Perbedaan Alat Bantu Dengar dan Personal Sound Amplifier Product (PSAP)
Alat Bantu Dengar

Perbedaan Alat Bantu Dengar dan Personal Sound Amplifier Product (PSAP)

4.86/5 (7)

Konsumen harus berhati-hati ketika berencana membeli alat bantu dengar (terutama dari situs Internet) tanpa mendapatkan pemeriksaan yang sesuai dari praktisi pendengaran yang berkualifikasi.

Anda mungkin pernah melihat iklan di majalah, brosur, katalog dan di internet untuk penguat suara elektronik kecil dengan bentuk seperti alat bantu dengar namun dengan harga rendah yang dikenal sebagai Personal Sound Amplification Products (PSAP). Sekilas memang terlihat mirip dengan alat bantu dengar. Tetapi sebenarnya PSAP tidak sama dengan alat bantu dengar dan memiliki kegunaan yang berbeda.

Alat bantu dengar dirancang khusus untuk membantu orang mengatasi gangguan pendengaran. Praktisi pendengaran yang berkualifikasi dapat memberikan diagnosis yang tepat dan memastikan bahwa ketika alat bantu dengar dipasang, alat itu telah diprogram atau disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran tertentu untuk setiap masing-masing penggunanya.

PSAP Digunakan Untuk Apa?

PSAP bertujuan untuk digunakan oleh orang-orang dengan pendengaran normal yang ingin memperkuat suara di lingkungan tertentu, seperti menonton televisi tanpa mengganggu orang lain di sekitarnya, atau mengamati suara burung. Perangkat ini dapat membantu orang untuk mendengar hal-hal atau sesuatu yang memiliki volume rendah atau lokasinya jauh. Tetapi PSAP tidak boleh disalahartikan, atau digunakan sebagai pengganti alat bantu dengar. Karena perangkat ini tidak dirancang untuk membantu seseorang mengatasi gangguan pendengarannya.

Apakah Ada Risiko Potensial Jika Menggunakan PSAP?

Konsumen hanya boleh membeli PSAP jika mereka telah diperiksa oleh praktisi pendengaran yang berkualifikasi dan dinyatakan tidak mengalami gangguan pendengaran. Seseorang yang memilih untuk menggunakan PSAP karena mereka mengalami gangguan pendengaran, sebenarnya malah akan membahayakan diri mereka sendiri. Karena amplifikasi suara yang dihasilkan oleh PSAP terlalu berlebihan. Yang mana kemungkinan pada frekuensi tertentu sebenarnya pengguna PSAP sudah mampu mendengar suara. Sehingga terjadilah over-amplifikasi yang justru akan memperparah tingkat gangguan pendengaran seseorang. 

Beberapa laporan juga menyarankan agar berhati-hati saat menggunakan perangkat amplifikasi seperti PSAP karena berpotensi menimbulkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan pendengaran jika merasa ada perubahan pada kemampuan pendengaran Anda. Dan segeralah temukan bantuan yang tepat untuk mengatasi masalah pendengaran yang Anda alami langsung pada ahlinya yang berkualifikasi.

Perbedaan Alat Bantu Dengar dan Personal Sound Amplification Product (PSAP)

Apa saja perbedaan alat bantu dengar dengan PSAP yang dijual murah di pasaran atau di internet? Simak perbedaannya berikut ini :

Perbedaan  #1 : Spesifikasi Produk

PSAP :

  • Pengeras suara biasa, dirancang untuk mereka yang tidak mengalami gangguan pendengaran.
  • Tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA).

Alat Bantu Dengar :

  • Perangkat medis yang dapat disesuaikan untuk gangguan pendengaran.
  • Diatur oleh Food and Drug Administration (FDA).

Perbedaan #2 : Sistem Amplifikasi Suara

PSAP : 

  • Memperkuat semua suara (bahkan suara yang tidak ingin Anda dengar).

Hal ini sebenarnya akan merusak (bukan membantu) pendengaran Anda.

Alat Bantu Dengar :

  • Memperkuat suara yang ingin didengar secara selektif.
  • Mampu menyaring suara kebisingan latar belakang / suara feedback.

Menggunakan teknologi canggih untuk memperkuat suara yang perlu Anda dengar secara selektif, sekaligus mengurangi kebisingan latar belakang dan suara feedback dari alat bantu dengar.

Perbedaan #3 :  Fitur

PSAP :

  • Pengaturan standar, tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran dan tingkat gangguan pendengaran.
  • Satu pengaturan untuk semua pengguna.

Alat Bantu Dengar :

  • Disesuaikan dengan tingkat gangguan pendengaran dan kebutuhan pendengaran masing-masing penggunanya.
  • Dapat dibuat sesuai bentuk telinga pengguna agar terasa aman dan sangat nyaman saat digunakan.

Dimana Saya Harus Mencari Bantuan dan Informasi Lebih Lanjut?

Jika Anda merasa bahwa Anda atau orang-orang terdekat mungkin mengalami gangguan pendengaran, maka segeralah temui dokter atau praktisi pendengaran yang berkualifikasi. Hal ini bertujuan agar pendengaran Anda diperiksa dan dinilai dengan benar.

Informasi tambahan tentang gangguan pendengaran dan alat bantu dengar juga tersedia dalam website kami. Anda juga dapat menghubungi ABDI di 0800-1100-100 untuk membuat janji temu pemeriksaan pendengaran dengan profesional pendengaran yang ada di dekat Anda.

Sumber : http://www.hearingservices.gov.au/wps/portal/hso/site/eligibility/clientinfo/hearing_devices_available_through_the_program/hearing_aids_personal_sound_amplifiers

https://www.miracle-ear.com/advanced-hearing-aid-technology/psap-hearing-aids-differences

Please rate this

and share :