Tips Cara Menyesuaikan Diri Dengan Alat Bantu Dengar Baru
Alat Bantu Dengar

Tips Cara Menyesuaikan Diri Dengan Alat Bantu Dengar Baru

No ratings yet.

Menggunakan alat bantu dengar jelas tidak seperti “cinta pada pandangan pertama”. Bagi orang yang baru pertama kali menggunakan alat bantu dengar, dua minggu pertama merupakan waktu yang paling sulit. Ini adalah periode adaptasi seseorang menggunakan alat bantu dengar, dimana terasa berhasil atau tidaknya. Sebagian besar pengguna alat bantu dengar berhenti dalam beberapa hari penggunaan alat bantu dengar.

Untuk itu, kami memberikan tips bagaimana cara bertahan dan beradaptasi dalam dua minggu pertama penggunaan alat bantu dengar baru Anda.

Tantangan Dan Cara Menghadapi Kendala Untuk Pertama Kali Menggunakan Alat Bantu Dengar

1. Earbud Kecil di Telinga Saya Tidak Nyaman

Apa pun jenis alat bantu dengarnya, akan ada bagian baru di telinga Anda yang sebelumnya tidak ada. Baik alat batu dengar model CIC (Complete In Canal), ITE (Inside The Ear), ITC (Inside The Canal), atau RIC (Receiver In Canal) yang menggunakan earbud di ujung receiver-nya. Wajar jika Anda bisa “secara sadar” merasakannya dalam beberapa hari pertama, tapi setelah beberapa hari, Anda akan berhenti menyadarinya. Tidak apa-apa jika Anda merasakan benda itu berada di liang telinga Anda. Tetapi jika benda itu membuat Anda sakit atau membuat telinga Anda tidak nyaman, ukuran, jenis dan ukuran earbud berbeda-beda, disarankan menghubungi audiolog/konsultan pendengaran jika earbud tidak nyaman.

2. Earbud Telinga Saya Mencuat

Singkatnya, seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Anda perlu mendiskusikan hal ini dengan audiolog/ konsultan pendengaran untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan ukuran earbud atau bahkan jenis alat bantu dengar yang berbeda. Masalah ini sering kali menyebabkan bunyi denging yang mengganggu pada alat bantu dengar (disebut feedback), yang merupakan alasan umum lainnya mengapa seseorang berhenti menggunakan alat bantu dengar.

3. Semua Suara yang Didengar Menjadi Lebih Keras

Hal ini karena kemunduran sistem pendengaran terjadi secara bertahap dan tidak terasa. Sifat penurunan yang bertahap membuat otak Anda terbiasa dengan suara yang lebih pelan. Hal ini sangat mirip dengan saat Anda berada di ruangan gelap selama beberapa jam, kemudian keluar ke tempat yang cerah/terang. Mata Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan sinar matahari. Demikian pula, saat menggunakan alat bantu dengar untuk pertama kalinya, semuanya terdengar lebih keras. Otak membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk menyesuaikan diri dengan suara lingkungan setelah Anda konsisten menggunakan alat bantu dengarnya setiap hari dengan waktu yang lama.

4. Saya Mendengar Suara Saya Dengan Keras, Seperti di Dalam Terowongan

Anda dapat mendengar suara Anda sendiri dengan keras karena earbud di liang telinga Anda mengubah akustik saluran telinga Anda. Ditambah lagi, alat bantu dengar menerima sebagian suara Anda sendiri melalui mikrofonnya yang sangat sensitif dan ketika diperkuat. Anda merasa mendengar suara Anda sendiri lebih keras dari sebelumnya. Intensitas kedua fenomena ini (poin 3 dan 4) bergantung pada tingkat keparahan, jenis serta rentang frekuensi gangguan pendengaran Anda. Namun kabar baiknya adalah kerasnya suara di sekitar maupun pendengaran Anda sendiri akan mulai hilang dalam 3-6 bulan ke depan setelah Anda konsisten memakai alat bantu dengar. Meskipun demikian, Anda tidak boleh mengharapkan oklusi atau kenyaringan yang berlebihan saat Anda mulai menggunakan alat bantu dengar untuk pertama kalinya. Jika Anda memakai alat bantu dengar dan merasa semua suara terlalu keras atau Anda mendengar suara Anda sendiri sangat keras, segera hubungi audiolog/konsultan pendengaran Anda.

5. Suara Alat Bantu Dengar Saya Tidak Terdengar Alami

Tingkat teknologi alat bantu dengar merupakan faktor yang menentukan seberapa alami suara yang akan anda dengar. Faktor-faktor lain seperti ukuran dan bentuk earbud, resep obat rekomendasi dokter, pemasangan dan keuntungan yang diterapkan. Dan masih banyak lagi faktor lain yang dapat menentukan alami suara dari alat bantu dengar. Gangguan pendengaran dapat memengaruhi ingatan dan penurunan kognitif. Maka sangat disarankan untuk tetap gigih dan konsisten serta menghubungi audiolog/konsultan pendengaran untuk konsultasi dan tindak lanjut.

6. Merawat Alat Bantu Dengar

Semua hal dalam hidup harus dibayar mahal untuk perawatan dan begitupun juga dengan pendengaran yang lebih baik. Ya, Anda harus merawat alat bantu dengar Anda untuk memastikan alat bekerja dengan kinerja terbaiknya dan ini menambah sedikit rutinitas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Tetapi kita akan melihat seberapa besar rutinitas ekstra yang harus dilakukan. Setiap malam, Anda dapat mengisi daya/mengeluarkan baterai sekali pakai pada alat bantu dengar dan menyimpannya di tempat yang kering, aman dan bersih (jauhkan dari hewan peliharaan dan anak kecil). Kemudian:

  1. Membersihkan – Di pagi hari menyikat alat bantu dengar. Terutama pada mikrofon (sebelumnya tanyakan terlebih dahulu kepada audiolog/konsultan pendengaran Anda bagian mana saja yang harus disikat), dan menyekanya dengan lap bersih. Anda perlu memastikan bahwa Anda menyeka earbud silikon atau bagian yang masuk ke saluran telinga Anda (model alat bantu dengar seperti CIC/ITE/ITC) untuk membunuh bakteri yang mungkin menempel di dalamnya pada malam hari. Ini akan menghindari infeksi di telinga. Alasan lain untuk menyeka alat bantu dengar adalah untuk menghindari receiver (untuk alat bantu dengar model RIC) atau earbud (untuk alat bantu dengar model BTE) yang tersumbat oleh kotoran telinga.
  2. Baterai – Alat bantu dengar dilengkapi dengan baterai. Pada alat bantu dengar dengan tipe baterai isi ulang, pengisian daya dapat dilakukan pada malam hari ketika Anda akan tidur. Sedangkan pada alat bantu dengar dengan tipe baterai sekali pakai, mengganti dengan baterai baru setiap minggu atau kapan pun Anda menerima sinyal (biasanya suara melodi) baterai lemah.

Kesimpulan

Kenapa memerlukan waktu sekitar dua minggu pertama secara konsisten menggunakan alat bantu dengar untuk terbiasa dengan sesuatu hal yang baru? Karena otak juga akan beradaptasi dan terbiasa agar dapat menyesuaikan dengan kebiasaan yang baru tersebut.

Sama dengan alat bantu dengar baru Anda. Yang diperlukan hanyalah ketekunan Anda dalam 2 hingga 3 minggu pertama dan kemudian Anda mulai melakukan rutinitas dan kesenangan mendengar dengan lebih baik akan dimulai.

Sumber:
https://www.hearingnow.co.uk/learning/how-to-survive-the-first-two-weeks-of-using-hearing-aids-for-the-first- waktu

 

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.