Hubungan Sistem Kardiovaskular dengan Fungsi Auditori
Pendengaran

Hubungan Sistem Kardiovaskular dengan Fungsi Auditori

No ratings yet.

Tahukah Anda bahwa sistem kardiovaskular manusia terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap koklea dan sistem auditori pusat? Hubungan antara kesehatan kardiovaskular dan suplai darah yang terbatas terhadap koklea dan sistem kesehatan lain telah terbukti dari beberapa penelitian ilmiah yang telah dilakukan sejak 80 tahun lalu. Salah satu penelitian yang ikut mencari tahu tentang hubungan kerusakan kronis sistem kardiovaskular dan kesehatan pendengaran pada orang dewasa dilakukan oleh Rubinstein dkk pada tahun 1977. Rubinstein menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki penyakit atau masalah pada sistem kardiovaskularnya memiliki sistem pendengaran yang buruk dalam rentang 500 hingga 8.000 Hz dibandingkan dengan orang dewasa lain yang tidak memiliki penyakit kardiovaskular. Para peneliti menganggap bahwa ini ada kaitannya dengan gangguan mikrosirkulasi koklea. Sebenarnya ada banyak kemungkinan penyebab gangguan pendengaran periferal. Akan tetapi apapun itu, penyakit kardiovaskular tampaknya memiliki potensi tertinggi yang menyebabkan terjadinya gangguan pendengaran.

Selain itu, penelitian lainnya yang dilakukan oleh Fisch dan Makishima pada tahun 1972 membahas tentang perubahan degeneratif pada arteri auditori internal manusia. Keduanya menemukan bahwa suplai darah yang terbatas melalui arteri auditori internal dan tingkat gangguan pendengaran terbukti memiliki hubungan yang sangat kuat.

Olahraga Kardio Bermanfaat Untuk Kesehatan Auditori

Salah satu fakta menarik dari hubungan antara sistem kardiovaskular dan sistem auditori manusia ditemukan oleh Torre dalam penelitiannya yang dilakukan pada tahun 2005. Dari partisipan yang menjadi bagian dari penelitian ini ditemukan bahwa terlepas dari riwayat penyakit kardiovaskular yang dimiliki, mereka yang berolahraga kardio setidaknya sekali seminggu, 32% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gangguan pendengaran dibandingkan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Penelitian lain yang lebih mendalam dilakukan oleh Colcome pada tahun 2003 untuk mencari tahu tentang adanya kemungkinan keterkaitan antara kesehatan kardiovaskular dan jalur auditori pusat pada orang dewasa. Colcome dan Kramer mempelajari efek kesehatan kardiovaskular pada fungsi neurokognitif pada orang dewasa dan menemukan bahwa kesehatan dan kebugaran kardiovaskular yang buruk dapat berdampak negatif pada fungsi kognitif, khususnya dalam pemrosesan bahasa dan pengambilan keputusan di masa depan.

Penelitian selama beberapa dekade terakhir tersebut menunjukkan adanya hubungan positif dan terukur antara kesehatan kardiovaskular dan fungsi sistem pendengaran perifer dan pusat pada orang dewasa. Dengan memperhatikan pentingnya hubungan tersebut, tentu saja hal ini dapat membantu audiolog memahami masalah gangguan pendengaran yang dialami oleh pasien mereka dengan lebih baik.

Temukan audiolog profesional yang siap membantu dan melayani masalah gangguan pendengaran Anda di Pusat Alat Bantu Dengar No. 1 di kota Anda.

Please rate this

and share :