gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran dan Tips Berada di Restoran

No ratings yet.

Apakah akhir- akhir ini Anda merasa bahwa restoran semakin bising?, bagi anda dengan gangguan pendengaran hal ini bukan imajinasi Anda! Menurut orang-orang yang bekerja dalam industri, restoran kadang-kadang sengaja menciptakan lingkungan yang lebih keras karena berbagai alasan.

Alasan-alasan ini dapat bervariasi dari keinginan untuk menciptakan suasana yang “menyenangkan” hingga bertujuan untuk membuat pelanggan tidak ingin berlama-lama – sehingga meningkatkan pergantian meja dan pendapatan.Melakukan percakapan di restoran yang bising bisa jadi sulit, bahkan untuk orang dengan pendengaran normal . Tantangan lebih besar akan hadir bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

Namun bagi Anda yang mengalami gangguan pendengaran, bukan berarti harus kehilangan kesempatan untuk makan di restoran bersama orang-orang yang Anda sayangi. Agar tetap dapat makan diluar dengan aman dan nyaman,berikut adalah lima tips makan untuk mempermudah pendengaran dan pemahaman di restoran yang bising.

Memilih Restoran bagi orang dengan gangguan pendengaran

Meskipun mungkin berlawanan dengan intuisi, pertimbangkan lebih dari sekedar makanan. Dekorasi modern dan minimalis dari restoran baru yang trendi di kota mungkin indah, tetapi langit-langit restoran  yang tinggi dan permukaan yang keras dapat membuat suara yang sangat bergaung. Semakin banyak gema yang hadir, semakin sulit untuk memahami pembicaraan. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah pencahayaan. Duduk di area yang cukup terang memungkinkan Anda untuk melihat isyarat non-verbal, seperti ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang sangat penting untuk memahami orang lain. Memilih restoran yang remang-remang mungkin membuat Anda tidak melihat isyarat-isyarat berharga itu.

Pilih tempat duduk yang memiliki pembatas bagi gangguan pendengaran

Di beberapa restoran biasanya memiliki  pilihan meja makan beserta bangku panjang yang sandarannya cukup tinggi. Bagian belakang bangku yang tinggi akan menghalangi beberapa suara lingkungan yang dapat meredam percakapan Anda. Selain itu, tempat duduk bangku biasanya dilapisi dari bahan yang lebih lembut yang dapat mengurangi kebisingan.

Duduk di ujung ruangan atau dekat dinding

Pernahkah Anda ingin melakukan percakapan secara pribadi dengan seseorang di pertemuan sosial besar, dan karena itu pindah ke sudut yang tenang untuk berbicara? Prinsip yang sama berlaku di restoran. Tempat duduk di sepanjang perimeter atau dinding ruang makan secara alami lebih tenang. Dalam posisi itu, suara restoran tidak datang dari semua sisi. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menghilangkan suara-suara yang tidak diperlukan dan fokus pada percakapan di meja Anda.

Hindari duduk di dekat dapur

Tips makan lainnya yaitu Dapur terbuka yang terlihat oleh pelanggan semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, dapur seringkali merupakan tempat paling berisik di sebuah restoran. Minta booth  atau tempat duduk sejauh mungkin dari dapur, jadi Anda tidak perlu berteriak karena kebisingan.

Jika Anda mengenakan alat bantu dengar, duduk dengan membelakangi kebisingan

Sebagian besar alat bantu dengar modern dilengkapi dengan teknologi mikrofon terarah yang dirancang untuk membantu Anda mendengar lebih baik di hadapan kebisingan latar belakang. Sebagian besar sistem directional beroperasi dengan asumsi Anda akan menghadapi speaker yang paling ingin Anda dengar. Sistem kemudian akan memberikan penekanan pada suara / suara yang datang dari depan Anda dan mengurangi suara dari belakang Anda. Akan lebih membantu jika teman Anda menghadap ke arah Anda, sehingga suara mereka adalah satu-satunya suara yang datang dari depan Anda untuk ditekankan oleh arah mikrofon. Anda akan mendapatkan hasil terbaik jika memposisikan diri Anda dengan memanfaatkan fitur ini.

Selain itu, jika Anda memakai Halo 2 atau Halo Made untuk alat bantu dengar iPhone, pertimbangkan untuk membuat memori khusus untuk restoran dan gunakan SoundSpace untuk menyesuaikan kualitas dan volume suara untuk kemampuan mendengarkan yang lebih baik.

Terlepas dari apakah itu untuk acara khusus atau hanya Selasa malam rata-rata, kita semua ingin menikmati pengalaman ketika kita makan. Gunakan tips ini untuk membantu memudahkan komunikasi Anda dan menikmati makanan Anda.

Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda untuk menemukan cara tambahan untuk membuat pendengaran di restoran lebih nyaman.  

Please rate this

and share :