Infeksi Sinus Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Infeksi Sinus Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

5/5 (4)

Infeksi sinus dapat menyebabkan telinga tersumbat, sakit telinga dan gangguan pendengaran. Infeksi sinus dapat terjadi ketika rongga hidung mengalami bengkak atau meradang, baik karena infeksi atau sebagai reaksi alergi. Tekanan telinga adalah gejala umum yang berhubungan dengan infeksi sinus. Dengan menghilangkan infeksi sinus, Anda dapat mengurangi rasa tekanan di telinga, rasa sakit dan gangguan pendengaran sementara yang terkait dengan kondisi tersebut.

Hubungan Telinga Tersumbat dengan Sinusitis

Infeksi sinus terutama akan mempengaruhi hidung Anda, namun gejalanya dapat meluas hingga ke telinga. Hidung dan telinga kita saling terhubung. Sehingga saat Anda mengalami sinusitis maka telinga juga akan merasakan dampaknya.

Masalah telinga yang berhubungan dengan sinus juga dapat menyebabkan pusing. Jika Anda mengalami pusing karena sinus, Anda disarankan menghindari gerakan yang cepat karena dapat meningkatkan pusing. Penting juga untuk minum banyak air untuk mengencerkan lendir. Serta menghindari kafein, garam, alkohol, tembakau, yang mengubah aliran darah dan dapat memperburuk pusing.

Infeksi Sinus dan Gangguan Pendengaran

Selain sakit telinga dan pusing, infeksi sinus juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran terkait sinus terjadi ketika infeksi menyebar ke telinga, khususnya telinga tengah. Pendengaran bisa terpengaruh jika peradangan memberi tekanan pada gendang telinga. Peradangan ini dapat menyebabkan keluarnya cairan dan penumpukan cairan di gendang telinga, yang menyebabkan rasa sakit dan kehilangan pendengaran sementara.

Ketika cairan dan tekanan dihilangkan, gangguan pendengaran akan membaik dan Anda dapat kembali mendengar seperti sebelumnya ketika ebelum infeksi. Jika cairan tidak mengalir – umumnya terlihat pada anak-anak – tekanan terus menerus dapat menyebabkan gendang telinga pecah, yang berkontribusi terhadap gangguan pendengaran permanen.

Sangat penting untuk mencegah infeksi sinus serta mengobatinya segera, sehingga Anda tidak mengalami komplikasi.

Komplikasi kesehatan lain yang dapat berasal dari infeksi sinus adalah sakit kepala dan masalah tenggorokan, seperti batuk atau sakit tenggorokan .

Baca juga : Gangguan pendengaran yang tidak diatasi , mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan

Mengatasi Telinga yang Tersumbat Karena Infeksi Sinus

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan tambahan yang dapat membantu meringankan masalah telinga yang terkait dengan infeksi sinus dan bahkan penumpukan kotoran telinga.

  • Menguap membantu mendistribusikan cairan di telinga Anda.
  • Mandi air panas beruap.
  • Kunyah permen karet karena dapat membantu mengeluarkan kotoran dari telinga.
  • Jepit hidung Anda dan tiup untuk mengeluarkan rasa tersumbat di telinga.
  • Berkumurlah dengan air hangat dan garam.

Jika dengan melakukan beberapa tips diatas, infeksi sinus telah mereda namun pendengaran Anda masih berkurang, maka bisa jadi ada masalah gangguan pendengaran permanen yang sedang Anda alami. Agar masalah gangguan pendengaran tersebut tidak berlarut larut dan semakin memburuk, maka ada baiknya Anda mulai mengunjungi tenaga profesional perawatan pendengaran terdekat di kota Anda untuk memperoleh solusinya.

Sumber : https://www.belmarrahealth.com/sinus-infection-can-cause-clogged-ears-ear-pain-and-temporary-hearing-loss/

Please rate this

and share :