran pernapasan atas disebabkan oleh bakteri, bakteri yang sama dapat menyebar ke telinga tengah. Jika infeksi saluran pernapasan atas disebabkan oleh virus, seperti pilek, bakteri dapat berpindah ke lingkungan yang ramah mikroba dan berpindah ke telinga tengah sebagai infeksi sekunder. Karena infeksi, cairan menumpuk di belakang gendang telinga.

Bagian lain di sekitar telinga juga dapat menyebabkan infeksi telinga. Saluran eustachius merupakan saluran kecil yang menghubungkan bagian atas tenggorokan dengan telinga tengah. Tugasnya adalah menyuplai udara segar ke telinga tengah, mengalirkan cairan, dan menjaga tekanan udara tetap stabil antara hidung dan telinga.

Adenoid adalah jaringan kecil yang terletak di belakang hidung, di atas tenggorokan, dan di dekat saluran eustachius. Adenoid sebagian besar terdiri dari sel sistem kekebalan tubuh. Mereka melawan infeksi dengan menjebak bakteri yang masuk melalui mulut.

Bagaimana Cara Mengatasi Infeksi Telinga Akut?

Banyak dokter yang meresepkan antibiotik seperti amoksisilin, untuk diminum selama tujuh hingga 10 hari. Dokter Anda juga mungkin merekomendasikan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti asetaminofen atau ibuprofen, atau obat tetes telinga, untuk membantu mengatasi demam dan nyeri. (Karena aspirin dianggap sebagai faktor risiko utama sindrom Reye (kondisi serius yang jarang terjadi yang menyebabkan pembengkakan pada daerah liver dan otak) yang dapat dicegah, anak yang mengalami demam atau gejala mirip flu lainnya yang tidak boleh diberikan aspirin kecuali diinstruksikan oleh dokter Anda.

Terkadang sakit telinga tidak disebabkan oleh infeksi, dan beberapa infeksi telinga yang bisa membaik tanpa antibiotik. Menggunakan antibiotik dengan hati-hati dan dengan alasan yang baik membantu mencegah perkembangan bakteri yang menjadi resisten terhadap antibiotik.

Jika dokter Anda meresepkan antibiotik, penting untuk memastikan anak Anda meminumnya tepat sesuai resep dan dalam jangka waktu penuh. Meskipun anak Anda mungkin tampak lebih baik dalam beberapa hari, infeksinya masih belum sepenuhnya hilang dari telinga. Menghentikan pengobatan terlalu cepat dapat menyebabkan infeksi kembali. Penting juga untuk kembali mengunjungi Dokter untuk pemeriksaan lanjutan anak anda, sehingga dokter dapat memeriksa apakah infeksinya telah hilang atau masih ada.

Bagaimana Jika Anak Terus Mengalami Infeksi Telinga?

Untuk mencegah infeksi telinga tengah datang kembali, ada baiknya membatasi beberapa faktor yang mungkin menimbulkan risiko pada anak, seperti tidak berada di dekat orang yang merokok dan tidak tidur dengan posisi sambil meminum susu di botol. Meskipun tindakan pencegahan telah dilakukan, beberapa anak mungkin terus mengalami infeksi telinga tengah, terkadang hingga lima atau enam kali dalam setahun. Dokter mungkin ingin menunggu beberapa bulan untuk melihat apakah keadaan akan membaik dengan sendirinya. Tetapi jika infeksi terus datang kembali dan antibiotik tidak membantu, banyak dokter akan merekomendasikan prosedur pembedahan yang memasang tabung ventilasi kecil di gendang telinga. meningkatkan aliran udara dan mencegah cadangan cairan di telinga tengah. Tabung yang paling umum digunakan tetap terpasang selama enam hingga sembilan bulan dan memerlukan kunjungan tindak lanjut sampai tabung tersebut lepas.

Jika pemasangan selang masih tidak mencegah infeksi, dokter mungkin mempertimbangkan untuk melepas kelenjar gondok untuk mencegah infeksi menyebar ke saluran eustachius.

Sumber:
https://www.nidcd.nih.gov/health/ear-infections-children

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.