Tips Memaksimalkan Baterai Alat Bantu Dengar Anda
Alat Bantu Dengar

Tips Memaksimalkan Baterai Alat Bantu Dengar Anda

No ratings yet.

Saat ini teknologi alat bantu dengar sudah semakin berkembang. Dengan sistem pemrosesan dan fitur-fitur baru, baterai alat bantu dengar biasanya dapat bertahan selama 3-10 hari masa pemakaian untuk satu baterai. Masa pakai baterai alat bantu dengar biasanya tidak terduga. Dimana satu baterai bisa bertahan seminggu, dan yang lainnya hanya dua atau tiga hari.

Sebenarnya, banyak hal yang dapat mempengaruhi ketahanan penggunaan baterai alat bantu dengar. Misalnya, jika melakukan streaming terlalu sering, atau kurang melakukan perawatan terhadap alat bantu dengar Anda. Hal ini akan mempengaruhi durasi ketahanan baterai untuk mensupport perangkat tersebut. Sehingga penggunaan baterai alat bantu dengar hanya dapat bertahan selama 3 hari.

Tips Untuk Memaksimalkan Baterai Alat Bantu Dengar

Agar performa baterai dan alat bantu dengar Anda bisa bertahan lebih lama, dibawah ini akan kita bahas beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan penggunaan keduanya.

Biarkan baterai “bernafas” selama 3-5 menit

Setelah melepas stiker dari baterai, biarkan baterai selama 3-5 menit sebelum memasangnya ke alat bantu dengar Anda. Waktu “aktivasi” ini memungkinkan udara mencapai bahan-bahan di dalam baterai dan mengaktifkannya.

Cuci tangan sebelum mengganti baterai

Debu dan kotoran pada baterai dapat merusak alat bantu dengar. Juga, minyak dan kotoran dapat menyumbat pori-pori udara di baterai. Agar kotoran tidak menempel pada baterai, biasakan untuk mencuci tangan terlebih dulu sebelum proses mengganti baterai.

Buka tempat baterai di malam hari

Saat Anda tidak menggunakan alat bantu dengar, matikan alat dan buka tempat baterai untuk meminimalkan pengurasan baterai. Biarkan kompartemen baterai terbuka di malam hari agar kelembapan bisa keluar. Hal itu akan mencegah baterai berkarat dan merusak alat bantu dengar.

Gunakan pengering alat bantu dengar

Pengering alat bantu dengar akan membantu menyerap kelembapan dari alat bantu dengar dan baterai. Ini akan membuat daya baterai yang digunakan menjadi lebih efisien. Pengering juga merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan alat bantu dengar Anda.

Keluarkan baterai sepenuhnya jika tidak digunakan dalam waktu yang lama

Ini bertujuan untuk membantu menghindari terjadinya karat dan kerusakan akibat kelembaban yang terperangkap.

Periksa tanggal kadaluarsa pada baterai

Semakin jauh masa kadaluarsa baterai, semakin baik. Seiring waktu, baterai akan sedikit terkuras meskipun ketika tidak sedang digunakan dan hanya disimpan di rak. Idealnya, Anda harus membeli baterai yang memiliki tanggal kadaluarsa setahun atau lebih jauh dari tanggal pembelian. Sehingga daya baterai tersebut akan tetap maksimal.

Gunakan baterai yang pertama kali dibeli terlebih dahulu

Baterai terbaru akan memiliki tanggal kadaluarsa lebih jauh daripada paket baterai lama. Pastikan bahwa Anda menggunakan baterai terlama terlebih dahulu. Sehingga Anda mendapatkan kualitas yang terbaik dari baterai yang digunakan.

Jangan lepas stiker di baterai jika tidak ingin digunakan

Tab stiker pada baterai membuat baterai tetap “segar.” Segera setelah stiker dilepas, baterai akan diaktifkan dan mulai bekerja. Oleh karena itu, agar performa baterai baru Anda bertahan lama, pastikan agar tidak melepas tab stiker sampai Anda benar-benar akan menggunakan baterai tersebut.

Simpan baterai di tempat kering yang sejuk

Menyimpan baterai baru yang tidak digunakan dalam suhu ekstrim dapat menyebabkan baterai mengering / memiliki masa pakai yang lebih singkat.

Berinvestasilah pada perangkat pendengaran dengan baterai yang dapat diisi ulang

Alat bantu dengar dengan teknologi baterai yang dapat diisi ulang mulai banyak tersedia di pasaran. Baterai yang dapat diisi ulang memungkinkan Anda mengisi daya baterai di malam hari dan dapat digunakan untuk sehari penuh. Baterai isi ulang perlu diganti setiap tahun. Jika Anda tertarik dengan teknologi baru ini, bicarakan dengan ahli kesehatan pendengaran Anda.

Untuk tips lebih lanjut cara membuat baterai alat bantu dengar Anda bertahan lebih lama, bicarakan dengan profesional perawatan pendengaran Anda.

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar di Indonesia, dapat menjadi referensi untuk berkonsultasi seputar pengecekan kesehatan telinga, tes pendengaran, perawatan maupun pembelian alat bantu dengar secara praktis dan mudah. Anda cukup menghubungi no 0800-100-2234 atau bergabung dengan website kami di sini untuk terhubung dengan para staf yang akan menjadwalkan waktu pertemuan di tempat terdekat Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2017/11/Hearing-aid-batteries-longer-life-tips

Please rate this

and share :