Apakah Gangguan Pendengaran Dapat Dihindari?
Gangguan Pendengaran

Apakah Gangguan Pendengaran Dapat Dihindari?

No ratings yet.

Tahukah Anda banyak orang yang mengalami gangguan pendengaran akibat faktor kebisingan yang tanpa disadari terjadi secara terus menerus di sekitarnya. Namun, kabar baiknya adalah Anda dapat melindungi pendengaran dalam berbagai situasi. Dan jika Anda menerapkan perlindungan pendengaran yang baik, maka Anda dapat menghindari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Selain itu tetapi Anda juga dapat mencegah terjadinya gangguan pendengaran karena usia. dimana hal ini merupakan penyebab utama gangguan pendengaran.

Cara Menghindari Gangguan Pendengaran

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi pendengaran Anda (dan membantu menghindari gangguan pendengaran) :

Minimalkan paparan terhadap suara keras

Ini adalah cara terbaik untuk menghindari gangguan pendengaran. Bagaimana cara mengetahui sebuah suara terlalu keras?. Anda bisa menganggap sebuah suara terlalu keras jika suara itu terasa sakit di telinga. Atau, jika suara tersebut melebihi 85 desibel. Tidak yakin bagaimana mengukur tingkat desibel? Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi yang banyak tersedia secara mudah melalui smartphone.

Gunakan pelindung pendengaran

Ada saat-saat ketika Anda berada dalam situasi atau lingkungan yang bising dan tidak bisa menghindarinya. Seperti di lingkungan kerja tertentu, acara olahraga, konser, bar/ klub, saat memotong rumput, dll. Dalam situasi itu, Anda harus menggunakan perlindungan pendengaran. Perlindungan pendengaran hadir dalam berbagai gaya yang berbeda.

Perhatikan volume suara

Gunakan earphone berkualitas lebih tinggi yang dapat menghalangi kebisingan latar belakang. Perhatikan aturan umum tentang suara yang aman saat Anda menggunakan earphone dan ketika mengatur volume musik. Anda harus tetap dapat mendengar dan berbicara dengan seseorang dalam jarak satu meter dari Anda dengan mudah. Jika Anda tidak bisa, maka suara pada earphone Anda terlalu keras.

Jangan bersihkan telinga dengan cotton bud

Telinga Anda secara alami dapat membersihkan diri. Menggunakan benda apapun untuk membersihkan telinga dapat menyebabkan infeksi dan atau bahkan menusuk gendang telinga Anda. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Jangan merokok

Studi penelitian telah menunjukkan korelasi positif antara merokok dan gangguan pendengaran. Maka lebih baik Anda menghidari asap rokok.

Lakukan Tes pendengaran

Melakukan tes pendengaran secara teratur adalah cara yang tepat untuk mengetahui bagaimana sistem pendengaran Anda bekerja. Dengan melakukan tes pendengaran secara teratur, Anda akan dapat memantau kondisi pendengaran dengan mudah. Anda juga dapat mengetahui jika terjadi perubahan, dan mengobati lebih awal, sebelum menjadi masalah .

Tidak ada yang dijamin untuk mencegah gangguan pendengaran. Tetapi saran di atas akan membantu Anda menghindarinya, atau setidaknya menundanya selama mungkin.

Untuk saran lebih lanjut, atau untuk menemukan profesional pendengaran lokal yang dapat menguji pendengaran Anda, Anda bisa menghubungi  0800-100-2234 atau klik di sini dan kami akan dengan senang hati membantu.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2018/11/Is-hearing-loss-avoidable

Please rate this

and share :