Apa Itu Earmold Untuk Alat Bantu Dengar?
Alat Bantu Dengar

Apa Itu Earmold Untuk Alat Bantu Dengar?

No ratings yet.

Bagian alat bantu dengar yang digunakan di dalam telinga disebut sebagai earmold. Umumnya terbuat dari plastik atau silikon dan disesuaikan agar pas di liang telinga pengguna. Umumnya memiliki ventilasi kecil di dalamnya untuk membiarkan udara masuk.

Tergantung jenis dan derajat gangguan pendengaran, serta anatomi telinga, earmold dapat berukuran kanal (kecil), ukuran setengah cangkang (sedang) atau ukuran cangkang penuh (besar). Jenis earmold yang tersedia juga bergantung pada preferensi pribadi, bentuk dan tekstur telinga pengguna.

Mengapa earmold untuk gangguan pendengaran?

Untuk orang yang memiliki masalah pendengaran difrekuensi rendah atau di sebagian besar atau semua frekuensi (dikenal sebagaigangguan pendengaran datar), earmold memberikan suara yang lebih baik karena pas di dalam telinga. Kesesuaian yang pas membuat suara yang diperkuat tidak keluar dari kanal dan menciptakan putaran umpan balik, yang merupakan siulan bernada tinggi yang disebabkan saat suara yang diperkuat bocor keluar dan diperkuat kembali. Earmolds sering digunakan untuk orang dengangangguan pendengaran berat hingga berat.

Cetakan telinga pengguna alat bantu dengar

Karena telinga tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, penting bagi ahli kesehatan pendengaran untuk menyesuaikan cetakan telinga agar sesuai dengan bentuk unik telinga Anda. Perangkat ini harus cukup kencang untuk mencegah suara bocor keluar dan menghasilkan umpan balik—tetapi tidak terlalu kencang sehingga menimbulkan rasa sakit.

Proses penyesuaian tidak menimbulkan rasa sakit dan termasuk membuat cetakan saluran telinga dan telinga luar Anda dengan senyawa cetakan yang lembut, seperti yang digunakan dokter gigi untuk membuat cetakan gigi Anda.

Masalah cetakan telinga yang umum

Meskipun earmold dibuat dari cetakan telinga Anda sendiri, mungkin perlu sedikit penyesuaian. Dan, karena telinga berubah bentuk dan banyak cetakan telinga terbuat dari bahan yang lebih lembut, profesional perawatan pendengaran Anda kemungkinan besar akan memeriksa cetakan telinga Anda setiap tahun untuk memastikannya masih terpasang dengan benar.

Memecahkan masalah cetakan telinga

Beberapa masalah umum yang dapat dialami pengguna earmold meliputi:

  • Suaramu sendiri terdengar teredam. Karena earmold memblokir saluran telinga, pengguna mungkin memperhatikan suara mereka teredam, seperti saat flu yang parah. Ini dikenal sebagai efek oklusi dan dapat dikelola dengan modifikasi earmold atau perubahan sirkuit alat bantu dengar.
  • Suara Anda sendiri terdengar terlalu keras. Saat pengguna alat bantu dengar mengeluhkan suaranya sendiri yang terdengar terlalu keras, earmold mungkin memerlukan ventilasi yang lebih besar.
  • Umpan balik atau bersiul. Jika ventilasi di cetakan telinga terlalu besar atau di tempat yang salah, suara dapat bocor danmenyebabkan umpan balik. Profesional kesehatan pendengaran Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memasang pegangan kecil yang disebut “kunci saluran” yang akan menahan earmold dengan lebih aman di tempatnya, mencegah umpan balik.

Earmolds untuk paparan kebisingan

Pengguna non-alat bantu dengar juga dapat menggunakan cetakan telinga. Kebiasaanpenyumbat telinga dan penutup telinga untuk perlindungan suara adalah cara yang bagus untukmelindungi pendengaran Anda dari suara keras di tempat kerja atau saat bermain. Musisi, pembalap mobil stok, dan bahkan beberapa tim sepak bola profesional menggunakan earmold dengan ruang akustik yang memblokir sebagian besar kebisingan sambil tetap memungkinkan pemakainya memahami ucapan. Beberapa perenang menggunakan earmold khusus yang dirancang untuk mencegah air masuk ke liang telinga mereka. Profesional perawatan pendengaran juga dapat membantu menyesuaikan Anda dengan jenis cetakan telinga ini.

Merawat cetakan telinga Anda

Earmold adalah bagian penting dari alat bantu dengar Anda. Bersihkan setiap malam sebelum Anda pergi tidur dan beri tahu ahli kesehatan pendengaran Anda jika Anda pernah mengalami masalah atau ketidaknyamanan. Jika Anda melihat kotoran di bukaan earmold atau di selang yang melewatinya, pastikan untuk melakukannyabersihkan alat bantu dengar Anda menggunakan instruksi yang diberikan kepada Anda oleh praktisi perawatan pendengaran Anda.

Jika pendengaran Anda berubah atau Anda menduga Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran, buatlah janji temu untuk mengevaluasi pendengaran Anda

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/7769-Introduction-to-earmolds

Please rate this

and share :