Tip Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan Lama
Alat Bantu Dengar

Tip Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan Lama

No ratings yet.

Saat ini teknologi alat bantu dengar semakin canggih. Dengan berbagai daya dan fitur baru pada alat bantu dengar saat ini, umumnya untuk satu butir baterai akan bertahan sekitar tiga sampai sepuluh hari. Mengapa lama penggunaan baterai alat bantu dengar sangat tidak terduga, di mana satu baterai dapat bertahan selama seminggu, dan yang lainnya hanya dua atau tiga hari? Banyak hal yang membuat masa daya baterai berbeda-beda, seperti lamanya penggunaan alat bantu dengar, streaming, dan cara Anda merawat alat bantu dengar. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan masa pakai baterai dan mengoptimalkan kinerja alat bantu dengar Anda agar tahan lama.

10 Tip Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Baterai Alat Bantu Dengar Anda

1. Biarkan Baterai “bernafas” Selama 3-5 Menit

Setelah melapas tab sticker dari baterai dan mengeluarkan baterai dari kemasan, diamkan baterai selama 3-5 menit sebelum memasangnya di alat bantu dengar Anda. Waktu “aktivasi” ini memungkinkan udara menjangkau material di dalam baterai dan mengaktifkannya.

2. Cuci Tangan Sebelum Mengganti Baterai

Minyak dan kotoran pada tangan anda yang mengenai baterai dapat merusak alat bantu dengar. Selain itu, minyak dan kotoran juga dapat menyumbat pori-pori udara pada baterai.

3. Buka Battery Door

Saat Anda tidak mengenakan alat bantu dengar, matikan atau buka  battery door untuk meminimalkan penurunan daya baterai. Biarkan tempat baterai pada alat bantu dengar terbuka di malam hari agar uap air dapat keluar. Hal ini akan mencegah baterai berkarat dan merusak alat bantu dengar.

4. Gunakan Pengering Alat Bantu Dengar/Perfect Drylux Audinell

Alat penyerap kelembapan seperti  pengering alat bantu dengar atau  perfect drylux audinell  akan membantu menyerap kelembapan dari alat bantu dengar dan baterai Anda. Ini akan memungkinkan daya baterai lebih efisien.  pengering alat bantu dengar atau  perfect drylux audinell juga merupakan tempat yang baik untuk menyimpan alat bantu dengar Anda.

5. Keluarkan Baterai

Jika alat bantu dengar Anda tidak digunakan untuk waktu yang lama, dengan mengeluarkan baterai dari alat bantu dengar akan membantu menghindari korosi dan kerusakan akibat kelembapan dan karat.

6. Periksa Tanggal Kadaluwarsa Baterai

Semakin lama tanggal kadaluwarsa, maka baterai akan   lebih tahan lama dalam penyimpanan. Namun seiringnya waktu, daya baterai akan sedikit berkurang walaupun belum digunakan. Sebaiknya, Anda harus membeli baterai yang memiliki tanggal kedaluwarsa setahun atau lebih dari tanggal pembelian baterai Anda.

7. Gunakan Baterai dengan Tanggal Kadaluwarsa yang Dekat Terlebih Dahulu

Umumnya setiap kali Anda membeli baterai baru, maka tanggal kadaluwarsanya akan lebih lama dibanding dengan baterai lama Anda. Pastikan Anda menggunakan baterai lama Anda terleih dahulu atau baterai yang kadaluwarsanya lebih dekat.

8. Jangan Melepas Stiker pada Baterai

Tab stiker yang ada pada baterai membuat baterai terhindar dari kontaminasi. Karena setelah stiker dilepas, baterai diaktifkan dan daya mulai berkurang. Pastikan Anda tidak melepas tab stiker sampai Anda akan menggunakan langsung baterai tersebut.

9. Simpan Baterai di Tempat Kering dan Sejuk

Menyimpan baterai baru dalam suhu berlebihan dapat menyebabkan daya baterai habis/masa pakai baterai lebih singkat. Sebaiknya, letakan baterai di tempat terbuka/digantung dan mudah terlihat, namun jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda.

10. Alat Bantu Dengar dengan Baterai yang Dapat di Isi Ulang

Sebagai pelopor alat bantu dengar terbaik, Starkey mengeluarkan alat bantu dengar Muse IQ dengan baterai yang dapat di isi ulang. Baterai yang dapat di isi ulang memungkinkan Anda mengisi daya baterai di malam hari dan dapat digunakan seharian penuh. Baterai isi ulang perlu diganti setiap tahun, dan pastinya memudahkan Anda untuk tidak mengganti baterai setiap kali baterai Anda habis. Jika Anda tertarik dengan teknologi baru ini, segera datang ke hearing center dan temui audiolog/konsultan pendengaran Anda.

Untuk tip lebih lanjut tentang bagaimana membuat baterai alat bantu dengar Anda tahan lebih lama, bicarakan dengan audiolog atau konsultan pendengaran Anda.

Sumber:
https://www.starkey.com/blog/articles/2017/11/Hearing-aid-batteries-longer-life-tips

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.