Alat Bantu Dengar Digital - Teknologi Modern
Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar Digital – Teknologi Modern

No ratings yet.

Ada berbagai jenis alat bantu dengar dari yang manual sampai yang digital, dilengkapi dengan berbagai fungsi dan fitur untuk memenuhi kebutuhan pendengaran setiap individu. Secara umum, alat bantu dengar terus menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, tidak hanya dari sisi bentuk tetapi juga teknologinya.

Apa itu Alat Bantu Dengar?

Alat bantu dengar membantu orang yang mengalami gangguan pendengaran untuk mendengar lebih baik dan meningkatkan pendengaran mereka. Alat bantu dengar dipasang di dalam atau di belakang telinga. Beberapa penelitian dan survei menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu dengar meningkatkan kualitas hidup mulai dari kepercayaan diri hingga interaksi sosial.

Teknologi alat bantu dengar terus berkembang dan menjadi semakin maju. Alat bantu dengar modern adalah alat bantu dengar digital yang sebenarnya adalah komputer kecil berteknologi tinggi yang terus disempurnakan dan dikembangkan untuk menghasilkan reproduksi pendengaran alami manusia yang lebih baik.

Beradaptasi dengan Situasi

Saat ini, alat bantu dengar digital dapat secara terus menerus dan otomatis menganalisis lingkungan sekitar dan juga beradaptasi terhadap perubahan situasi. Dengan cara ini, alat bantu dengar secara otomatis memberi Anda pendengaran paling optimal dalam situasi sebenarnya.

Dilengkapi Fitur-Fitur Canggih

Kemajuan alat bantu dengar digital memungkinkan semakin banyak fitur canggih yang diaplikasikan ke dalam alat bantu dengar dan memberikan reproduksi suara yang lebih baik. Kemampuan untuk menyesuaikan alat bantu dengar dengan tuntutan individu dengan lingkungan sehari-hari dan jenis gangguan pendengaran terus meningkat. Banyak alat bantu dengar dapat terhubung dan dikelola oleh aplikasi di smartphone, memungkinkan pengguna menyesuaikan dan mengontrol alat bantu dengar sesuai kebutuhan mereka yang sebenarnya.

Semua alat bantu dengar baru dari pabrikan yang diakui adalah perangkat berkualitas yang dibuat dengan teknologi digital modern. Setiap pabrikan terkemuka menawarkan alat bantu dengar dalam kisaran harga yang berbeda. Bahkan perangkat dengan harga yang paling terjangkau pun menggunakan teknologi modern dan merupakan produk berkualitas.

Dua Jenis Kategori Utama Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar dapat dibagi menjadi dua kategori utama:

1. Di belakang telinga atau Behind the Ear (BTE)

Ada tiga jenis alat bantu dengar di belakang telinga:

  • BTE dengan receiver berada di casing di belakang telinga
  • BTE dengan Receiver in the Ear (RITE) atau Receiver in Ear (RIE)
  • BTE dengan Receiver in Canal (RIC).

2. Di telinga atau In The Ear (ITE)

Alat bantu dengar in the ear (ITE) biasanya dibagi ke dalam kategori berikut:

  • Alat bantu dengar Invisible In the Canal (IIC), di mana alat bantu dengar ditempatkan di dalam saluran telinga di mana hampir tidak dapat terlihat.
  • Alat bantu dengar Completely In the Canal (CIC), di mana alat bantu dengar berada di dalam liang telinga dan sulit dilihat tetapi tidak sepenuhnya tersembunyi.
  • Alat bantu dengar In the Canal (ITC) ditempatkan di liang telinga dengan pelat bagian depan terlihat di bagian bawah daun telinga.
  • Alat bantu dengar In the Ear (ITE) di mana alat bantu dengar mengisi sebagian besar dalam daun telinga yang terlihat.

Bluetooth dan Jenis Konektivitas Lainnya

Banyak alat bantu dengar yang dapat terhubung ke perangkat elektronik lain. Baik secara langsung atau tidak langsung dapat dihubungkan melalui Bluetooth, sehingga memungkinkan untuk streaming suara, misalnya musik langsung ke alat bantu dengar. Bluetooth generasi terbaru, LE Audio, akan menyediakan penyiaran sinyal dari berbagai jenis media ke setiap pengguna alat bantu dengar dalam jangkauan pemancar.

Jenis konektivitas lainnya adalah FM System atau opsi line-in (mini-jack). Ini biasanya terhubung ke alat bantu dengar menggunakan perangkat khusus yang mengirimkan sinyal nirkabel ke alat bantu dengar.

Terakhir, beberapa alat bantu dengar dilengkapi dengan telecoil, membuat alat bantu dengar terhubung ke Loop System. Loop System adalah jenis sistem suara khusus untuk orang yang menggunakan alat bantu dengar. Sistem loop memberikan sinyal nirkabel magnetik yang ditangkap oleh alat bantu dengar saat diatur ke pengaturan-T (telecoil).

Alat Bntu Dengar CROS

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran unilateral (gangguan dengar satu sisi) yang parah atau berat. Alat bantu dengar CROS sering digunakan untuk gangguan dengar unilateral. Alat bantu dengar CROS mengirimkan suara, seringkali secara nirkabel, dari telinga yang terdampak gangguan dengar ke telinga normal.

Alat Bantu Dengar dan Tinnitus

Gangguan pendengaran sering disertai dengan tinnitus. Banyak produsen alat bantu dengar juga menawarkan alat bantu dengar dengan fungsi dan pilihan program yang membantu mengurangi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh tinnitus.

Alat Bantu Dengar untuk Anak-anak

Produsen alat bantu dengar yang diakui juga biasanya memiliki rangkaian produk untuk anak-anak dengan gangguan pendengaran, termasuk untuk bayi dan balita.

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar?

Semua alat bantu dengar digital terdiri dari empat bagian atau komponen utama yang sama. Perangkat tersebut terdiri dari:

  • Mikrofon
  • Komputer
  • Amplifier
  • Loudspeaker

Mikrofon menangkap suara (sinyal audio) dari udara dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Komputer memodifikasi sinyal listrik agar sesuai dengan gangguan pendengaran pengguna. Amplifier meningkatkan intensitas sinyal dari mikrofon. Kemudian, loudspeaker di perangkat mengubah sinyal listrik dari amplifier menjadi sinyal akustik yang didengar oleh pengguna.

Baterai Alat Bantu dDengar

Selain itu, semua alat bantu dengar dilengkapi dengan baterai. Baterai alat bantu dengar dapat berupa baterai isi ulang atau baterai sekali pakai. Baca lebih lanjut tentang baterai alat bantu dengar.

Alat Bantu Dengar Mana yang Harus Saya Pilih?

Alat bantu dengar terbaik untuk Anda harus mengimbangi gangguan pendengaran Anda. Anda harus selalu memilih alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, seorang profesional perawatan pendengaran (audiolog/ konsultan pendengaran) harus selalu membimbing Anda saat memilih alat bantu dengar.

Alat bantu dengar memberikan pendengaran yang lebih baik dan meningkatkan persepsi orang yang mengalami gangguan pendengaran tentang ucapan dan suara lainnya. Namun alat bantu dengar tidak dapat mengembalikan pendengaran kembali ke pendengaran normal.

Sumber :
https://www.hear-it.org/hearing-aids-1

Please rate this

and share :