pusatalatbantudengar PemeriksaanPendengaranBayiBaruLahir
Pendengaran

Pemeriksaan Pendengaran Bayi Baru Lahir

5/5 (1)

Seperti yang diketahui oleh setiap orang tua, momen ketika bayi baru saja lahir tentu terasa sangat intens dan istimewa. Dengan penuh kasih sayang dan harapan, ayah dan ibu menyapa si kecil dan berjanji untuk melakukan apapun demi membuatnya bahagia dan tumbuh dengan sehat. Namun tahukah Anda? Setiap tahunnya kurang lebih 12.000 bayi di Amerika  Serikat membutuhkan penanganan khusus untuk dapat mendengar dengan baik. Ada 6 dari setiap 1.000 bayi yang terlahir dengan gangguan pendengaran. Bahkan, lebih dari 10% bayi baru lahir terinfeksi cytomegalovirus yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran sejak tahun pertama mereka. Umumnya, gangguan pendengaran tersebut diketahui langsung setelah kelahiran mereka karena adanya pemeriksaan pendengaran untuk bayi baru lahir.

Apa itu pemeriksaan pendengaran untuk bayi baru lahir?

Pemeriksaan pendengaran pada bayi baru lahir adalah hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan untuk mengetes pendengaran bayi yang baru lahir sebelum meninggalkan bidan atau rumah sakit. Hal ini dimaksudkan untuk mendeteksi adanya gangguan pendengaran sejak dini. Setiap rumah sakit di Amerika Serikat sudah menerapkan hal ini, bahwa:

  • Semua bayi baru lahir harus mendapatkan pemeriksaan pendengaran sebelum meninggalkan rumah sakit
  • Jika bayi lahir di rumah, maka pemeriksaan pendengaran dapat dilakukan sebelum ia berumur 1 tahun.

Pemerintah Indonesia juga seharusnya sudah menganjurkan adanya pemeriksaan ini di setiap kelahiran bayi. Sebab, menangani masalah dengan segera dibandingkan nanti dapat membuat perbedaan yang sangat besar dalam proses tumbuh kembang bayi. Namun, ketika bayi gagal dalam melakukan tes pendengaran, maka akan dilakukan pemeriksaan secara lanjut untuk  didagnosa dengan lebih detail. Jika memang ditemuka bahwa bayi mengalami gangguan pendengaran, maka solusi yang dianjurkan adalah penggunaan alat bantu dengar atau implan koklea dan layanan terapi yang membantu bayi untuk mendengar dan berbicara.

Kita harus bersyukur dengan pemerikasaan dini ini karena para orang tua pun dapat mengambil keputusan yang matang dan tepat untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi mereka sejak awal. Entah mereka memilih untuk menggunakan teknologi alat bantu dengar -seperti alat bantu dengar konvensional dan implan koklea-, atau lebih memilih untuk mengajari anak mereka bahasa isyarat sebagai bentuk komunikasi primer, penerimaan sejak dini, dan implementasi solusi untuk gangguan pendengaran buah hati mereka demi kesuksesan si anak dalam membangun rasa percaya diri dan mengembangkan kemampuan berbicaranya.

Pentingnya melakukan pemeriksaan pendengaran untuk bayi setelah kelahirannya

Sangat penting untuk mengidentifikasi gangguan pendengaran sedini mungkin karena bayi mulai belajar mengenali suara sejak mereka baru keluar dari rahim ibunya. Mendengar pada satu bulan pertama akan membantu bayi untuk belajar berbicara. Tahapan ini merupakan langkah utama mereka dalam belajar berkomunikasi.

  • Bayi mulai mengoceh karena mendengar suara apaun yang ia dengar dari lingkungan sekitarnya.
  • Menginjak ulang tahun pertama mereka, bayi telah siap untuk mempelajari makna kata dan bahkan mulai mampu mengucapkan beberapa kata.

Bayi belajar berbicara dengan mendengarkan keluarganya yang berbicara di sekitarnya. Bayangkan jika bayi Anda memiliki gangguan pendnegaran, namun tidak ada yang mengetahuinya. Hal tersebut dapat mengarah pada perkembangan yang lamban dalam berbicara dan mempelajari bahasa yang akhirnya akan menyulitkan ia sendiri ketika memasuki usia sekolah. Rumah sakit biasanya melakukan pengecekan terhadap beberapa kondisi seperti kemungkinan adanya penyakit  atau cacat genetik. Dari sekian permasalahan yang ditemukan, gangguan pendengaran adalah yang paling sering terjadi pada bayi baru lahir. Bahkan, dari 1.000 kelahiran, setiap 1 dari 3 bayi didiagnosa memiliki gangguan pendengaran permanen. Sangat menyedihkan, bukan? Maka demi masa depan anak Anda, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pendengaran terhadap bayi Anda segera setelah kelahirannya.

Cari tahu alat bantu dengar terbaik untuk si buah hati demi tumbuh kembangnya yang sempurna di sini.

Please rate this

and share :